PELIPATGANDAAN dan KELIMPAHAN

February 27, 2015 - Author: nelly - Comments are closed

Cool Gabungan Jumat,27 Februari 2015

Pdt. Harry Setiono

Yeremia 30:19
Nyanyian syukur akan terdengar dari antara mereka, juga suara orang yang bersukaria. Aku akan membuat mereka banyak dan mereka tidak akan berkurang lagi; Aku akan membuat mereka dipermuliakan dan mereka tidak akan dihina lagi.

Saat ini kita memasuki musim yang sangat istimewa yaitu musim dimana akan terjadi pelipatgandaan dan kelimpahan dari benih benih yang kita tabur, karena kedatangan Tuhan sudah tidak lama lagi dan sebelum kedatangannya maka ada musim Harvest yaitu penuaian jiwa-jiwa dan itu membutuhkan dana yang tidak sedikit juga maka Tuhan menjanjikan pelipatgandaan dan kelimpahan untuk kita

5 Kunci Pelipatgandaan Kelimpahan :

1. Bersyukur buat sedikit yang Tuhan percayakan

Markus 6:41-44
41  Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.
42  Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.
43  Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan.
44  Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.

Firman Tuhan mencatat ada 5000 orang laki-laki tidak termasuk istri dan anak-anak mereka, mungkin  bisa 10.000-20.000 orang  yang diberi makan dengan 5 roti dan 2. Ikan Logikanya tidak cukup, apa yang Tuhan Yesus lakukan ? diangkatnya 5 roti dan 2 ikan tersebut   Yesus menengadah ke langit mengucap syukur dan mujizat terjadi. Bersyukurlah dengan 5 roti dan 2 ikan yang ada pada kita secara logika tidak sesuai dengan harapan kita, bersyukurlah dengan seberapapun yang Tuhan percayakan dan Tuhan sanggup melipatgandakannya

2. Jangan berdiam pada kesulitan dan kegagalan masa lalu

Yohanes 21:3-6
3  Kata Simon Petrus kepada mereka: “Aku pergi menangkap ikan.” Kata mereka kepadanya: “Kami pergi juga dengan engkau.” Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa.
4  Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
5  Kata Yesus kepada mereka: “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?” Jawab mereka: “Tidak ada.”
6  Maka kata Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.

Petrus dan teman-temannya adalah nelayan dan mereka tau waktu yang baik untuk menangkap ikan adalah malam hari, kalau malam hari tidak dapat ikan maka logikanya pagi harinya maka tidak akan ada ikan, malam itu Petrus semalaman tidak mendapat ikan dan ketika Tuhan Yesus dipantai mereka tidak mengenaliNya, kalau mereka kenal Yesus mereka tentu tau bahwa Yesus pasti sanggup melakukan mujizat tapi saat itu mereka tidak mengenaliNya dan orang yang tidak mereka kenali ini menyuruh mereka menebarkan jala dan mereka taat, mereka tidak berdiam dalam kesulitan dan kegagalan masa lalu. Tuhan dapat memberkati kita secara kelimpahan jadi jangan berdiam dan ubah mindset kita Tuhan sendiri  mengatakan Aku datang untuk membawa hidup dan hidup yang berkelimpahan

3. Ikuti instruksi Tuhan yang spesifik

Yohanes 21:6   Maka kata Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.

Logikanya kalau daerah itu penuh ikan tentu tidak peduli menebar jala kekanan atau kekiri pasti dapat ikan, tetapi murid-murid taat dengan instruksi yang Tuhan berikan. Allah yang kita sembah pasti memberikan instruksi yang spesifik untuk kita lakukan , dengarkan suara Tuhan dengan jelas

Yeremia 33:3  Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Dalam musim kelimpahan ini Tuhan ingin memberikan instruksi hal-hal yang besar dan tak terpahami tetapi dengan syarat berserulah kepadaKu,bukan berdoa tetapi berseru,  berseru bicara tentang kehidupan doa yang radikal, banyak masuk dalam menara doa bukan berdoa dengan menyodorkan list kepada Tuhan tapi punya kehidupan doa yang radikal, disiplinkan diri kita untuk mulai berdoa

4. Tetap menabur

2 Korintus 9:6-10
6  Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.
7  Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.
8  Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
9  Seperti ada tertulis: “Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya.”
10  Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;

Ada hukum tabur tuai, orang yang menabur sedikit akan menuai sedikit dan orang yang menabur banyak akan menuai banyak juga. Tetaplah menabur  jangan karena taburan kita disalahgunakan kita tidak menabur lagi , Jangan karena kesalahan orang membuat kita tidak mengalami kelimpahan. Tuhan sediakan benih dan roti, roti untuk dimakan benih untuk ditabur. Banyak orang percaya tidak mengerti berkat yang seharusnya benih dimakan juga,sehingga mereka tidak mengalami berkat Tuhan. Bertanyalah selalu kepada Tuhan untuk setiap berkat yang Tuhan berikan apakah itu benih untuk ditabur atau roti untuk dimakan dan dinikmati. Menaburlah ditanah yang subur yaitu ditempat dimana engkau bertubuh rohanimu. Di saat kita kelimpahan, terasa mudah untuk menabur tetapi pada saat kekurangan, apakah kita masih mau menabur bila Allah memerintahkan kita untuk menabur?

5. Duduk di meja hidangan Tuhan

Mazmur 23:5  Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

5  You prepare a table before me in the presence of my enemies. You anoint my head with oil; my cup overflows  (NIV).

Meja hidangan Tuhan berbicara tentang face to face. Kelimpahan di luar face to face dengan Tuhan berbahaya menyebabkan kita menjadi sombong. Mari kita selalu dekat dengan Tuhan duduk sehidangan dengan Dia, face to face dengan Tuhan sehingga kita tahu dan melakukan segala kerinduanNya dan menjadi berkat juga buat sekitar kita. Ketika kita face to face dengan Tuhan, kita akan mengalami betapa panjang, tinggi dan dalamNya kasihNya bagi kita, kita akan terus naik dan tidak akan pernah turun

Tuhan memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note