PENCIPTAAN MANUSIA

April 3, 2009 - Author: ricky - Comments are closed

Sumber : Pesta

Tuhan adalah Pencipta Manusia

Keberadaan manusia di atas bumi ini bukanlah muncul dengan sendirinya atau hasil proses evolusi dari binatang.

Dengan tegas Alkitab baik di PL maupun PB mengatakan bahwa Tuhan sendirilah yang menciptakannya yaitu :

- Perjanjian Lama : Kej 1:26,27 “Berfirmanlah Tuhan : baiklah Kita menjadikan manusia……. Maka Allah menciptakan manusia itu ……”

- Perjanjian Baru : Markus 10:6 “Yesus berkata, sebab pada awal dunia, Tuhan menjadikan mereka laki-laki dan perempuan”

Bagaimana Tuhan Menciptakan Manusia ?

Alkitab melaporkan bahwa manusia diciptakan Tuhan pada hari ke enam dari seluruh rangkaian penciptaan yang ada.

Manusia itu diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kej 1:26-31 “Maka Tuhan menciptakan manusia itu menurut gambarNYA menurut gambar Tuhan diciptakanNYA dia:…..itulah hari keenam”).

Apa artinya manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah? Diciptakan menurut gambar dan rupa Allah berarti adanya unsur- unsur tertentu yang Allah ciptakan di dalam diri manusia yang menyebabkan manusia itu menjadi makhuk mulia melebihi ciptaan Allah lainnya.

Unsur-unsur tertentu tersebut misalnya adalah pikiran, spiritualitas dan lain-lain yang menyebabkan manusia bisa berpikir, memiliki hikmat, mengasihi, bersekutu dengan Tuhan dan lain-lain.

Namun demikian walaupun manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, perlu diingat bahwa terdapat perbedaan kualitas antara ciptaan dan Penciptanya.

Bagaimanakah manusia pertama itu diciptakan ?

Ia diciptakan dari tanah, lalu Allah menghembuskan nafas-Nya ke dalam hidung (Kej 2:7 "Kemudian Tuhan Allah mengambil sedikit tanah, membentuknya menjadi seorang manusia, lalu menghembuskan nafas yang memberikan hidup ke dalam lobang hidungnya").

Manusia pertama yang diciptakan-Nya itu bernama Adam. Setelah menciptakan Adam, Tuhan memandang tidak baik jika Adam sendirian, maka diciptakan-Nya-lah seorang penolong yang sepadan dengan Adam.

Bagaimana penolong Adam itu diciptakan? Ketika Tuhan membuat Adam tidur nyenyak. Tuhan mengambil salah satu dari rusuk Adam, kemudian menutup tempat itu dengan daging. Dari rusuk Adam itulah dibangun Allah seorang perempuan. Ia bernama Hawa (Kej 2:21-22).

 

5 artikel terakhir oleh ricky

Categories: Teaching