MAKSIMAL BERSAMA DENGAN ROH KUDUS

May 29, 2015 - Author: nelly - Comments are closed

Cool Gabungan Jumat 29 Mei 2015

Pdt. Gideon Rusli

Kisah Para Rasul 4:7-14
7  Lalu Petrus dan Yohanes dihadapkan kepada sidang itu dan mulai diperiksa dengan pertanyaan ini: “Dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian itu?”
8  Maka jawab Petrus, penuh dengan Roh Kudus: “Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua,
9  jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan,
10  maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati  —  bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.
11  Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan  —  yaitu kamu sendiri  — , namun ia telah menjadi batu penjuru.
12  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”
13  Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
14  Tetapi karena mereka melihat orang yang disembuhkan itu berdiri di samping kedua rasul itu, mereka tidak dapat mengatakan apa-apa untuk membantahnya.

Petrus dan Yohanes sedang berada dalam sidang di Yerusalem, dalam ayat 13 mereka menjadi berani  dan penuh hikmat, padahal sebelumnya kita mengetahui bahwa Petrus dan Yohanes penuh ketakutan ketika Yesus ditangkap di taman Getsemani . Petrus dan Yohanes berubah karena penuh dengan Roh Kudus. Point pertama  Roh Kudus mengubah hidup kita jadi maksimal. Latar belakang kisah ini adalah Petrus dan Yohanes sedang menuju Rumah Allah lewat gerbang indah dan melihat pengemis dan menyembuhkannya , hari itu segala sesuatunya berubah sejak mereka dipenuhi  Roh Kudus, Roh Kudus ubahkan yang biasa jadi tidak biasa, sesuatu yang maksimal terjadi.

Apa saja yang Roh Kudus ubahkan :

1. Temperamen kita

Kisah Para Rasul 4:13 Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
Petrus dan Yohanes dulunya penakut menjadi berani, ketika dihadapkan dalam sidang mereka menjawab tidak penuh ketakutan tetapi mereka menjawab dengan penuh keberanian

Temperamen adalah sifat batin yang tetap yang mempengaruhi perbuatan, perasaan dan pikiran kita (periang ,penyedih) dominan-kolerik, intim-sanguin, stabil-melankolik, cermat- plegmatik. Menurut psikologi populer dunia sifat ini tidak bisa diubah tapi dengan Roh Kudus temperamen kita bisa diubahkan dengan maksimal. Roh Kudus menghasilkan buah-buah roh untuk ubahkan temperamen kita.

Galatia 5:22-23
22  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
23  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Kunci temperamen kita  bisa diubahkan adalah ketika kita hidup dengan Roh Kudus dan dipimpin Roh Kudus . Kalau kita bekerjasama dengan Roh Kudus temperamen kita diubahkan bahkan hidup kita dimaksimalkan oleh Tuhan menyelesaikan setiap rencanaNya dalam hidup kita.

2. Hikmat kita

Kisah Para Rasul 4:13 Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
Petrus dan Yohanes orang biasa yang tidak terpelar , dihadapan mahkamah agama mereka dianggap idiot orang yang tidak pintar namun saat itu bisa bicara tegas, tajam dan sistematis, mereka dengan berani mengatakan “Yesus itulah yang kamu salibkan” (9)  jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan,
10  maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati  —  bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu

Roh Kudus siap memberi hikmat

Lukas 12:11-12
11  Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu.
12  Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”

Yesus sendiri menjanjikan ketika mereka menghadapi situasi yang tidak mudah, susah atau ketika  mereka harus memberi jawaban maka ada Roh Kudus yang siap memberi hikmat buat mereka

Hikmat Roh Kudus memaksimalkan mereka, hikmat untuk keluarga, pekerjaan, kesehatan, kerohanian, keuangan, intelektual kita, sehingga kita dimaksimalkan dalam hidup kita

Yakobus 1:5  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah,  —  yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit  — , maka hal itu akan diberikan kepadanya.

3. Pelayanan kita

Kisah Para Rasul 3:6-7
6  Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!”
7  Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.

Roh Kudus mengubahkan Petrus dan Yohanes dalam pelayanan mereka, Petrus dan Yohanes mulai memanifestasikan  dan menunjukkan mujizat secara nyata dalam hidup mereka , dulu mereka terbatas dalam kuasa dalam  Matius 17:14-18 mereka gagal melepaskan roh jahat dari seorang anak yang sakit ayan tapi sejak penuh dengan Roh Kudus pelayanan mereka diubahkan

14  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,
15  katanya: “Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air.
16  Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya.”
17  Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!”
18  Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga
.

Kehadiran Roh Kudus memaksimalkan pelayanan kita lewat karunia Roh Kudus 1 Korintus 12:8-10

8  Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
9  Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
10  Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

terkadang diri kita sendiri yang  membatasi karunia Roh Kudus, jika kita mengijinkan Roh Kudus berkarya maksimal maka karunia Roh akan limpah dalam hidup kita dan pelayanan kita diubahkan

4. Destiny, takdir, nasib, jalan hidup kita

Petrus dan Yohanes dari seorang nelayan diubah menjadi pelayan Tuhan. Hidup jemaat di  kota  Korintus diubahkan Tuhan. Roh Kudus ubahkan destiny (nasib,takdir) kita untuk memuliakan Tuhan

1 Korintus 1:26-29
26  Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
27  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
28  dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
29  supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah.

Roh Kudus ubahkan destiny jemaat di Korintus yang dulunya tidak banyak orang bijak,berpengaruh dan terpandang, maka sekarang banyak orang bijak, banyak orang berpengaruh dan banyak orang terpandang. Jemaat Korintus diubahkan karena pekerjaan Roh Kudus, di korintuslah rasul Paulus mengajarkan tentang bahasa Roh dan karunia-karunia Roh Kudus, dan mereka biasa praktek melakukan karunia-karunia Roh Kudus itu sehingga hidup lama mereka diubahkan.

Tuhan Yesus memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note