Double Portion of Your Spirit

March 14, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

Sharing Firman Ibadah Raya oleh Ps. Olga Siahaan

7 Maret 2010

Ada harga yang harus dibayar dalam berjalan dan taat kepada KebenaranNya dalam hidup ini. Sebagaimana Nuh menantikan pengenapan Tuhan terjadi dalam hidupnya setelah Tuhan memerintahkan Nuh untuk membangun bahtera itu. Nuh diperolok/diejek oleh mereka yang tinggal di jaman Nuh saat itu dan Nuh tetap setia dan taat kepada Tuhan.

Tetaplah setia dan taat, bersemangatlah dalam menantikan jawaban Tuhan tergenapi dalam hidup setiap kita.

Kelimpahan yang bagaimana yang Tuhan mau berikan bagi setiap kita,umat percayaNya?

Double Portion inilah yang Tuhan mau setiap kita mendapatkan dan mengalaminya-

2 Raja-raja 2:9. (Please let your double portion of your spirit upon me!).

Nabi Elia akan diangkat oleh Tuhan dalam kemuliaan. Elia mengajak Eliza berkeliling ke empat kota utama. Elia mengajak Eliza untuk pergi ke empat kota utama. Elia dikenal sebagai Nabi Api karena pernah menurunkan Api untuk membakar korban bakaran di gunung Karmel dan mengalahkan ke 400 nabi-nabi Baal. Elia juga dikenal sebagai Nabi hujan karena menurunkan hujan setelah dia meminta Tuhan untuk menurunkan hujan bagi bangsa Israel. Elia, Nabi Elia adalah manusia biasa yang membuat dia tak biasa adalah adannya pengurapan Tuhan dalam hidupnya.

Kitab Maleaki menyatakan nubuatan tentang nabi Elia yang akan diutus kepada kita menjelang hari Tuhan yang besar dan dasyat itu supaya hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anak dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Tuhan datang memukul bumi sehingga musnah (Maleakhi 4:5,6).

Empat ratus tahun setelah kitab Maleakhi di kitab Lukas menjelaskan bagaimana pengalaman Elia akan mempersiapkan kedatangan Tuhan yang kedua kalinya dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.” Lukas 1:17 ya, mendapatkan pengurapan Elia.

Eliza adalah murid dari nabi Elia. Eliza adalah pilihan Tuhan langsung untuk menjadi murid dari nabi Elia (1 Raja-raja 19:15-19).

Yehu dipakai oleh Tuhan juga untuk menghentikan garis keturunan Ahab dan Izebel. 1 Raja-raja 1 dan 1 Raja-raja 2 menyatakan bahwa “Setiap Firman Tuhan yang dinyatakan oleh Tuhan itu pasti dibuktikan.”

14 kali Elia menjalani mujizat dan 28 kali Eliza mengalami mujizat (double portion).Eliza mengalami double portion, bahkan tulang Eliza dapat membangkit tulang-tulang kering yang sudah mati (mendatangkan mujizat untuk kemuliaan Tuhan).

Double portion dapat diartikan sebagai “Kesempurnaan Rencana Tuhan dalam Hidup Setiap Kita.”, double portion tak terbatas pada ukuran tertentu tapi pada ukuran Tuhan.

Kitab Ayub juga menyatakan tentang “Double Portion-Pelipat Gandaan” yaitu “Berkat melimpah dari ukuran Tuhan, ukuran yang tak terbatas/ukuran kesempurnaan.”

Yosua 1:5

Lukas 6:38 menjelaskan juga tentang double portions. Suatu takaran yang baik……unlimited portion.

Double portion dalam hal apakah?

Aspek rohani terlebih dahulu (pengurapan rohani) karena akan mempengaruhi hingga kekekalan-2 Korintus 4:16-18.

Kisah Ayub dimulai dialam roh terlebih dahulu dan baru dinyatakan dialam nyata. Tidak ada kejadian dalam hidup kita ini terjadi tanpa persetujuan Tuhan-Roma 8:28. Jangan menghakimi Tuhan! Tetaplah setia dalam menantikan pembelaanNya (jawaban dariNya).

Ayub 42:1-6 (silahkan direnungkan!)

Sampai Ayub mengalami sendiri,pengenalan akan Tuhan dalam hidupnya, pengalaman yang hidup dan bukan sekedar tradisi setelah itu kita lihat bagaimana Ayub mengalami double portions.

Bangun terlebih dahulu kehidupan kerohanian kita maka yang jasmani akan mengikuti!

Mintalah double portions dari Tuhan untuk setiap kita! Alamilah!

1 Raja-raja 19:19

Tahapan-tahapan rohani yang bisa dipelajari supaya pengurapan double portions terjadi dalam hidup setiap kita:

1. Giat dalam pekerjaan/tanggung jawab.

2. Terlibat dalam gerakan/rencana Tuhan.

3. Fokus kepada apa yang sedang Tuhan kerjakan (doa,dana dan daya).

Roma 12 – Biarlah roh kita menyala-nyala dan layani Tuhan! Jangan kendor kerajinan kita.

Tuhan sangat mengasihi kita!

Dia tak pernah tertidur dalam mengiring hidup dari setiap kita! Janganlah mengeluh dalam menjalani hidup ini. Hadapi setiap tantangan dengan kebenaranNya. Mengeluh adalah lawan dari ucapan syukur. Orang yang rajin tak akan mengeluh!

Giat adalah awal dari hikmatNya turun kepada kita. HikmatNya ini akan membimbing kita untuk menghadapi keadaan!

Terlibat dalam rencanaNya/Tindakan iman, Elia melemparkan jubahnya ke Eliza, dan Eliza meninggalkan keluarga dan kekayaannya untuk terlibat dalam panggilan Tuhan dalam hidupnya (Eliza meninggalkan kepentingan pribadinya). Lakukanlah doa,penyembahan,puasa dan hal-hal lainnya yang membangun kerohanian kita lebih lagi.

Fokuslah pada apa yang Tuhan sedang kerjakan diakhir-akhir ini. Bangunlah terus keintiman denganNya. Fokus! Terarah! Lakukan dengan tak jemu-jemu.

2 Raja-raja 2:10

Untuk menerima double portion tidaklah mudah, ada harga yang harus dibayar tetapi luar biasa dampaknya jika kita mendapatkan double portion ini.

Ada ketaatan/giat,terlibat dalam rencana-rencanaNya dan fokus pada visi-visiNya untuk membangun manusia roh kita! Lakukan dengan sikap hati yang benar supaya double portion itu tergenapi dalam hidup setiap kita (gereja-gerejaNya diakhri jaman).

Tuhan Yesus Memberkati.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note