Rendah Hati

February 5, 2012 - Author: chrisye - Comments are closed

Sermon by Ps. Dedy Santoso

Ibadah Raya, 5 February 2012

Rendah hati adalah suatu hal yang penting untuk kita miliki, di dalam kitab 1 Petrus 5:5b. “Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Rendah hati penting kita miliki karena hal ini merupakan kesukaan Tuhan untuk kita trus kita lakukan (ada proses untuk ini = hal yang terus-menerus harus kita lakukan) Sejak manusia jatuh dalam dosa maka sifat manusia adalah menjadi egois atau self-center.

Hidup kita ini sesungguhnya bukan milk kita lagi tetapi milik Kristus. Kristus telah membayar dengan harga yang sangatt mahal yaitu pengorbananNya di kayu salib.

Ciri rendah hati menurut Alkitab adalah :

Orang yang hidupnya mau diajar, mazmur 25:9 "Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarjkan jalanNya kepada orang-orang yang rendah hati." Terus-menerus mau untuk belajar dan diajar adalah yang Tuhan suka. Sebaliknya ada hal yang tidak sukai adalah tinggi hati. tinggi hati adalah sikap hati yang tidak mau diberikan masukan atau pengajaran, menganggap orang lain selalu rendah darinya. Tuhan sering mengajar atau mendidik kita lewat orang lain juga. kita murid-muridNya, hendaklah kita hidup seperti yang Dia mau.

Kenapa kita sering mengambil keputusan yang salah? karena sering kali kita mengambil keputusan yang salah karena kita mendapatkan informasi yang salah. kebeneran Firman Tuhan adalah luar biasa dampaknya bagi mereka yang mau mendengar dan melakukannya. apapun area-area dalam hidup kita disempurnakan lewat Firman Tuhan. Pikiran kita (hidup kita) harus dipenuhi Firman Tuhan supaya tidak salah dalam berpikir (berbuat). Masa depan kita ditentukan oleh keputusan-keputusan yang kita ambil dan ini berawal dari apa yang kita pikirkan. janganlah kita menjauhi persekutuan-persekutuan yang Tuhan mau kita terlibat supaya kita semua jadi orang-orang yang bijaksana bukan yang bodoh menurut kebenaran Firman Tuhan. Ada yang katakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. sebenarnya belum tentu karena sesungguhnya itu semua tergantung respon dari setiap kita dalam menghadapi setiap kesempatan. apakah kita mau mengevaluasi setiap perkara yang Tuhan ijinkan kita hadapi. apakah kita mau lebih maju dari hari-hari yang lalu.

Amsal 23:9 "Jangan berbicara di telinga orang bebal sebab ia akan meremehkan kata-katamu yang bijak."

Mazmur131:1-3
131:1 Nyanyian ziarah Daud. TUHAN, aku tidak tinggi hati, dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku. Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku. Berharaplah kepada TUHAN, hai Israel, dari sekarang sampai selama-lamanya

Daud berani berkata seperti ini karena dia mengevaluasi keberadaannya baik bagi dirinya sendiri dan juga dihadapan Tuhan. Perkatannya ini bukanlah karena dia sombong saat dia berkata-kata seperti ini tetapi dia sedang berkomunikasi dengan Tuhan bukan menentang Tuhan. Pribadi Daud adalah pribadi yang mau diajar oleh Tuhan, bukankah Tuhan juga katakan kepada setiap kita untuk belajarlah kepadaNya kebab Tuhan itu lemah lembuh dan rendah hati.
Mazmur131:2 & 3 menekankan pengertian sebagai berikut “bahwa orang yang rendah hati adalah orang-orang yang selalu berharap padaa Tuhan karena mereka mengetahui bahwa tanpa anugrahNya mereka (kita) tak akan bisa lakukan apa-apa dengan sempurna.”

Lukas 18:9-14, Efesus 9:2 oleh sebab Kasih Karunia kita diselamatkan, itu adalah hasil pemberianNya dan bukan hasil usaha setiap kita. sadarlah akan hal ini.

