HIDUP BERDAMPAK KARENA PERKENANAN TUHAN

May 25, 2013 - Author: nelly - Comments are closed

Betty Woworuntu

Doa Puasa Sabtu, 25 Mei 2013

2 Korintus 6:2
Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.” Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.

Ibrani 11:6-7
6  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
7  Karena iman, maka Nuh  —  dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan  —  dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.

Di ayat ini jelas Firman berkata bahwa karena Iman maka kita dapat berkenan kepada Allah dan karena percaya maka timbul ketaatan dalam diri Nuh sehingga membuat bahtera dan menyelamatkan seluruh keluarganya. Tema gereja kita tahun lalu adalah “Perkenanan Tuhan “ dan setelah kita mengalami perkenanan Tuhan maka kita dapat mengalami Next Level, nggak mungkin terbalik. Berkenan dulu baru mengalami Next level

Perkenanan, dari kata Favor = Favorite artinya yang disukai, disenangi. Kalau Tuhan sudah berkenan pada kita maka hidup kita akan mengalami dampak yang bisa dirasakan orang lain sehingga orang juga bisa mengenal Dia. Dalam Perjanjian Lama  kata perkenanan dari kata “kesep”  artinya dari yang tidak layak dilayakan. Contohnya Mefiboset cucu Saul anak Yonatan, dia mendapat perkenanan bisa makan sehidangan dengan Daud.

2 Samuel 9:1,13
1  Berkatalah Daud: “Masih adakah orang yang tinggal dari keluarga Saul? Maka aku akan menunjukkan kasihku kepadanya oleh karena Yonatan.”
13  Demikianlah Mefiboset diam di Yerusalem, sebab ia tetap makan sehidangan dengan raja. Adapun kedua kakinya timpang.

dalam Perjanjian Baru kata perkenanan dari kata “kharis” artinya orang yang tidak mampu tapi dimampukan, asal kita taat Tuhan pasti memberi kemampuan. Ketika kita diperkenan Tuhan maka kualitas hidup kita pasti akan berdampak.

Contoh orang yang menerima perkenanan Tuhan:
1. Yesus sendiri semakin mendapat kasih dari Allah dan manusia
Lukas 2:52   Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

2. Abraham diperkenan Tuhan dan mendapat tuntunanNya
Kejadian 18:18-19
18  Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
19  Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya.”

3. Yosafat menjadi berkat buat Yoram dan raja Edom
2 Raja-raja 3:12-14
12  Berkatalah Yosafat: “Memang padanya ada firman TUHAN.” Sesudah itu pergilah raja Israel dan Yosafat dan raja Edom kepada Elisa.
13  Tetapi berkatalah Elisa kepada raja Israel: “Apakah urusanku dengan engkau? Pergilah kepada para nabi ayahmu dan kepada para nabi ibumu.” Jawab raja Israel kepadanya: “Jangan begitu, sebab TUHAN memanggil ketiga raja ini untuk menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Moab!”
14  Berkatalah Elisa: “Demi TUHAN semesta alam yang hidup, yang di hadapan-Nya aku menjadi pelayan: jika tidak karena Yosafat, raja Yehuda, maka sesungguhnya aku ini tidak akan memandang dan melihat kepadamu.

Dampak Perkenanan Tuhan:

1. Menjadi berkat bagi orang lain
Kejadian 39: 2-5
2  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.
3  Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya,
4  maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf.
5  Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang.

Karena keberadaan Yusuf maka Potifar mendapat berkat.

2. Naik Level mendapat jabatan yang lebih tinggi
1 Samuel 13:14   Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang  diperintahkan TUHAN kepadamu.”

Daud ditunjuk Tuhan menjadi Raja menggantikan Saul

Kualitas hidup seperti apa yang membuat Tuhan berkenan:
1. Rendah hati
Mazmur 25:9  Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

2. Berpegang pada perjanjian dan peringatanNya
Mazmur 25:10 Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya.

3. Orang yang Takut akan Tuhan
Mazmur 25:12 Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.

4. Anak cucunya mewarisi bumi
Mazmur 25:13 Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi.

5. Bergaul karib dengan Tuhan
Mazmur 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Tuhan Yesus memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note