TAAT KEPADA KEHENDAKNYA

March 20, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

25 Februari 2009

 

Ikut Tuhan kita (Kekeristenan) itu unik, terkadang tidak masuk akal kita namun justru dalam ketidak mengertian kita (keterbatasan kita) Tuhan nyatakan Kuasa dan PenyertaanNYA.

Prinsip-prinsip kekeristenan kita berbeda dengan prinsip-prinsip dunia, beberapa contoh :

  • Dunia katakan lihat dulu baru percaya
  • Kekeristenan katakan percaya dulu baru melihat
  • Dunia katakan percayalah pada diri sendiri supaya berhasil
  • Kekeristenan mengatakan percayalah pada Tuhan supaya selamat/berhasil

Kita sebagai anak-anak Tuhan harus TAAT kepada kehendakNYA, prinsip-prinsipNYA… KETAATAN itu dapat dipelajari di 1 Petrus 5:5-11: (Baca dan renungkan)

Tuhan mengijinkan ujian dalam hidup kita? Kenapa?

Tuhan mengijinkan ujian untuk kita hadapi bukanlah untuk mempermalukan kita namun untuk mempersiapkan kita menjadi yang DIA inginkan (memenuhi rencanaNYA). Ibrani 12 : 1-3 menerangkan bahwa kita dalam perlombaan yang diwajibkan di dunia ini…dan Tuhan mau iman kita bertuju kepadaNYA supaya kita keluar jadi pemenang.

Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk jadi yang terbaik, bahwa rencana-rencanaNYA tidak pernah gagal, manusia mungkin gagal kalau tidak taat kepadaNYA contoh Saul dan kemudian digantikan oleh DAUD sedangkan hamba-hambaNYA yang lain yang berhasil dalam pemerosesanNYA antara lain seperti ayub, seperti abraham, seperti yusuf dan seterusnya.

Tuhan mau kita pada akhirnya seperti emas murni, memiliki karakterNYA dalam kita, jadi imamat yang rajani.

Tuhan kita adil, DIA tidak mau iblis ambil keuntungan dari keberadaan kita yang biasa-biasa saja. Bukankah kita sudah tahu sifat iblis pada dasarnya adalah pendakwa dan pendusta! 1 petrus 5:8 di ayat ini dikatakan bahwa iblis berkeliling seperti singa yang mengaum-ngaum supaya yang lemah dapat ditelannya…oleh karena itu dikatakan supaya kita berjaga-jaga.

Iblis suka cari kelemahan-kelemahan kita dan saat iblis menemukannya maka iblis tidak akan membuang kesempatan itu. Oleh karena itu Tuhan tidak mau kita diperdaya oleh iblis, ujian demi ujian DIA berikan kepada kita supaya kita memiliki iman yang kuat didalam DIA sehingga mampu menghadapi setiap pergumulan di dunia.

Sekali lagi Tuhan lihat kelemahan-kelemahan kita dan Tuhan tidak biarkan itu berlama-lama didalam kita. DIA, Tuhan memang memilih kita apa adanya namun DIA tidak biarkan kita terus dalam apa adanya kita. DIA mau kita semua lebih dari pemenang!

Orang-orang yang biasa menjadi luar biasa saat mereka mengikuti/taat akan kehendak Tuhan, Amsal 16:7 “Orang yang berkenan, maka musuhpun DIA damaikan”, mereka ketahui ini karena adanya keintiman diantara mereka dengan Tuhan. Keintiman ini terjadi karena mereka membangun manusia rohani mereka.

Ya Roh yang Tuhan berikan kepada mereka dan kita adalah sama, yaitu Roh Kudus. Didalam kelemahan kita, Tuhan bekerja penuh melalui Roh kudus yang ada didalam setiap kita pribadi. Kelemahan yang dimaksud disini adalah saat kita menyerahkan seluruh kehidupan kita kepadaNYA…karena kita sudah akui bahwa hanya melalui Tuhan Yesus (menurut caraNYA) kita diselamatkan.