Orang yang masuk neraka adalah karena tidak mau bertobat sehingga ada dosa, upah dari dosa adalah maut. Neraka adalah tempatnya. Supaya kita tidak masuk neraka maka kita harus mencari Juru selamat, dan Tuhan Yesus adalah satu-satunya Juruselamat bagi dunia ini (Yohanes 10:10a)

Lagu Amazing Grace adalah lagu yang sungguh indah, menyatakan betapa kasihNya luar biasa bagi setiap kita.

Amazing grace
john newton

Amazing grace, how sweet the sound
that saved a wretch like me
I once was lost, but now I’m found
was blind, but now I see

‘Twas grace, that taught my heart to fear
and grace my fear relieved
how precious did that grace appear
the hour I first believed

Through many dangers, toils and snares
we have already come
‘twas grace that brought us safe thus far
and grace will lead us home

When we’ve been there ten thousand years
bright shining as the sun
we’ve no less days to sing god’s praise
than when we first begun

Agama Kristen tidak bisa menyelamatkan kita tetapi hubungan kita dengan Tuhan Yesus Kristus yang intimlah yang akan menyelamatkan kita. Dari hubungan kita yang intim ini maka kita akan melakukan apa yang Dia sukai dan menjauhi yang tidak Dia sukai. Sebab itu terimalah Tuhan Yesus dan bangunlah keintiman denganNya dan trimalah keselamatan dariNya.

Orang yang mengakui dirinya bersalah dan mau alami pemulihan, mau terima konsekwensi dalam hidup ini maka dia adalah orang yang rendah hati. orang yang terus mau belajar dan diajar oleh Tuhan.

Yakobus 4:6

“Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.

Abad 19, D.L. Moody, sekali dia berkotbah maka satu juta orang bertobat. suatu saat ada seorang wartawan yang hadir dikebaktiannya, dan lalu dia mengkritik D.L. Moody lalu menerbitkannya padaa koran tempat dimana dia bekerja dengan mengatakan bahwa D.L. Moody tidak ada apa-apanya! Hal ini menyebabkan staff dari D.Ll.Moody marah-marah dan mengadukan kepada D.L.Moody. Reaksi dari D.L Moody adalah diluar akal pikiran dari staffnya ini, D.L. Moody mengatakan bahwa memang dia bukan apa-apa karena yang ada apa-apanya yang membuat pelayannya luar biasa adalah Tuhan Yesus Kristus. Anugrah Tuhan itu yang memampukan kita untuk melakukan kehendakNya selama kita mau sepenuhnya berserah dan mau diajarNya.

Kerendahan hati tidaklah cepat marah, cepat tersinggung,iri hati,berprasanka buruk, (hal-hal yang bukan mencerminkan buah Roh atau Karakter Kristus).

Kesadaran kita akan anugrahNya yang menyempurnakan setiap kita, membuat kita memiliki kerendahan hati dan ini membawa kita kepada ketenangan dalam jiwa. Yesus juga mengatakan itu dalam Matius 11:28-30.
Humility is not speaking about our less but it speak less about ourself.

Kita berharga dimata Tuhan!

Jangan menghina Gambar Allah tetapi belajarlah terus untuk seirama dengan derap langkahNya dengan pemikiranNya. Rendah hati berbicara tentang perkara-perkara yang positif. Belajarlah kepada Roh Kudus tentang Rendah hati ini. Humility leads to strong not weakness. Rendah hati membuat terbentuknya kesatuan bukan perpecahan. Mukjizat terjadi jika ada kesatuan hati!

Matius 18,19,20

Kedewasaan tidak diuku dari usia tetapi lebih diuku

r dari cara menerima perbedaan. Menjadi seperti yang Tuhan Yesus mau, itulah yang seharusnya kita lakukan. Roh Kudus akan memberikan kekuatan bagi setiap kita, Roh Kudus akan menjadi the great consoler bagi yang berharap kepadaNya. Belajar kepadaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati. demikianlah Tuhan berkata bagi setiap kita. mari responin panggilanNya ini dengan sikap hati yang benar.

Tuhan Yesus Memberkati

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note