About Us

Kronologis Gereja BIC Bangkok (Bethany International Church – Bangkok, Thailand).

1. Gereja BIC Bangkok bermula dari merespon visi dari GBI Pusat (Gatot Subroto Jakarta), yakni membangun “House of Prayer for All Nations” di bangsa-bangsa, maka lahirlah sebuah persekutuan anak-anak Tuhan Indonesia di Bangkok yg merindukan adanya wadah persekutuan/misi untuk Thailand di kota Bangkok. Persekutuan ini dimulai dengan berkumpulnya tujuh keluarga (Keluarga Jonas Tobing, Keluarga Soewandi Tandiawan, Keluarga Ricky Kurniawan, Keluarga Faniel Tobing, Keluarga Daniel Sundah, Keluarga Yusuf Koerniawan dan Keluarga John Pelupessy) pada awal Februari 2001 yang berawal di Apartemen Insaf Tower, Sukhumvit Soi 13 lantai 9B (Rumah Keluarga Jonas Tobing) dan diadakan setiap hari Jumat.
Persekutuan ini dibawah koordinasi Ibu Agung T. Kartika Tobing dan di bawah naungan Gereja Bethany Church Singapore (BCS) yang digembalakan oleh Pdt. Djohan Handojo yang juga adalah World Mission Director serta Wakil Gembala Bidang Kerasulan Luar Negeri dari GBI Gatot Subroto yg dipimpin oleh Pdt. Dr. Niko Njotorahardjo.
Persekutuan ini mulai bertumbuh dan menampung Warga Negara Indonesia yang beragama Kristen dan tinggal di Bangkok dan sekitarnya yang belum memiliki gereja lokal untuk mereka bertumbuh dan melayani. Karena kebutuhan makanan rohani yang sangat diperlukan maka diputuskan utk selain hari Jumat (Persekutuan), maka diadakan pula ibadah pada hari Minggu untuk keluarga dan anak-anak. Mulai bertambahlah jumlah jemaat dengan jemaat-jemaat baru yang dibaptis oleh Pdt. Djohan Handojo dan para hamba Tuhan yg melayani di Bangkok.
Setelah beberapa bulan berjalan, makin banyak orang Indonesia berkumpul akhirnya menjadi 15 keluarga atau sekitar 35 jemaat. Segera persiapan-persiapan serta pelatihan dan pembentukan pelayan Tuhan sebagai sebuah Mission church dimulai. Selama persekutuan ini berlangsung Pdt. Djohan Handojo mengirim utusan misi dari Bethany Church Singapore yaitu Pdp. Paul Rahardjo untuk membantu misi penggembalaan jemaat di Bangkok.

2. Di tempat ini persekutuan ini berubah menjadi Gereja seiring bertambahnya jemaat Indonesia yang ikut bersekutu. Dan segera Pdt. Djohan Handojo bersama Bpk. Soewandi Tandiawan menghubungi seorang gembala senior gereja lokal Thai di Bangkok yaitu Bangkok Evangelistic Church di bawah Pimpinan Pastor Dr. Wirachai Kowae utk menjadi pelindung/menaungi gereja/jemaat Indonesia yg baru dibentuk. Lahirlah nama Gereja Bethany International Church Bangkok atau lebih dikenal BIC Bangkok secara legal dan resmi berassosiasi dengan Bangkok Evangelistic Church.

3. Setelah berselang setahun dan ruang persekutuan dirasakan tidak mencukupi maka diputuskan untuk pindah tempat ibadah yaitu di Grand Pacific Hotel di Sukhumvit Soi 19 (Sekarang menjadi Westin Hotel) dengan jemaat sekitar 50 jemaat dan Bpk. Jonas Tobing ditunjuk oleh Pdt. Djohan Handojo sebagai Koordinator Gereja BIC Bangkok.

4. Pada bulan Februari 2002 Gereja BIC Bangkok pindah tempat ke Novotel Hotel Siam Square karena Grand Pacific Hotel dibeli oleh Westin Hotel dan harus direnovasi sehingga harus pindah kebaktian.

5. Pada bulan Desember 2003 masa tugas Bpk. Jonas Tobing beserta Ibu Agung T. Kartika di KBRI Bangkok sudah selesai dan kembali ke Indonesia. Pdt. Djohan Handojo kemudian menunjuk Bpk. Daniel Sundah dan Bpk. Soewandi Tandiawan sebagai Koordinator Gereja BIC Bangkok yang baru dan diangkat 2 Penatua yakni Bpk. Ricky Kurniawan dan Bpk. Faniel Tobing.

6. Kemudian tahun 2006 Gereja BIC Bangkok pindah ke Pathumwan Princess Hotel sampai Januari 2010. Di tahun 2008 Bpk. Daniel Sundah pindah ke Shanghai dan Pdt. Djohan Handojo meminta Bpk. Soewandi Tandiawan menjadi Koordinator Gereja BIC Bangkok didampingi oleh 2 Penatua.

7. Seiring dengan perkembangan misi penjangkauan orang-orang Thailand dan perkembangan jemaat yang mixed married (Indonesia dan Thai), maka pada bulan Mei 2011 Pdt. Djohan Handojo mengangkat/mentahbiskan Bpk. Soewandi Tandiawan menjadi Wakil Gembala BIC Bangkok sampai sekarang. Gereja dan penatalayanannya terdiri dari Gembala, Wakil Gembala, Penatua, Team Keuangan, Team Sekretariat Gereja, Team Leaders di Cool dan Departemen Pelayanan, dan pengurus-pengurus serta pelayan Tuhan untuk pelayanan jemaat baik untuk Ibadah Raya, kaum pria (Godlymen), kaum wanita (WwW – Women who Worship), kaum muda (G4C – Generation for Christ), anak-anak sekolah minggu dan remaja (Kids Army for Jesus), doa puasa, praise and worship / music, intercessory prayer / menara doa, creative ministry, doa puasa sabtu dan Cool (Community of Love) / sel grup gereja di berbagai wilayah Bangkok baik untuk grup bahasa Indonesia maupun grup bahasa Thai serta misi dan diakonia (benevolence and care).

8. Setelah berpindah di beberapa tempat Ibadah maka BIC Bangkok saat ini telah menetap di gedung Office and Plaza Trendy, lantai 10, ruang 10/118 di Sukhumvit soi 13 Bangkok, dengan Pdt. Djohan Handojo Mth, Dpm sebagai Gembala dan Pdp. Soewandi Tandiawan sebagai Wakil/Deputy Gembala.

Selama perjalanan BIC Bangkok ada beberapa Misionaris dan Pendeta Misi yang telah melayani dan ditugaskan di BIC Bangkok sbb:
1. Tahun 2001 – 2002, Pdp. Paul Rahardjo
2. Tahun 2002 – 2003, Pdp. Riswianto Nugroho
3. Tahun 2003 – 2005, Pdm. Alex Papay Djuang
4. Tahun 2005 – 2009, Pdm. Olga Pesta Siahaan
5. Tahun 2009 – 2010, Pdp. Robert Chandradinata
6. Tahun 2010 – 2011, Pdm. Dedy Santoso

Visi BIC Bangkok:
Raise up disciples of Jesus Christ
Reach out communities, cities and nations
Impacting with Kingdom of God

BIC Bangkok Thailand
House of Prayer for All Nations
(A Praying, Worshipping, Witnessing and Serving Church)