Makna dalam kebangkitan Kristus

April 9, 2015 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah Minggu, 5 April 2015

Pembicara : Pdt. Andreas Eko Nugroho

Makna dalam kebangkitan Kristus 1 Kor 15:3-4.

Secara teologis pasal ini ditujukan untuk jemaat Korintus yang pada jaman itu menganggap Kristus sudah bangkit tapi hanya sampai disitu mereka tidak percaya bahwa mereka juga akan dibangkitkan kembali bersama Kristus karena adanya pengaruh filsafat. Adanya kelompok orang-orang saduki menjadi ragi bagi orang-orang sekitar Korintus. Kis 23:8 orang-orang Saduki meracuni Iman jemaat Korintus dan sampai saat ini ajaran inipun di anut oleh saksi Yehovah. 1 Kor 15:3-4 dicatat untuk meyakinkan dan meneguhkan kembali jemaat Korintus akan adanya kebangkitan kembali dalam Kristus. Paulus dalam Korintus menceritakan kronologi kebangkitan Yesus, bahwa kubur Yesus kosong, Paulus mencatat bahwa Yesus bangkit di hadapan murid-muridnya 1 Kor 15:13-14.

  1. Jika tidak ada kebangkitan, kematian akan menguasai kita, kita semua mati, selesai dan tidak ada lagi Sia-sialah iman kita. Kebangkitannya membuktikan imanmu tidak sia-sia, kepercayaan kita pda Kristus benar dan tak salah 1 Kor 15:17-18 untuk meyakinkan semua mereka yang ragu.
  2. 1 Kor 15:20 menjadi yang terutama, Kristus menjadi yang sulung dalam kehidupan kita. Ditengah banyaknya orang yang sesat Paulus mengingat semua orang disana untuk menjadikan Yesus yang terutama.

Bagaimana caranya?

  1. Rom 6:5-10 kita harus turut mati bersama Kristus ketika kita keluar dari air saat dibabtis itu menandakan bahwa dosa kita pun ikut tenggelam bersama air dan menjadi baru bahkan hidup kita  pun harus benar semakin seperti Kristus. Hanya kita yang paling tahu apa yang harus kita ubah dari hidup kita jangan biarkan paskah lewat begitu saja, berikan hidup kita untuk Tuhan.
  2. 2  Tim 4:7 Pelihara Imanmu dalam Kristus, memelihara imanmu sampai akhir karena hidup ini seperti lari marathon ada jalan menanjak, jalan menurun, jalan buntu dan berliku-liku, kita perlu memelihara iman kita supaya kita tahu bagaimana kita dapat menjalani hidup ini dengan tujuan yang benar karena kita akan hidup bersama Kristus.
  3. Yak 2:17 Tunjukan dalam hidupmu perbuatan iman apapun yang kita lakukan , lakukan untuk Tuhan, lakukan sebagai perbuatan iman maka janji Tuhan akan menjadi milik kita,lihat orang – orang dalam alkitab yang beriman mereka di muliakan bersama Allah.
  4. Abraham diberkati karena imannya. Tuhan menyediakan segala kebutuhannya, janji Allah kepada kita, kita akan ikut memerintah bersama dengan Allah.

 

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note