Setiap Hari/Daily

November 3, 2011 - Author: chrisye - Comments are closed

Sharing sermon by Ps. Dedy S

(Dicatat oleh Ibu Rina Setyanugraha)

3 November 2011

Matius 6:11-“Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”

Mengapa Yesus mengajar kita untuk minta makanan pada hari ini atau setiap hari? Bukankah lebih efisien dan lebih mudah jika kita memintanya mingguan  atau bulanan atau tahunan? Karena apa yang harus dilakukan oleh kita setiap hari, adalah harus kita lakukan seriap hari bukan setiap bulannya bukan setiap tahunnya. Contohnya :

1. Makan

Kita harus makan dan itu harus dilakukan setiap hari, kebiasaan yang sehat yang kita harus lakukan dalam hal makan adalah tiga kali sehari makan dengan satu porsi/boleh dikatakan dengan sepiring makanan (1 piring) = 3×1 porsi makanan/sepiring makanan. Walaupun 3×1 secara matematis hasilnya tetap 3,tapi tidak berarti jika kita makan 1 x 3 (piring) hasilnya akan sama? Kita seharusnya makan sehari 3 kali, sekali makan dengan satu piring (jangan dibalik), yaitu dimana kita  makan dalam sehari, satu kali makan dengan 3 piring maka hasilnya akan sama karena pasti kita tahu bahwa hasilnya tidak akan sama.

2. Olah raga

Kita perlu lakukan olah raga setiap hari. Di gym, trainer akan berkata 7 x sehari 1 jam. 7×1, kita tahu persis pasti hasilnya beda dengan 1×7 yaitu jika kita coba kerjakan jatah 7 hari dalam 1 hari dimana dalam sehari kita berolah raga selama 7 jam, hasilnya pasti beda. walaupun secara matematis totalnya sama, tetapi kita tahu hasilnya pasti beda.

Demikianlah juga dengan kehidupan rohani, kita harus makan-makanan rohani setiap hari ( seperti doa + firman ) karena hasilnya adalah dimana kita punya kekuatan dan daya tahan yang kuat. Segala sesuatu yang memerlukan kekuatan dan daya tahan harus dibangun setiap hari bukan instan, karena segala sesuatu yang didiamkan cenderung menurun dan rusak kualitasnya. Kemampuan kita akan bertumbuh meningkat seiring dengan latihan yang kita mau lakukan.Demikian juga dengan kehidupan kita ini, jika kita menolak untuk bertumbuh menjadi dewasa, maka kemampuan kita mengangkat beban kehidupan juga jadi terbatas. Akibatnya masalah akan menghantam kita, kita tidak kuat sehingga kita sekarat,tumbang dan bisa mati.

Jika kita mau mempunyai kekuatan dan daya tahan untuk mengalahkan dan mengatasi masalah maka kita harus melatih otot – otot rohani setiap hari. Bagaimana caranya? Kita harus mengubah kebiasaan kita. Ada harga yang harus kita bayar, kita harus rajin/tekun/taat melatih apa yang seharusnya kita lakukan seturut FirmanNya ( Kelakuan yang berulang – ulang ). Kita harus bertumbuh! Tuhan katakan jika tidak berbuah dimana seharusnya kita berbuah maka Dia akan tebang. Pergunakanlah waktu-waktu yang ada dengan bijaksana. Menghitung hari-hari kita dengan bijaksana bersamaNya.

Kita harus kalahkan kebiasaan-kebiasaan jelek kita, kalahkan daging kita dengan RohNya yang Dia berikan bagi setiap kita. Bangunlah terus keintiman denganNya dan itu dilakukan setiap hari karena tanpaNya kita tak akan kuat.

Tuhan Yesus Memberkati

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note