Pembentukan karakter melahirkan Kedewasaan dalam Tuhan.

November 14, 2014 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah Minggu, 09 November 2014

Pembicara : Ps.Alex Papay

1.Kedewasaan

Setiap proses dalam kehidupan itu terjadi dengan sesuatu tidak di sengaja dan tidak ada hal yang kebetulan. Pembentukan karakter membuat kita dewasa dalam Tuhan. Mari kita belajar dari Kisah keluarga Yusuf, Kej 37:3-6 dimana ada ketidakdewasaan disini dari keluarga yusuf kenapa? Karena ada pilih kasih Yakub terhadapa anak-anaknya sehingga melahirkan ketidakdewasaan seperti :
1.pilih kasih 3
2. timbul iri hati 5.11
3.timbul kebencian 5
4. salah mengerti    8
5. kata kata pedas    19
6. niat jahat dan melakukannya 20
suatu pesan untuk kita orang tua untuk tidak pilih kasih dengan anak anak kita, begitupun juga dalam pelayanan jika ada pilih kasih terjadi antara gembala dengan pengerja, meski dalam gerejapun bisa timbul kejahatan lainnya.Tapi Ketidakdewasaan keluarga Yusufpun terjadi untuk mendewasakan Yusuf.

 

2. Keluar dari zona nyaman Kej 37:24

kenyamaman adalah musuh dalam selimut. hati manusia siapa yang tahu ? kita lihat beberapa orang ketika waktu sudah nyaman banyak yang malah tertidur karena tidak ada passion lagi untuk bergerak. Dalam kenyamanan ini Allah menarik Yusuf ke dalam sumur yang dalam, ditarik dari zona nyaman dimana ia hidup berkelimpahan bersama Bapaknya Yakub Tuhan memisahkan Yusuf dari kekuarga dan jauh dari rumahnya untuk mendewasakan dia. Yang paling bahaya dari nyaman adalah rasa puas, tidak ingin bertumbuh tidak ada perjuangan untuk mencapai perkara yang tinggi lagi. Tuhan mengijinkan Yusuf pergi seorang diri. kalau anda ada dalam proses ini seperti yusuf  berada dalam sumur yang dalam seorang diri, maka kitapun hanya bisa melihat keatas jangan melihat ke kanan kiri, bayangkan Tuhan ijinkan Yusuf sendiri didalam sumur kanan kiri tembok tidak dapat memberikan jalan keluar, selalu lihat ke atas, pandang pertolongan Tuhan saja yang tidak pernah meniggalkan kita semdiri.

 

3. Kerendahan hati Kej 39:1-6
Alkitab mengatakan karakter yusuf manis dan penampilannya manis.
- karakter hamba : pembentukan karakter agar kita keluar dari zona nyaman ke dalam zona komitmen sehingga melahirkan kerendahan hati. Yusuf anak manja biasa perintah sekarang diperintah, ini sangat menarik. Yusuf belajar rendah hati, ia dijual dijadikan budak harga dia adalah pelayan, harga diri kita apa saudara? harga bos? harga pelayan? biarlah kita memiliki hati yamg melayani. pembentukan melahirkan sikap rendah hati yang merupakan sikap Allah yang kita tahu lahir dikandang domba penuh kesederhanaan, semakin kita tidak rendah hati maka makin berat prosesnya, kita perlu menundukan diri sampai kita punya mentalitas seorang hamba maka kuasa Allah dan promosi Allah nyata dan kita makin dikasihi sesama kita. orang rendah hati pasti disukain Tuhan dan semua orang sekitar kita.

4.Integritas  Kej 39:8-9
Waktu karakter indah ada aura karismatik tapi hati-hati jangan jatuh seperti istri potifar.Ia memiliki segalanya, kecantikan ada, Harta ada, kekuasaan juga ada tapi ia menyalahgunakannya untuk hal yang tidak benar di mata Tuhan. Yusuf berkata dia tidak mau melakukan hal tidak berkenan karena ia takut akan Tuhan dan pemimpinnya. Keputusan benar yang diambil Yusuf benar,
-kuat menghadapi cobaan 7,10
-kunci kuat menghadapi godaan 8,9,13 untuk kuat menghadapi godaan adalah ingat perjuangan kita dulu, kebaikan Tuhan dalam perjuangan  untuk mencapai itu semua itu tidak mudah sehinggat kita kuat, ingat tuhan supaya tidak melakukan kejahatan itu.
-mengingat kebaikan Tuhan dan pemimpinnya.
-lari dari dosa
-siap menghadapi fitnah dan gosip,berintegritas siap menghadapi cobaan dan fitnah. banyak orang stress jika sudah terkena gosip, kenapa karena terlalu mengasihi diri sendiri, jangan takut, jangan stress hanya karena kita di fitnah dan digosipin, mungkin hari ini ada hal-hal negatif terjadi, percayalah biarkan kebenaran membela dirinya sendiri,kalaupun salah jangan dibenar-benain untuk kepenitngan diri sendiri, kebenaran tidak perlu dibela karena ia akan membela dirinya sendiri. Yusuf disertai Tuhan musuhnya dikalahkan karena integritas yang telah ia lakukan. Yusuf menerima satu keadaan dimana ia tidak melakukam kesalahan tapi integritas membuat kita mampu bersyukur, semua dijijnkan untuk kita berharap pada Dia.

-siap menghadapi marah

 

5.WAKTU Kej 39:20
-Penantian janji Allah  20
-Penyertaan Tuhan dan kasih dari pemimpin 21,23
-Tanggung jawab kecil 21,23
segala sesuatu ada waktunya  , jangan takut disaat kita menanti ada penyertaan Tuhan dan orang-orang yang meghasihi kita.  Biarlah dalam penantian itu kita belajar dari mengerjakan perkara-perkara kecil seperti Daud belajar dari menggembalakan domba 2,3 ekor sehingga ia mempertaruhkan nyawanya melawan binatang buas yang mau memangsa domba 2,3 ekor itu begitupun juga kita mari kerjakan apa yang ada dengan penuh tanggung jawab dalam penantian janji Allah ini.


6. Ketajaman talenta Kej 40:8

ketika kita down kadang kita tidak biasa buat apa apa harusnya ketika kita dalam proses kita mempertajam diri kita sama seperi Yusuf mempertajam dirinya ditengah situasi tidak memungkinkan. tantangan adalah sebuah kesempatan. Goliat adalah kesempatan, masalah yang terjadi adalah kesempatan baik untuk kita mempertajam talenta kita.

-keahlian Yusuf dalam penjara. menterjemahkan mimpi (9-13)
Jangan melihat kesulitannya, tapi melihat kesempatan karena ada berkat dibalik tantangan    ketajaman talenta bukan dari kepintaran kita. tali lebih dari itu adalah hikmat lebih dari apa yamg pernah kita pikirkan waktu kita dibentuk ada ketajaman hikmat turun dari Tuhan.  jangan tertipu keadaan, hidup kita bukan ditentukan keadaan tapi firman Tuhan yang menjadi garansi buat hidup kita. kalau tidak diproses maka kesempatannya berhenti.

-promosi Kej 41:43

-perdana mentri 43
-keunggulan karakter 50:20
mimpi indah yusuf berada dalam penjara. Narapidana kira semakin mendekati mimpinya atau sebaliknya? ditempat yang terbalik secara manusia makin jauh tapi dihadapan Tuhan ini makin dekat waktunya. ubah cara pikir kita dengan cara Tuhan, makin nampaknya tidak mungkin itu tandanya kita makin dekat dengan rencana Allah. Kej 50:20.  kita diberkati untu memberkati, Amin.

 

 

 

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note