Roh Kudus Sahabatku

June 10, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

Sharing by Ibu Anita Marpaung

3 Juni 2009

 

Roh Kudus bukanlah sesuatu sensasi! Roh Kudus adalah Allah yang terulur untuk mengerjakan maksudNYA dalam hidup kita. DIA, Roh Kudus adalah suatu pribadi Allah dalam Roh yang tinggal dalam hati kita yang paling dalam bersama dengan roh kita. DIA adalah pribadi Allah yang ke tiga dari tritunggal.

Tritunggal dapat dianalogikan dalam air yaitu:

Dalam keadaan cair dapat digambarkan sebagai Allah BAPA, merupakan sumber alami. Air ini jika beku akan menjadi es yang padat dan ini dapat digambarkan sebagai Tuhan Yesus (Firman yang menjadi manusia). Tuhan Yesus nyata wujudNYA,dapat dilihat,didengar dan disentuh. Jika Es ini ditaruh dalam dalam suatu panci dan dipanaskan sampai mendidih lalu akan berubah menjadi uap air. Uap ini dapat digambarkan sebagai Roh Kudus, wujud tak keliatan tapi ada kuasa. Es dan uap dapat kembali kedalam keadaan cair kembali (keadaan semula). Ketiganya pada dasarnya adalah air walaupun dalam bentuk berbeda-beda tapi satu.

Tiga pribadi yang berbeda tetapi satu (Matius 28:19),Allah BAPA mengampuni, Tuhan Yesus menyucikan dan Roh Kudus yang membaharui kita.

Roh Kudus mempunyai pengetahuan/akal, kemauan/kehendak dan emosi/perasaan. Mari kita mengerti lebih lagi:

Roh Kudus mempunyai pengetahuan/akal (Roma 8:27),dikatakan disini bahwa Roh Kudus mengetahui kehendak Allah.

Roh Kudus mempunyai kemauan/kehendak (Kisah 16:7-10),dikatakan disini bahwa Roh Kudus mehendaki rasul Paulus untuk mengabarkan injil ke Makedonia bukan di Betania.

Roh Kudus mempunyai emosi/perasaan (Efesus 4:30),dikatakan disini bahwa Roh Kudus bisa berduka. Kita dapat mendukakan Roh Kudus, seperti ketika kita secara aktif menolak kehendakNYA/mengabaikan nasehatNYA.

Kita sering lebih mendengarkan manusia daripada mendengarkan suara Roh Kudus.

Kita sering mencari nasehat dari manusia daripada mencari nasehat dari Roh Kudus.

Keberadaan Roh Kudus adalah untuk mengenapi kehendak Tuhan dimuka bumi ini (Yohanes 16:13-14). Dalam semua pekerjaan yang Roh Kudus lakukan dan katakan adalah sesuai dengan Firman Tuhan. Roh Kudus bisa bekerja melalui pikiran kita karena DIA ada dihati kita.

Roh Kudus juga mempunyai sifat yang dinyatakan kepada kita dan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Penghibur & Penolong

Yohanes 14:26;Yohanes 14:16

Penghibur dapat kita artikan sebagai penegah. Penolong menunjukan seseorang yang datang untuk membantu kita. Saat kita menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat secara pribadi maka Allah BAPA akan member Roh KudusNYA untuk tinggal dalam hidup kita. Roh Kudus akan memampukan kita untuk melakukan kehendak Tuhan (FirmanNYA) dalam hidup kita sehingga kehidupan kita dapat diselaraskan dengan kehidupan kerajaan sorga. Kita saat ini hidup di dalam dua dunia/kerajaan yaitu kerajaan dunia dan kerajaan Allah/sorga.

Jagalah kehidupan kita untuk selaras dengan kehendakNYA,rasul Paulus katakana kita harus menjaga pusat perhatian kita kepada kerajaan sorga (Filipi 3:20) supaya kita kuat dalam menghadapi kehidupan kita didunia ini. Roh penolong/roh Kudus akan memampukan kita untuk ini namun dibutuhkan kerjasama kita karena DIA tak bisa memaksakan kehendakNYA. KuasaNYA bekerja nyata dalam hidup kita saat kita mengijinkan DIA sepenuhNYA untuk menolong dan berperkara bagi kita (1 Yohanes 4:4).

Penuntun & Guru

Yohanes 16:13

Roh Kudus memberi bimbingan/tuntunan dan juga melatih kita untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan kerajaan sorga. DIA akan menuntun kita seperti guru yang menuntun murid-muridnya supaya memahami bimbingannya namun murid-murid juga harus mau untuk mendengar dan melakukan bimbingan yang diberikan.

Pemberdaya

Lukas 4:18-19

Roh Kudus mendorong kita untuk berusaha mewujudkan kehendak Tuhan terjadi dimuka bumi ini. Hal ini bisa terjadi jika kita erat hubungannya dengan Tuhan, keintiman yang kita bangun denganNYA memampukan kita untuk membangun kerajaanNYA dimuka bumi ini.

Melalui keintiman ini kita akan mengetahui maksud Tuhan dalam hidup kita dan kita akan menyadari karunia apa yang terkandung dalam diri setiap kita supaya dapat digunakan untuk kemuliaanNYA.

Roh Kudus akan memperlengkapi kita dalam mengunakan dengan benar karunia pemberianNYA. Ada Sembilan karunia roh (2 Kor 12:8-10) dan semua ini dibutuhkan dalam kehidupan pelayanan kita untuk mengenapi kehendak Tuhan didunia ini.

Karunia yang dimaksud disini adalah karunia Roh yang berhubungan dengan kuasa yang berbeda dengan buah Roh yang berhubungan dengan karakter kerajaan sorga.

PemberianNYA ini adalah untuk memampukan kita dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang DIA mau kita lakukan didunia ini dan semua adalah untuk kemuliaan namaNYA.

Penegur

Yohanes 16:8-11

Roh Kudus akan menegur kita bila sikap dan tindakan kita bertentangan dengan kerajaan sorga seperti melalui suara hati tetapi pilihan terakhir tetap ditangan kita apakah kita mau mendengarkan teguranNYA atau tidak. Kita sebagai anak-anakNYA sudah mengerti akibat dari kekerasan hati kita jika kita mengabaikan teguranNYA yaitu sukacita yang akan hilang. Kita harus memilih untuk hidup sesuai dengan karakter kerajaan sorga yaitu kasih,sukacita,damai sejahtera,kemurahan,kesetiaan,kesabaran,kebaikan,kelemahlembutan dan penguasaan diri (Buah Roh-Galatia 5:22-23). Buah Roh adalah karakter Kristus yang harus kita miliki setelah kita menerima DIA sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Melalui keintiman kita dengan DIA (proses pertumbuhan rohani) maka karakterNYA harus termanifestasikan dalam kehidupan kita. Roh Kudus sebagai benih karakter Kristus dalam hidup kita. Biarkanlah Roh Kudus bekerja dalam hidup kita dengan leluasa supaya kita menghasilkan buah Roh dan dapat dinikmati tidak saja oleh kita tetapi terlebih bagi orang-orang disekitar kita.

Marilah kita belajar untuk lebih lagi bersekutu,mendengar,melibatkan,mengakui dan melakukan apa yang Roh Kudus nyatakan dalam hidup kita, jadikanlah Roh Kudus sahabat karib kita dan selalu memulai hari-hari kita dengan mengatakan “selamat pagi Roh Kudus”.

Tuhan Yesus Memberkati.

Donita

Rumah Misi

Sukhumvit Soi 4

Bangkok

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note