Yusuf

February 25, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

 

17 Februari 2010

Kejadian 37-50

Yusuf adalah anak dari pernikahan Yakub dan Rahel, merupakan anak sulung, mempunyai adik yaitu Benyamin.

Yusuf dilahirkan dari hasil kasih yang tulus antara Yakub dan Rahel, Keintiman antara Yakub dan Yusuf membuahkan karakter yang baik dalam diri Yusuf dibandingkan dengan karakter dari kakak-kakak tiri Yusuf yang terlahir dari Perkawinan ayahnya, Yakub dengan Lea, Zilpa dan Bilha.

Tuhan melihat keberadaan hati jauh melebihi penampilan fisik, tetapi Yusuf sangatlah diberkati selain memiliki hati yang tulus dia juga memiliki perawakan yang elok dan manis perilakunya. Kejadian 39:9b dikatakan disini bahwa hal yang Yusuf utamakan adalah jangan sampai dia menyakiti hati Tuhan. Takut akan Tuhan itu melekat dalam diri Yusuf dan hal ini sangatlah berkenan dimata Tuhan oleh karena itu perkenan Tuhan terus mengikuti langkah Yusuf meski banyak ujian yang dialami oleh Yusuf, kasih anugrah Tuhan tetap menyertainya sehingga apapun yang dilakukan dibuatNya berhasil dan setiap orang yang dekat dengan Yusuf mengasihi dia.

Proses pendewasaan yang Yusuf alami sangatlah tak menyenangkan! Jika kita ingat Yusuf mengalami mimpi yang Tuhan nyatakan kepadanya sebanyak dua kali. Kedua mimpinya ini membuat orang tuanya bertanya-tanya tetapi membuat kakak-kakak tirinya iri.

Kejadian 50:20 apa yang direka-reka oleh kakak-kakak tiri yusuf yang adalah kejahatan bisa dianggap sebagai suatu kutuk tetapi Tuhan ubah menjadi hal-hal yang membangun karakter Yusuf lebih dari sebelumnya. Hal-hal ini dapat dijalani oleh Yusuf karena Yusuf mengenal Tuhan dengan benar, Yusuf menggunakan kacamata Tuhan dalam melihat situasi dan keadaan yang Tuhan ijinkan melanda Yusuf.

Dalam menghadapi keadaan-keadaan yang tak dapat dimengerti ini sebelum pengenapan janji-janji Tuhan tergenapi pada diri Yusuf, sifat yang sangat perlu kita pelajari adalah “tak mengeluh tapi tetap percaya”. Disaat Yusuf muda, mendapat mimpi dari Tuhan namun saat itu Yusuf belum dapat mengartikan mimpinya tetapi berjalannya waktu dan perkenanan Tuhan maka Yusuf diberikan karunia untuk mengartikan mimpi (artikan mimpi-mimpi dari tukang roti dan juru minum raja) maka dinyakini bahwa Yusuf-pun mengerti mimpi-mimpinya disaat dia muda.

Banyak hal yang kita dapat pelajari tentang Yusuf, adanya pemulihan dan kelimpahan pada akhirnya didapati di kitab kejadian tentang kisah Yusuf ini. Sebelum mendapatkan apa yang Tuhan janjikan terlebih kepada Yusuf, maka Yusuf harus memasuki tahap padang gurun atau suatu proses pendewasaan rohani dan jasmani. Ada banyak hal-hal yang dialami oleh Yusuf yang sepertinya tidak berjalan kearah pengenapan janji-janji Tuhan dalam hidupnya tetapi kita ketahui karena iman dan ketaatan kepada Tuhan maka janji-janji Tuhan itu tergenapi dengan sempurna. Bukan apa yang dilihat dan berkenan oleh dunia tapi apa yang dilihat dan berkenan oleh Tuhanlah itu yang harus kita sadari.

Tuhan Yesus Memberkati

 

Doa Wanita

@ Kediaman Bapak dan Ibu Kandano

Sathorn

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note