Living in God’s Favor – BE BLESSED

July 21, 2013 - Author: nelly - Comments are closed

Ibadah Raya Minggu, 21 Juli 2013

Ps. Franky Utana

ditulis oleh: Imelda Hasibuan Simanjuntak

Hidup dalam Perkenanan Tuhan adalah hidup yang diberkati Tuhan. Bicara berkat bukan terbatas dalam hal keuangan saja. Tetapi berkat menyeluruh meliputi berkat Jasmani, Jiwani dan Rohani (Tubuh, Jiwa dan Roh).

Matius 14:13-21 Yesus memberi makan lima ribu orang
14:13 Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka. 14:14 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka f dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit. g 14:15 Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.” 14:16 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.” 14:17 Jawab mereka: “Yang ada pada kami di sini hanya lima roti h dan dua ikan.” 14:18 Yesus berkata: “Bawalah ke mari kepada-Ku.” 14:19 Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan 1 itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti i itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. 14:20 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. 14:21 Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

Pada ayat 19: Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan 1 itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti i itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya. lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Dalam bahasa Indonesia dikatakan Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat. Dalam terjemahan bahasa inggris versi American standard Bible disebutkan dengan HE BLESSED. Dalam bahasa Yunani atau greeka disebut dengan Eulogia yang artinya berkat, diberkati, memberkati. Dari pasal ini mari kita belajar bagaimana hidup dalam perkenanan Tuhan. Perkenanan berasal dari kata kenan. Perkenanan berarti persetujuan. Hidup dalam perkenanan Tuhan artinya hidup dalam persetujuan Tuhan. Artinya Tuhan setuju hidup kita diberkati. Perkenanan Tuhan bukan sekedar menyangkut berkat finansial. Perkenanan Tuhan menyangkut seluruh kebutuhan hidup kita, yaitu tubuh, jiwa dan roh kita. Tuhan berkenan kita menikmati hidup di bumi seperti disurga. Bahkan sebelum kita menikmati surga yang sesungguhnya nanti, Tuhan setuju kita menciptakan dan menikmati surga dalam hidup jasmani kita sekarang, lewat perkenanan Tuhan tersebut. Bukan sekedar menikmati bahkan membagikan kehidupan yang bernilai kerajaan bagi banyak orang. Karena itu kita perlu mengejar hidup yang penuh dengan nilai nilai kerajaan. Hidup yang bernilai bagi orang lain. Untuk mengalami perkenanan Tuhan ada beberapa syarat yang harus kita perhatikan. Salah satu syarat untuk hidup berkenan dalam Tuhan adalah bahwa hidup kita tidak lantas menjadi mudah. Bahkan cenderung sulit. Karena Tuhan tidak pernah berjanji bahwa mengikut Tuhan hidup akan bebas dari kesulitan tapi justru sebaliknya. Namun di balik semua kesulitan yang Tuhan ijinkan disitulah turun perkenanan Tuhan.

14:13 Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Pada ayat ini dikatakan yesus menyingkir, karena pada saat itu ada kejadian dimana anak Herodes atas suruhan ibunya meminta kepala Yohanes sebagai hadiah ulang tahunnya. Dalam ayat ini Yesus menyingkir bukan karena takut atau pengecut tapi lebih karena Tuhan ingin melihat kepada siapa fokus murid murid Tuhan pada waktu itu. Tuhan ingin melihat kesungguhan hati murid muridnya yang selalu mengikuti Dia. Tuhan Yesus dalam misinya mencari murid dan bukan sekedar pengikut. Karena pengikut hanya mencari berkat dan nubuatan. Sementara murid hidup dalam berkat, hidup dalam nubuatan, dan mukjizat. Tujuan Tuhan selalu untuk memuridkan. Karena itu kitapun harus sama, memiliki tujuan untuk menjangkau jiwa untuk menjadi murid Yesus bukan sekedar pengikut. Pada ayat 13 Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka Untuk hidup dalam perkenanan Tuhan kita harus punya ketetapan hati bersama Tuhan. Bukan karena yang lain. Tapi sungguh sungguh ketetapan hati karena Tuhan. Hidup orang yang punya ketetapan hati, hidupnya tidak ditentukan oleh Benda, Orang, maupun Situasi. Hidupnya ditentukan oleh Tuhan. Bicara tentang Hati, saya artikan sebagai berikut:

H : Haus dan lapar akan pribadi Tuhan. Bukan sekedar ke gereja. Tapi sungguh sungguh dalam Tuhan. Seperti spons yang menyerap semaksimal mungkin air yang bisa dia serap. Demikian juga orang yang haus dan lapar akan Tuhan, mereka akan mencari Tuhan secara konstan tanpa dipengaruhi oleh apapun. Seperti bayi yang haus ASI menangis dan hanya berhenti menangis apabila dia sudah mendapat ASI. Sekali Yesus tetap Yesus sampai mati tetap Yesus.

