Ketaatan Mendatangkan Berkat dan Ketidak Taatan Mendatangkan Kutuk

February 10, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

Sharing by Ps. Olga Siahaan

3 Februari 2010

 

2 Korintus 5:17

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Setelah kita mengakui Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, maka kita menjadi ciptaan yang baru dan kita berhak mengalami pemulihan dan kelimpahan selama kita berjalan sesuai dengan yang Tuhan inginkan.

1 Korintus 2:9

Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

Yohanes 5

(Baca keseluruhan pasal ini).

Judul Perikopnya adalah “Penyembuhan pada hari Sabath di kolam Betesda”

Kita harus percaya bahwa apa yang visi Tuhan telah taruh dan berikan buat kita atau gerejaNya itu tergenapi! Pemulihan dan kelimpahan di bumi seperti disurga itu pasti tergenapi dalam hidup setiap kita selama kita terus berjalan pada pengurapanNya karena adanya ketaatan dalam hidup kita terhadap perintah-perintahNya!.

Ulangan 11:8-32

(Silahkan baca keseluruhan pasal ini).

Judul perikop pasal ini adalah “Ketaatan Mendatangkan Berkat dan Ketidak Taatan Mendatangkan Kutuk.”

Ketaatan dan ketidak taatan berarti ada kemauan yang keras untuk melakukan suatu misi untuk mencapai visi!

Wanita pendarahan selama 12 tahun, mau mendapatkan pemulihan dari Tuhan Yesus, dia mendengar bahwa Tuhan Yesus mampu melakukan mujizat-mujizat dan dia mencari Tuhan Yesus. Menurut ada tradisi yahudi, seorang yang mengalami pendarahan adalah najis adanya dan tak boleh bersentuhan dengan orang lain sampai pendarahannya itu sembuh. Hukumannya adalah dengan dirajam batu jika wanita ini menajiskan orang lain karena bersentuhan dengannya. Kita tahu wanita ini rela mati, dia berdesak-desakan untuk mendatangi Tuhan Yesus, dan dia punya iman bahwa jika dia hanya menjamah ujung jubah Tuhan Yesus maka dia pasti sembuh! Wanita ini mau berusaha dan berani mengambil resiko untuk mengapai pemulihan yang diimani bahwa Tuhan Yesus mampu memberikannya baginya.

Orang lumpuh di dekat kolam Betesda, 38tahun lamanya dia menunggu kesembuhan atau pemulihan yang akan dia dapatkan dari kolam itu. Jika kolam itu bergolak maka orang yang pertama yang masuk menceburkan diri kekolam itu pasti sembuh. Orang lumpuh ini pasif sifatnya, selama 38 tahun dia hanya menunggu belas kasih dari orang lain untuk membawanya ke tepi kolam Betesda.

Orang lumpuh ini tak berusaha, karena pikirnya kesembuhan atau pemulihan dia bisa dapatkan jika ada belas kasihan dari orang lain untuk membawanya ke kolam ini. 38 tahun adalah waktu yang cukup lama, jika dari hari atau minggu atau bulan dia mau mencoba untuk berusaha menyeret tubuhnya seinci demi seinci maka pasti dia akan sampai di tepi kolam Betesda dan pemulihan itu tak harus menunggu sampai 38 tahun lamanya. Sifat mengasihani dirinya menghalangi dia untuk mempunyai iman dan semanggat untuk memperoleh kesembuhan.

Iman timbul dari pendengaran, pendengaran akan firman Tuhan. Lawan kata dari iman adalah dalih/alasan-alasan. Tuhan sudah katakan iman yang sekecil biji sesawi akan mampu memindahkan gunung (permasalahan hidup)! Iman yang timbul dari pendengaran akan firman Tuhan masih berbentuk benih dan harus dihidupkan dengan cara memperkatakannya dan melakukannya sehingga iman pemberian dari Tuhan ini, logos yang menjadi rhema dan menjadi bukti, iman ini akhirnya bertumbuh dan mampu memindahkan gunung seperti yang Tuhan katakan.

Ujian-ujian yang kita hadapi adalah cara Tuhan menemukan kwalitas umatnya, kwalitas seperti pasukan Gideon salah satunya yang Dia ingin kita miliki semua.

Ketaatan berarti ada perintah! Orang tak bisa taat kalau tak ada perintah! Ketaat kita mendatangkan perkenanan Tuhan dalam hidup kita sehingga berkat-berkatNya, janji-janjiNya mengalir dalalm kehidupan setiap kita.

Ulangan 11 mempunyai pengertian bahwa dengan ketaatan kepada Tuhan maka ada berkat-berkat yang akan kita umatNya alami antara lain seperti:

  1. Lanjut umur
  2. Kuat dalam memasuki negeri
  3. Kekuasaan diberikanNya
  4. Kita diberikan kuasa sehingga musuh-musuh kita gentar kepada kita
  5. Berkat yang lebih lagi
  6. Kesegaran/semangat/Pemulihan
  7. Ketentraman
  8. Keintiman
  9. Kepenuhan/kelimpahan
  10. Memiliki keturunan

Bahkan kita tahu 10 perintah Tuhan, maka hanya perintah ke lima (hormat orang tuamu supaya lanjut umurmu), upah penghormatan kita kepada orang tua kita itu mendatangkan berkat bagi kita.

Ulangan 11:8-32

Ada tiga pola ketaatan:

Ayat 8:

You shall keep My commandments – Harus memegang perintahNya dengan berjaga-jaga/waspada supaya tak tergelincir kepada pelanggaran (tak terkena kutuk melainkan berkat jika kita pegang perintahNya dengan waspada). Selalu ada harga yang harus dibayar dalam hidup kita. Hanya ketaatan yang radikal menghasilkan berkat yang radikal.

Ayat 13:

Faithfully Obey – Ada aspek kepintaran jika kita setia/taat berdasarkan kebenaranNya/Firman Tuhan. Submission and obedience! Ketaatan adalah kerelaan hati sekalipun kita belum cocok. Ketaatan kita harus ada dasarnya (baca FirmanNya dengan tekun dan Tuhan pasti berikan hal-hal yang baru yang kita butuhkan, hal-hal yang menyegarkan roh,jiwa dan tubuh kita). Lukas 24:12 dikatakan ada kelimpahan, kita alami pasti contoh dalam berdoa harus ada alasan dan tujuan, lakukan dengan sikap hati yang benar.

Ayat 18:

Ketaatan yang tidak on-off

Ketaatan harus ada unsur yang menghormati, ada unsur pengertian yang benar, ada unsur kerelaan. Di angkatan perang dilatih system komando! Tujuannya adalah adanya unsur ketaatan yang benar karena jelas sistemnya. Otoritas harus dihargai!

Kita umat Tuhan harus memiliki keintiman denganNya, supaya pengurapanNya terus mengalir dalam hidup kita. Kita harus memiliki skill/kemampuan-kemampuan yang kita gunakan untuk memuliakan Tuhan dalam hidup kita.

Raih janji-janjiNya ini taat dalam menjalankan kebenaranNya dalam hidup kita supaya berkat-berkatNya yang kita alami dan bukan kutuk-kutuk. Marilah hidup sesuai dengan yang Tuhan inginkan terjadi dalam hidup kita, visi Tuhan sudah dinyatakan dalam hidup kita di tahun 2010 ini yaitu pemulihan dan kelimpahan kita alami dibumi seperti disorga.

Donita

@ Rumah Kediaman Ibu Donna Sundah

Sukhumvit Soi 39

Bangkok

Thailand

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note