Gambar Diri yang Sehat

January 26, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

clip_image002Gambar Diri yang Sehat

By: Pdt. Petrus Agung Purnomo

Penerbit: Media Injil Kerajaan

Buku ini menjelaskan bagaimana tugas-tugas setiap orang-orang pilihan Tuhan itu unik adanya. Keunikan mereka ini karena mengikuti pimpinan Tuhan, sebagaimana Musa ditugaskan untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Kanaan dan Yosua melanjutkan tugas dari Musa ini.

Tuhan mau setiap kita menjadi yang DIA kehendaki bukan yang dunia kehendaki karena ada tugas yang besar yang Tuhan telah rancangkan bagi setiap kita namun iblis tak suka itu kita dapati.

Ada factor-faktor dalam hidup manusia yang bisa membuat manusia itu tak berfungsi sesuai dengan yang Tuhan kehendaki. Gambar diri atau citra diri yang tak berguna itu dapat merusak posisi yang seharusnya kita gapai, posisi dimana yang Tuhan mau kita berada.

Kalau kita mau melihat siapa diri kita sebenarnya maka pelajarilah alkitab. Mungkin mudah terdengarnya tapi kita harus memiliki hati yang mau dibentuk, hati yang lapar dan haus akan kebenaranNya dalam hidup setiap kita.

Buku ini terbagi menjadi empat pola pandang yang ditekankan oleh pendeta Petrus Agung, antara lain:

  • Memperkatakan FirmanNya
  • Menerima Visi dari Tuhan
  • Memiliki Bingkai Pikiran yang Benar
  • Pergaulan Memberi Pengaruh yang Besar

Buku ini memberikan wawasan secara efektif bagaimana kita bisa membangun gambar diri yang sehat berdasarkan firman Tuhan !

Didalam Amsal 22;24-25 dikatakan sebagai berikut “Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar,jangan bergaul dengan seorang pemarah,supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.”

Perkataan yang ditulis ini menjelaskan bagaimana ada nasehat bagi setiap kita untuk memilih pergaulan yang tidak saja baik tapi juga benar karena akan ada dampak dari setiap pergaulan yang kita jalin. Dampaknya akan mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku kita karena itu Tuhan sudah memperingatin kita semua untuk tidak sembarangan memilih pergaulan.

Amsal 13:20 mengatakan “Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.”

AnugrahNya bagi kita adalah kita diselamatkan dan menjadi ciptaan baru, namun dibutuhkan hubungang yang erat antara kita dengan Tuhan dan juga bagaimana kita memilih teman-teman pergaulan kita yang berkenan bagiNya karena kita tahu kita akan diutus untuk melakukan tugas-tugasNya dalam hidup setiap kita.

Kita harus memiliki gambar diri yang sehat dan menyadari akan hal ini karena tak mungkin orang sakit menyembuhkan orang sakit.

Buku yang hanya berhalaman 45 lembar ini sangat mudah untuk dibaca dan dimengerti. Tuhan mau kitapun menjadi orang-orang yang sesuai dengan yang DIA rancangkan bagi setiap kita!

Silahkan membaca buku ini supaya kita bisa saling menguatkan baik diri sendiri dan juga satu dengan yang lainnya lebih lagi berdasarkan prinsip-prinsip kebenaran Tuhan.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Book