A: Antusias, bergairah, bersemangat. Dalam catatan firman di atas, karena antusias dari seorang anak kecil yang tahu bahwa Tuhan bisa melakukan apa saja, dia merespon Tuhan dengan apa yang ada padanya yaitu 5 roti dan 2 ikan. Wanita pendarahan yang antusias untuk menjamah jubah Yesus dan mengalami kesembuhan. Kita harus mengambil langkah pertama dan Tuhan menyambut dengan mukjizatNya. Bergairah, antusias karena kita menikmati apa yang Tuhan buat dalam hidup kita.

T: Tunduk dan Taat . bicara tentang menghormati. Tunduk, taat dan setia. Setia, konsisten, persisten dalam mengikut Tuhan. Dengan demikian hidup kita berbuah dalam Tuhan. hal lain yang juga merupakan syarat kita hidup dalam perkenanan Tuhan adalah dengan kita MEMPERKATAKAN apa yang menjadi kerinduan kita. Hari lepas hari perkatakan bahwa hidup kita diberkati dengan segala yang terbaik dari surga. Setelah kita memperkatakan maka kita juga perlu menghidupi apa yang kita perkatakan. Dengan demikian maka kita bisa menikmati hidup dalam perkenanan Tuhan.

I: Inisiatif . hal hal yang luar biasa dan super itu hanya Tuhan yang bisa lakukan. Tetapi hal hal natural adalah hal hal yang biasa kita lakukan. Ketika yang super dan natural bersatu maka terjadilah yang disebut SUPER NATURAL. Ketika hal natural 5 roti 2 ikan diberi oleh anak kecil tadi ke tangan Tuhan, maka Tuhan ubahkan itu menjadi super natural dan mampu memberi makan 5000 orang. Hal supernatural yang hanya bisa dilakukan oleh Tuhan saja.

Jika kita memiliki ketetapan hati bersama Tuhan secara otomatis Tuhan menjadi prioritas dalam hidup kita. Tragedi terbesar dalam hidup manusia adalah ketika hidup dengan Prioritas yang keliru, dan tidak memiliki tujuan hidup.

14:17 Jawab mereka: “Yang ada pada kami di sini hanya lima roti h dan dua ikan.” Pribadi Tuhan adalah pribadi yang selalu ingin memberkati kita. Kalau sampai terjadi kutuk, itu karena kita yang menghukum diri kita dengan tidak mengindahkan hukum Tuhan. Kita hidup dalam masa anugerah Tuhan. Jika ingin kita hidup dalam perkenanan Tuhan, maka kita harus mengikuti setiap aturan dan hukum hukum Tuhan. Tuhan selalu rindu memberkati kita dalam segala aspek, baik tubuh, jiwa dan roh. Anak kecil itu hanya memiliki 5 roti dan 2 ikan. Dalam mengikut Tuhan, mari kita bawa dan persembahkan yang HANYA, apapun yang kita miliki. Apa yang ada pada kita itulah yang kita bawa pada Tuhan. menyerahkan apa yang Hanya ada pada kita, kita berikan pada Tuhan. Tuhan yang kemudian akan mengerjakan selebihnya. Modal yang hanya sedikit dari apa yang kita punya, ditangan Tuhan semua menjadi more than enough, berlimpah limpah. Dari apa yang kita punya, Tuhan bisa mengubah berlipat ganda. Dari 5 roti dan 2 ikan, dibawa kepada Tuhan, menjadi berlipat ganda dan mampu memberi makan 5000 orang. Jangan pernah bilang bahwa kita tidak punya apa apa. Ketika dibawa kepada Tuhan yang Hanya itu berubah menjadi berlimpah limpah.

