Miliki Pola Pikir seperti Tuhan Yesus

September 30, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

Sharing by Sister Pauline

23 September 2009

Amsal 6:6 “Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak”. Ayat ini sebenarnya mengajak kita untuk mulai memperhatikan/observasi apa yang semut sedang lakukan dan hendaknya kita menjadi bijak setelah memperhatikan perkataan ini.

clip_image002Orang-orang dunia tidaklah tertarik untuk membaca firman Tuhan karena mereka beranggapan itu bahwa firman Tuhan itu hanya sekedar teori tetapi berbeda dengan kita karena kita sudah mengenal kebenaranNya dalam hidup kita. Kita harus menjadi teladan sebagaimana Tuhan Yesus datang kedunia untuk membuat teladan. Mereka yang telah mengenal Tuhan Yesus haruslah mengimpartasikan apa yang mereka telah teladani dari Tuhan Yesus kepada lingkungan dimana mereka tinggal atau diutus-Titus 2:7-8 “dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.”

Mulailah kita belajar untuk memperhatikan apa yang kita terima dan pelajari supaya kita tak terkecoh atau tertipu oleh pola dunia. Cara kita mengamati atau mengobservasi berbeda dengan cara orang dunia.

Observasi dapat diartikan sebagai memperhatikan seseorang atau sesuatu dengan seksama. Ini merupakan suatu proses adaptasi kita tentang hal-hal yang baru untuk proses suatu pembelajaran.

Observasi atau pengamatan kita berjalan tidak hanya baik tapi juga benar saat kita menggunakan pola pikir Tuhan Yesus, Filipi 3:17 “Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu”.

Observasi yang kita lakukan hendaklah mengikuti teladan dan pola pikir Tuhan Yesuslah maka kita akan menangkap suatu hal yang baru yang berkenan sesuai dengan yang Tuhan Yesus harapkan kita dapati. Yesaya 50:4 “Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.”

Roma 8:28 “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Berdasarkan ayat ini maka pahamilah bahwa kita perlu membangun suatu hubungan yang intim dengan Tuhan sehingga kita mempunyai pola pikir dan tindakannya dalam hidup kita juga.

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan baik, pergaulan bisa membawa pengaruh yang baik atau buruk karena itu bijaksanalah dalam bersosialisasi. 1 Korintus 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Bagaimana memiliki pola pikir yang benar yaitu kita harus melekat pada sumber kebenaran dalam hidup ini yaitu Tuhan kita Yesus Kristus. Pastikan nilai kebenaranNya ada,hidup dan terimpartasikan dari dalam hidup kita ke dalam lingkungan dimana kita berada.

Pelajari ,lihat situasi yang dihadapkan dalam hidup kita dengan pola pikir yang Tuhan miliki dan hanya dengan bergaul akrab dengan Tuhan kita pasti menjadi yang DIA inginkan.

Jadilah orang yang mempengaruhi dan bukan yang dipengaruhi, kita adalah terang dalam dunia yang gelap ini, janganlah terang kita redup. Mendekatlah pada sumber terang dan itu adalah Tuhan kita Yesus Kristus. Milikilah Pola Pikir seperti Tuhan Yesus!

Tuhan Yesus memberkati.

Donita/Doa Wanita

Ruman Kediaman Keluarga Brownfiel

Sukhumvit Soi 31

Bangkok

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note