Walk by faith not by sight

February 19, 2012 - Author: chrisye - No Comments

Sermon by Ps. Dedy Santoso

Ibadah Raya, 19 February 2012

Tanpa iman seseorang tidak berkenan bagi Tuhan. Hiduplah oleh iman 2 Korintus 5:1-10.

5:1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. 2 Korintus 5:2 Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini, 2 Korintus 5:3 sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang. 2 Korintus 5:4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup. 2 Korintus 5:5 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita. 2 Korintus 5:6 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan, 2 Korintus 5:7 — sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat — 2 Korintus 5:8 tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. 2 Korintus 5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. 2 Korintus 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.”

Ayat 7 menurut NKJV menuliskan demikian: “For we walk by faith, not by sight.”

Kehidupan orang beriman adalah suatu proses perjalanan, hari demi hari berjalanlah dengan iman! Melampaui segala akal. Melampaui kasat mata. Lalu apa yang dimaksud dengan iman? Konsentrasikan kepada perkara-perkara yang bernilai kekal. Ayat 1 menjelaskan tentang kemah dan pakaian untuk menggambarkan tubuh jasmani yang bersifat sementara. Ayat 4 menjelaskan tentang penderitaan ringan karena memperhatikan hal-hal yang seharusnya.

Tubuh kemuliaan

1 Korintus 15:50-53,

1 Korintus 15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa. 1 Korintus 15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 1 Korintus 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 1 Korintus 15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.

1Tes 4:16-18

1 Tesalonika 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 1 Tesalonika 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 1 Tesalonika 4:18 Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.

Rapture! Tuhan Yesus akan menyongsong kita di awan-awan dan kita memakai baju kemuliaan, itulah yang merupakan kerinduan dari rasul Paulus juga. Dia tak focus atau tidak konsentrasi pada hal-hal yang tidak penting tetapi padaa hal-hal yang bernilai kekal.

Apakah kekekalah itu:

Pengkhotbah 3:16

Tuhan berikan haluri untuk kita melihat realita kekekalan! Tuhan itu kekal adanya! Manusia satu-satunya yang tidak punya titik akhir dari segala ciptaanNya. Kematian tubuh itu hanyalah hal yang diluar saja. Mengapa di Indonesia sering kita mendengar perkataan sebagai berikut dinyatakan bagi mereka yang sudah meninggal: "Kiranya arwahnya diterima disisi Allah sesuai dengan amal ibadahnya" bukankah hal ini menunjukkan mereka percaya bahwa ada kehidupan lain setelah kematiaan.

Kematiaan fisik itu bukanlah suatu akhir dari hidup ini, ada naluri bahwa manusia memiliki kekekalan sehingga pada saat mereka ditinggal mati oleh orang-orang yang mereka kasihi mereka sering merasa berat untuk menerimanya. Sebab pada dasarnya setiap kita ada naluri kekekalan (merasa akan hidup selama-lamanya namun kembali kepada pola pikir orang tersebut untuk memahami arti kekekalaln ini dengan kebenaran Firman Tuhan).

Fokuslah pada hal yang kekal jangan yang tidak kekal! Fokuslah pada yang Tuhan mau kita lihat. Kekekalan yang bagaimana yang Tuhan mau kita alamii. kekekalan hanya berikan dua pilihan :

· Kekekalan di Surga

· Kekekalan di Neraka

Kekekalan di Surga adalah kekekalan yang Tuhan mau untuk setiap kita umatNya dapati, Kekekalan yang bersama Tuhan selama-lamanya!

Kekekalan di Neraka adalah kekekaan yang tidak bersama-samaa denganNya, ini akibat ketidak-taatan dan pemberontakan sehingga menghasilkan dosa yang berakibat akhirnya padaa maut.

Ingatlah bahwa Tuhan kita adalah kudus adanya, Dia tak bercacatcela, tak ada pelanggaran padaNya sebab itu bersyukurlah kepada Tuhan karena Dia yang telah menguduskan setiap kita dan kuncinya "Kita harus percaya padaNya. Jangan bimbang.

Yohanes 3:16

Bagi kita yang sudah terima Tuhan Yesus, berjalanlah bersama Dia, dengan iman yang bertumbuh seperti yang Dia harapkan. Kenapa ada kurun waktu? kenapa ada orang yang bosen? Karena tidak ada kreatiftas! Jika kita hidup bersama Tuhan maka dari waktu ke waktu kita akan mengalami hal-hal yang baru terus sebab Dia, Tuhan yang selalu penuh dengan kejutan, penuh kreatifitas.

RahmatNya selalu baru setiap pagi demikianlah Firman Tuhan katakan dan seperti lagu yang sering dinyanyikan oleh umat percayaNya,

Satu Hal yang Ku Rindu

Songwriter: Jonathan Prawira

Satu hal yang ‘ku rindu
berdiam di dalam rumah-mu
satu hal yang ‘ku pinta
menikmati bait-mu tuhan
(repeat x2)

lebih baik satu hari di pelataran-mu
daripada s’ribu hari di tempat lain
memuji-mu menyembah-mu kau allah yang hidup
dan menikmati s’mua kemurahan-mu

2 Petrus 3:8

Wahyu 21:1-4 (Renungkanah bahwa tidak ada perkabungan, tidak ada kebosenan di surga, tidak ada hal-hal yang menjemukan bersamaNya.)

