2 Keputusan yang harus kita buat!

January 30, 2015 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah Minggu 25 Januari 2015

Pembicara : Ps. Adiputra Harsani

2 hal yang sangat sederhana tapi tidak mudah di lakukan bagi orang yang tidak sungguh hidup dalam kasih Tuhan tidak dapat berbuat keputusan. Di tahun 2015 kita percaya merupakan tahun pelipatgandaan mujijat, begitupun juga dengan goncangannya yang berlipat ganda. Kita perlu tahu bahwa goncangan ada bukan untuk di tengking tapi di hadapi, hanya satu yang tidak dapat tergoncang yaitu kerajaan Allah dan isinya. 2 Tim 3:1 Anak Tuhan harusnya tidak terjerat dengan kondisi yang terjadi, tapi jika tidak bergaul dengan firman, Ia tidak tahu dan tidak mengerti dan mereka menyerah karena tidak memahami Firman Tuhan itu bukan sebuah kejahatan, kita harus mulai prepare hidup kita untuk menghadapi apa yang Tuhan nubuatkan. Sebab dibalik goncangan ada mujijat. Apa kaitannya dengan kita membuat keputusan ? Apapun yang sudah terjadi kesulitan seperti apapun kita mesti mengambil keputusan, justru di situasi ini keputusan menjadi penting.

  1. 1. Tetap Punya Semangat dalam hidup.

Dalam KBBI semangat adalah kemauan dan gairah, yang paling bahaya jika tidak memiliki. Kenapa ? Amsal 18:14 orang yang punya kemauan dapat menanggung penderitaannya, Tetapi siapa yang akan memulihkan orang tidak ada kemauan?

Ayub 17:1 mengatakan orang yang patah semangat dekat dengan kematian, saudara perlu semangat untuk mengalami pelipatgandaan mujijat, saudara perlu memiliki kemauan untuk mengalaminya. Orang-orang yang semangat adalah orang-orang yang hidupnya dipenuhi dengan bersungut-sungut. Waktu kita bersungut-sungut kita sudah menghina Tuhan, lihat Bilangan 14:1-2 ; 11-12, bersungut-sungut berarti kita sudah menista, menghina Tuhan , merendahkan Tuhan. Tuhan bicara kepada Musa berapa lama lagi bangsa ini menista Aku? Betapa bahayanya itu, tapi jika kita masih hidup saat ini bukan berarti Tuhan tidak pernah tersinggung dengan sungut-sungut saudara, 1 Kor 10:10-11 peringatan bagi kita supaya tidak mencontoh perbuatan orang Israel,  bukankah ketika kita sampai hari ini bisa duduk disini dan dapat beribadah itu mujijat? Orang yang punya kemauan bukan orang yang suka bersungut-sungut.

Kita harus perlu belajar dari wanita pendarahan 12 tahun ia berani bertindak, Markus 5:20-26 ingat setan mencoba menghilangkan iman daya mematahkan semangat. Perlu kita tahu keadaan wanita itu semakin memburuk, tidak mudah bagi orang yang sedang pendarahan untuk bebas bergerak. Lalu bagaimana dia bisa ada dibelakang Yesus? Jika dia tidak memiliki kemauan bagaimana dia bisa mengalami mujijat? orang-orang banyak tidak peduli dengan perempuan itu, tapi karena dia memiliki semangat untuk mengambil keputusan untuk melangkah, menerobos Yesus dan menjamah jubah Yesus ia melakukan sampai mujijat terjadi.

  1. 2. Jangan menyerah terhadap kondisi.

Putus asa dan ketakutan, membuat banyak orang hidup dengan ketakutan , tapi kita tetap harus punya semangat dalam hidup kita , kenapa? 1 Kor 10:13 mencatat :

  • Karena itu pencobaan biasa, kenapa banyak kita mengira itu pencobaan luar biasa? Padahal Tuhan membuat itu biasa, kita yang membuat itu menjadi luar biasa, karena sering kali kita tidak nyambung sama Tuhan sebab Allah setia, kalau kita tahu ini kita sering jadi pemenang.
  • Tuhan tidak mengijinkan itu melampaui kekuatan kita.
  • Ia akan memberi jalan keluar.

Mazmur 37:5 ini kuncinya sama seperti seorang petani mengangkut barang berat lalu ketemu dengan truk, lalu diajak untuk ikut naik dalam truk tapi di dalam truk petani ini tetap mengangkat bebannya, harusnya kan taruh saja bebannya itu tidak perlu dipikul lagi. Jangan menyerah saudara karena kita punya Tuhan yang bertanggung jawab penuh atas hidup kita Ibrani 13:5 karena Tuhan tidak pernah tinggalkan kita dia sangan memperdulikan kita lebih dari kita memperdulikan diri kita sendiri.

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note