14:19 Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Duduk dalam hal ini berbicara tentang kerendahan hati. Untuk kita bisa hidup dalam perkenanan Tuhan kita harus hidup dalam sikap rendah hati. Sikap yang bergantung kepada Tuhan sepenuhNya. Mau dituntun oleh Tuhan sepenuhnya, rendah hati adalah dasar dari sikap yang baik. Orang yang rendah hati menyadari bahwa dia tidak dapat berbuat apa apa di luar Tuhan. orang yang rendah hati tampil dan bicara sesuai dengan apa yang ada dihatinya. Kerendahan hati adalah sikap hati yang berserah kepada Tuhan. Sikap rendah hati juga memperhatikan petunjuk dan bertindak. Catat baik baik apa yang menjadi pesan Tuhan dan lakukan serta hidupi dalam hidup kita. Dalam kerendahan hati kita belajar meningkatkan nilai nilai hidup didalam Tuhan dan berpengaruh positif di hidup orang lain. Tugas kita bukan hanya hidup dalam perkenanan Tuhan tapi juga membawa perkenanan Tuhan itu mempengaruhi hidup orang lain. Masuk ke level yang lebih tinggi bersama Tuhan. Menjangkau jiwa untuk menjadi murid Yesus dan bukan sekedar mengikuti Yesus. Ketika Tuhan melihat sikap hati dan iman kita, Tuhan dapat melakukan yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan 1 itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti i itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, memecahkan roti dalam hal ini bicara tentang proses. Jika ingin kita hidup dalam perkenanan Tuhan maka kita harus bersedia hidup kita di proses Tuhan. sebelum roti dipecahkan dia tetap hanya 5 roti. Tapi ketika terjadi proses dipecahkan terjadilah berkat berlipat ganda. Selalu ada proses jika ingin hidup kita diberkati. Agar kita menang melewati proses diperlukan sikap hati yang sabar.Kesabaran adalah kunci untuk menang melewati proses. Sebelum menjadi ayam, telur melewati proses pengeraman baru menjadi ayam. Ini bicara tentang proses dan kesabaran. Definisi kesabaran bukan lah sekedar menunggu, tapi lebih bagaimana kita bertindak ketika kita menunggu. Ketika Yesus memecahkan roti, murid murid bertindak membagikan roti yang dipecahkan dan mukjizat terjadi. Ketika kita memiliki kesabaran, pasti kita bisa memiliki segala yang Tuhan mau kita nikmati.

Ketika kita ingin masuk ke level yang lebih tinggi bersama Tuhan dan menikmati hidup dalam perkenanan Tuhan, maka kita juga harus membangun hubungan bersama sama didalam komunitas yang juga bertumbuh didalam Tuhan. Kita harus menghidupi nilai nilai hidup yang Tuhan ajarkan. Nilai nilai jauh lebih berharga daripada sekedar jumlah. Segala hal yang memiliki nilai yang tinggi selalu melewati proses yang panjang. Emas, berlian, roti, selalu melewati proses panjang sebelum akhirnya menjadi emas yang mahal, berlian yang mahal dan roti yang enak. Tuhan tidak hanya sekedar ingin hidup kita di berkati tetapi sekaligus juga memberkati hidup orang lain. Tidak sekedar diberkati tapi juga diberkati secara berlimpah limpah.

Untuk terjadi mukjizat (perkenanan Tuhan) diperlukan kerja team. TEAM : Together Everybody Accomplish Much/More. Ketika setiap orang bekerja bersama sama maka akan menghasilkan lebih. Dalam team, satu dengan yang lain berbeda, tidak sama tetapi saling menolong, mendukung dan bergerak secara serasi, dengan tujuan yang sama: MENYENANGKAN HATI TUHAN. Dalam team diperlukan kerendahan hati. Team dalam gereja, perkawinan, diperlukan kerendahan hati, bahwa satu dengan yang lain saling membutuhkan. Setiap kita mempunyai daerah patoknya masing masing, satu dengan yang lain saling melengkapi. Dalam Team ataupun dalam rumah tangga diperlukan esensi Kasih, pengorbanan dan pengertian. Biarlah kiranya perkenanan Tuhan menjadi bagian kita semua. Tuhan Yesus memberkati berlimpah limpah!

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note