Yohanes 17:3 Mengenal Engkau, ini adalah suatu akses masuk dalam kekekalan bersamaNya.

Ketika kita mengenal Tuhan Allah dengan benar maka akses kekekalan yang Dia janjikan bagi setiap kita itu kita masuki. Orang yang mengenal Tuhan pasti alami mukjizat stiap hari jika kita punya hubungan dengan Allah.
Orang yang hidupnya didalam Tuhan pasti hidupnya tambah romantis. Value = Prinsip pribadi! apakah yang paling penting dalam hidup kita ini! Sesuatu yang kita anggap penting pasti kita jaga baik-baik. Kita tak akan perlakukan sembarangan.

Seseorang yang mengenal Tuhan akan menempatkan Tuhan diatas segalanya termasuk diatas kepentingan pribadi. Seberapa nilai Tuhan dalam hidup kita akan terlihat dalam hidup kita. Jangan kompromi dengan dosa. Jika kita cinta Tuhan, kita PASTI menolak dosa, seperti sebagaimana Yusuf melawan godaan dari istri Potifar.

Bicara tentang rohani!

Asal katanya adalah roh yang berarti tak terbatas oleh ruang dan waktu! Kerohanian tidak diukur dengan apa yang dapat dilihat. Christianity adalah tentang Life style with God!

Perubahan paradigma sedang Tuhan nyatakan dalam gereja-gerejaNya diakhir jaman. hati-hati jangan sampai jadi ahli farisi! Tuhan lihat heart of worship! Tuhan lihat motivasi hati setiap kita. Motivasi adalah suatu dorongan yag mengerakan kita untuk melakukan suatu tindakan)

Untuk apa dan untuk siapakah kita lakukan suatu hal? Tuhan lihat itu!

1 Korintus 10:31

It’s all about God

Tuhan Yesus adalah pribadi yang paling rohani!

Yohanes 4:34

Kita semua sedang trus belajar untuk mengandalkan Tuhan Yesus karena goal kita adalah serupa segambar Tuhan Yesus. Tujuan Gereja adalah dari self-center menjadi God’s center. Value Kingdom kerajaan harus kita miliki!

Galatia 2:20

20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Iman Sejati adalah mengasih Tuhan lebih dari segalanya!

Semua sedang di goncangkan tetapi orang yang hidupnya dekat Tuhan tak akan tergoncangkan karena value hidup orang yang hidup dekat Tuhan adalah Tuhan itu sendiri yang tak bisa digoncangkan oleh apapun.

Level tertinggi di kerohanian adalah Tuhan kekasih jiwa kita. (kita ditrima oleh Tuhan apa adanya tetapi kita harus bertumbuh bersama Dia). Jika rekan bisnis ada timbal balikjika kekasih sejati maka trima Dia apa adanya!

Hati-hati jangan sampai Tuhan tidak mengenal kita karena sifat dasar manusia adalah self-center. Jadi yang terpenting adalah bagi Tuhan melihat kita adalah pada sikap hati kita, motivasi kita. Ikut Tuhan bagi yang mengaku sudah lama mengenal Dia maka seharusnya sudah harus life style nya it’s all about God. Hidup kita ini adalah hidup yang mengucap syukur. orang kristen yang belum dewasa hanya mau berkat-berkatNya saja, tetapi orang kristen yang sudah dewasa lebih pada pemberi berkat, yaitu Tuhan itu sendiri lebih dari berkat-berkatNya.
Hidup yang berkenan kepada Tuhan.

2 Korintus 5:6-10

1. Konsentrasi kepada hal yang bernilai kekal, itu adalah hidup melekat kepada Tuhan.

2. Kesadaran akan adanya pengadilanNya (takhta Pengadilan Kristus), ayat 9-10

Didalam alkitab ada dua pengadilan:

a. Pengadilan Takhta Kristus

b. Pengadilan Takhta Putih

Pengadilan Takhta Kristus adalah:

Pengadilan untuk orang-orang yang sudah terima kehidupan kekal (yang namanya tercatat dibuku kehidupan).

Pengadilah Takhta Putih adalah:

Pengadilan untuk orang-orang yang belum percaya Tuhan Yesus atau yang menolakNya. (yang namanya tidak tercatat dalam kitab kehidupan).

Roma 8: 28

Wahyu 4:10-11

Pengadilan Takhta Kristus untuk kita yang sebagai orang percayaNya menerima mahkota.

Ada lima jenis mahkota yang menanti kita yaitu:

1. Mahkota abadi ( 1 Korintus 9:24-27)-Tekun dalam pertandingan iman.

2. Mahkota Kemegahan ( 1 Tesalonika 2:19-20)-Para pemenang jiwa

3. Mahkota Kebenaran ( II TImotius 4:4-8)-Rindu dan mempersiapkan diri untuk kedatanganNya kembali.

4. Mahkota Kemuliaan ( I Petrus 5:1-5)-Menggembalakan domba-domba Tuhan.

5. Mahkota Kehidupan ( Yakobus 1:12-13)-Setia bertahan menghadapi pencobaan.

Kejarlah mahkota-mahkota yang Tuhan sudah janjikan ini bagi setiap umatNya. Dia tak pernah ingkar janji. Dia mau setiap kita percaya dan menjadi pelaku FirmanNya. Walk by faith not by sight, karena ada kekekalan yang menanti kita disana. pilihlah kekekalan bersamaNya disorga.

 

Tuhan Yesus Memberkati.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note