Tuhan jalan keluar bagi persoalan anda!

March 27, 2015 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah Minggu 22 Maret 2015

Pembicara : Ps. Kriengsak

2 Tawarikh 20 : 1-2
Firman Allah mengatakan ada pasukan besar membuat rakyat Yehuda ketakutan, masalah besar datang  tapi yehuda punya sumber daya manusia yang sedikit. Kita pernah mengalami hal ini, masalah besar tapi kemampuan kita sedikit. Dalam Firman Allah dikatakan Yosafat berdoa dan ia menyampaikan 3 pertanyaan dalam doanay yang kita akan plajari hari ini :

2 Tawarikh 20:5-6
1. Bukankah Engkau Tuhan Allah dlm Sorga?
2. Bukankah engkau memerintah sgnap bangsa?
3.bukankah Engkau Allah yang Berkuasa?


Ada 3 macam persoalan yang biasanya kita hadapi :
1. Sisi rohani
2. Masalah pribadi
3. Masalah bersama

Ketika mengalami masalah yang diatas kita harus lihat dari :
1. Sisi rohani nya, apa yang ingin Tuhan ajarkan
2. Lihat apa yang harus kita ubah dari diri kita sendiri
3. Lihat bagaimana harus berubahnya

Setiap ada  masalah ,kita manusia cenderung mencari jalan keluarnya sendiri, tapi saya ingin mengingatkan kita sebelum menghadapi masalah pandang dulu alam rohnya jangan lihat sistemnya tapi lihat alam rohnya. Dimensi rohnya apa? Janga langsung menuding secraa pribadi. Tanya Tuhan apa yang hendak Tuhan ajarkan untuk kita lewat masalah ini atau Tuhan sedang mau membuka apa yang iblis mau kerjakan, dengan krisi seperti ini apakah yang Tuhan mau ubah dari kita. Bagi Allah semesta alam tidak ada yang mustahil ada control Tuhan dalam segala hal karena setiap masalah yang terjadi ada rancangan Tuhan. Tuhan tahu setiap persolan kita dan Ia ijinkan masalah itu ada untuk membuat kita bertumbuh. Jangan berdoa untuk menengking masalah itu pergi karena kita akan kehilangan kesempatan untuk pertumbuhan rohani kita. Tuhan mengajarkan untuk selalu percaya pada Tuhan sebab Ia menyediakan sgala sesuatu bagi kita, untuk itu kita harus percaya betul pada Tuhan dan berjalan dalam iman percaya kita.

2 Tawarikh  20 : 7

Yosafat memperkatakan kembali pertolongan yang Tuhan lakukan di masa yang lalu :
Saat mengalami masalah kita pandang apa yang pernah Tuhan lakukan di masa lalu, mujizat yang Tuhan lakukan dalam khdupan kita,ingat-ingat setiap berkat dan mujizatnya dalam kehidupan kita. Ingat bgaimana Tuhan menolong kita. Saksikan setiap pertolongan Tuhan dalam kehidupan kita pada orang-orang  sekeliling kita.

Yosafat mengingat janji Tuhan pada Abraham

Ulangan 28 mengatakan  saat kita taat pada Tuhan, Tuhan akan memberkati kita.
semakin ada masalah semakin datang mendekat pada Tuhan dan mengingat kembali pada janji Tuhan. Seperti Yosafat dia merenungkan kembali janji Tuhan 2 Tawarikh 20 : 12 “Apakah Engkau tidak akan melakukan Tuhan? kita harus tahu Tuhan akan menghampiri hidup kita dan menepati jnajinya Ia pasti menolong kita!

Yak 1 :5-8
Kadang kita minta hikmat tapi tidak dapat jawaban, kenapa?  Karena kita mendua hati, kalau org yang mendua hati tidak bakal menrima apa-apa. Seperti kisah petrus yg mulai tenggelam saat ia brjalan diatas air, Banyak cara yang Tuhan dapat lakukan untuk menolong nya, tapi Tuhan memilih untuk mengulurkan tanganNya dan menolong petrus,, karena Tuhan mengasihi petrus..
Begitu pula untuk kita. Tuhan akan mengulurkan tanganNya memberi pertolongan pada kita. Mata kita harus tertuju pada Tuhan agar kita dapat melihat tangan Tuhan yang diulurkan bagi kita, kalau kita fokus sama yang lain dan hanya pada masalah kita maka kita tidak bs melihat tangan Nya.

2 taw 20 : 14-17
Jawaban Tuhan : peperangan ini adalah milik Tuhan, Yosafat tidak perlu melakukan apa-apa.
Itu adalah kunci kemenangan, dalam mnghadapi masalah,,kita harus yakin bahwa permalahan kita adalah milik Tuhan,, jangn memikul masalah kita sendiri,, tapi serahkan pada Tuhan.

Berdoalah seperti Yosafat di ayat 12 :
Akui kalau kita tidak mampu dan mata kita tertuju pada Tuhan menunggu dan menanti pertolongan Tuhan. Bersandar pada hati Tuhan dan berkata , Tuhan aku mau menyerah pada Tuhan, aku percaya pad Tuhan..karena peperangan ini milik Tuhan, dan saat kita berdoa Tuhan akan mengulurkan tanganNya. Ingat kita tidak bisa memegang tangan Tuhan kalau kita tidak bergantung pada Tuhan, mari biarkan Tuhan yang mengontrol hidup kita dan lihat pertolongannya, Gbu

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note