Kita diciptakan untuk suatu hubungan kasih : Mei (week 4), 2011

May 19, 2011 - Author: admin - Comments are closed

PENDAHULUAN

Kabar baiknya adalah kita diciptakan untuk sebuah hubungan kasih dengan Tuhan. KasihNya kepada kita tidak pernah
berubah. Ia mengambil inisiatif untuk membawa Anda ke dalam hubungan ini. Ia menciptakan Anda untuk sebuah
persekutuan dengan diriNya sendiri. Hubungan kasih ini dapat dan seharusnya menjadi nyata dan pribadi bagi Anda.

Suatu hari seorang anak laki-laki menangis dan berkata kepada orangtuanya, “Papa & mama tidak mengasihi aku lagi.”
Hal ini terjadi ketika ia tidak mendapatkan keinginannya. Tentu saja pada saat itu orangtuanya masih mengasihi sang
anak.

Kadang-kadang kita berpikir bahwa Tuhan tidak mengasihi kita lagi ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan atau ketika kasih Tuhan diekspresikan secara berbeda dari apa yang kita inginkan. Hal ini tidak benar. Tidak peduli keadaan Anda, kasih Tuhan tidak pernah berubah. Salib, kematian Yesus Kristus, dan kebangkitanNya adalah ekspresi Tuhan yang lengkap, utuh, dan total yang mengatakan bahwa Ia mengasihi Anda. Setiap perjumpaan yang Ia miliki bersama Anda adalah ungkapan kasihNya kepada Anda.

Hidup kita tergantung kepada kualitas hubungan kasih kita dengan Tuhan. Ketika kita memiliki sebuah hubungan kasih dengan Tuhan dan ketika kita mengetahui hatiNya dan berdiam di dalam kehendakNya, maka Tuhan dapat bekerja melalui kita seperti yang Ia kehendaki.

PEMBAHASAN

Dengan segenap hati

Apakah Anda dapat mendeskripsikan hubungan Anda dengan Tuhan dengan berkata secara tulus, “Aku mengasihi Tuhan dengan segenap hatiku?”

Kita mungkin berkata bahwa kita menaati Dia, kita melayani Dia, kita menyembah Dia dan takut akan Dia. Tetapi beberapa dari Anda tidak dapat berkata bahwa Anda mengasihi Dia.

Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. (Matius 22:37-38)

Jika Anda tidak dapat mendeskripsikan hubungan Anda dengan Tuhan dengan berkata bahwa Anda mengasihi Dia dengan seluruh keberadaan Anda, Anda perlu meminta Roh Kudus untuk membawa Anda ke dalam sebuah hubungan kasih yang sepenuh hati bersama Tuhan.

Merenungkan firman Tuhan yang mendeskripsikan hubungan kasihNya

Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka. (Ulangan 30:19-20)

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia [bahkan] telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya [melekat, bergantung] kepada-Nya tidak binasa [dihancurkan, terhilang], melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang [benar-benar] mengasihi Aku. Dan barangsiapa [benar-benar] mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya. [Aku akan membiarkan diriKu terlihat olehnya dan Aku akan membuat diriKu menjadi nyata baginya.] (Yohanes 14:21)

Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan." Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. (Roma 8:35-39)

Demikianlah kita ketahui [semakin mengenal, melihat, mengerti] kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk [mereka yang merupakan] saudara-saudara kita [di dalam Dia]. (1 Yohanes 3:16)

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan [ditunjukkan] di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus AnakNya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian [korban tebusan] bagi dosa-dosa kita. Kita mengasihi [Dia], karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. (1 Yohanes 4:9-10,19)

Menyisihkan waktu di dalam doa untuk mengekspresikan kasih kita kepada Tuhan

Pujilah Tuhan untuk kebaikanNya. Berterimakasihlah kepada hal-hal di mana Ia menunjukkan kasihNya kepada Anda. Sebutkan secara spesifik apa yang telah Tuhan lakukan.

Segala hal di dalam hidup Anda, segala sesuatu tentang apa yang Anda tahu dan alami dengan Tuhan, dan segala sesuatu tentang mengenal kehendakNya bergantung kepada kualitas hubungan kasih Anda dengan Tuhan. Jika hal ini tidak diselesaikan, maka tidak ada satu pun dalam kehidupan Anda yang akan berjalan dengan benar.

Sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku [dan melakukan bagiannya bersamasama denganku]." Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara. (Lukas 10:40-41)

Kita mungkin terlalu banyak melakukan sesuatu untuk mendapatkan kasihNya. Hal ini terjadi pada Martha yang karena terlalu sibuk melayani Yesus menjadi lupa untuk duduk di kakiNya dan mendengarkan pengajaranNya.

BAHAN DISKUSI

1. Bagikan dengan anggota COOL bagaimana Anda mendeskripsikan hubungan Anda dengan Tuhan.

2. Sisihkan waktu untuk berdoa bersama dan mintalah Roh Kudus untuk membawa Anda ke dalam sebuah
hubungan kasih yang sepenuh hati bersama dengan Tuhan.

 

5 artikel terakhir oleh admin

Categories: Artikel & Tips