Apapun yang hendak kita lakukan hendaklah kita bawa dalam doa dan permohonan supaya DIA turut campur dalam hidup kita. Totally surrender to HIS plans.

Orang yang lemah akan membutuhkan penolong. Tuhan adalah penolong kita, dan Roh yang DIA berikan ada dalam kita, Roh Kudus akan bekerja secara penuh jika kita percaya penuh kepada keberadaan dan kuasaNYA dalam hidup kita.

Pertanyaannya sekarang adalah apa status Roh Kudus dalam diri kita sesungguhnya?

Roh Pembimbing (Roh yang aktif) atau Roh Penunggu (Roh yang non aktif).

Kita sudah tahu bahwa sebagai orang percaya kita harus meneladani apa yang telah Tuhan Yesus lakukan. Kita harus ikuti waktu dan caraNYA sebagai mana Tuhan Yesus mengikuti waktu dan caraNYA BAPA.

Roh Kudus adalah Roh Pembimbing dan setelah itu selanjutnya kita yang mengambil keputusan apakah kita mau taat atau tidak atas bimbingan yang diberikan oleh Roh Kudus tersebut. Aktifkan keberadaanNYA dalam hidup kita dan taat padaNYA, Roh Pembimbing yang membantu kita untuk PEKA mendengar atau mengetahui kehendakNYA sehingga kita terlepas dari pergumulan-pergumulan kita.

Oleh karena itu janganlah padamkan RohNYA! Maka pastikan kita terus membangun manusia rohani kita karena inilah kekuatan kita dalam menghadapi setiap pergumulan di dunia ini.

Salibkan daging kita!!! Kenapa??

Karena kalau tidak lakukan ini maka sukar untuk Roh Kudus bekerja dengan aktif dalam hidup kita. Markus 14:38 Roh penurut tetapi daging lemah! Maksudnya karena daging lemah maka akan mengikuti roh mana yang bekerja lebih besar/aktif dalam hidup kita. Oleh karena itu kita harus aktifkan Roh Kudus yang ada dalam kita bukan roh lain.

Sebagai anak-anakNYA kita juga pasti tahu saat kita mulai mendukakan DIA, atau mulai memadamkan RohNYA yaitu saat kita mulai bermain-main dengan kedagingan kita…seperti ada kata “TAPI Tuhan aku sakit hati karena …………..…..” saat DIA menegur kita!

TAAT saja saat DIA menegur kita, krn DIA tahu apa yang benar yang harus kita lakukan.

Ketaatan dapat dijalankan saat kita memiliki hati hamba=kerendahan hati, ingatkanlah diri kita terus akan status ini, karena pada dasarnya sikap hati yang seperti inilah yang DIA inginkan. Karakter Kristus adalah karakter yang memiliki kerendahan hati yang hatiNYA tertuju kepada kehendak BAPA di Surga.

Jadi skali lagi kita sudah tahu bahwa kita harus beriman,terus mengaktifkan Roh kudus dalam hidup kita,libatkan DIA dalam segala perkara, dan miliki hati hamba/kerendahan hati (salibkan daging), karena dengan demikian KasihNYA dan KuasaNYA bekerja dengan sempurna dalam hidup kita.

Ketaatan akan dilakukan dengan sukacita karena Roh Kudus yang memberi kekuatan didalam kita untuk melakukan kehendakNYA (Filipi 4:13; Yudas 1: 20-21)

Bukan orang-orang yang sempurna yang DIA cari tapi orang-orang yang mau taat akan kehendakNYA yang DIA kehendaki (1 Yoh 2:3-6), karena ketaatan melebihi korban syukur.

(sharing by Chrisye)

Donita

Rumah Kediaman Ibu Angelique

Sukhumvit soi 18

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Artikel & Tips