Siapakah yang Mengalahkan Dunia

September 18, 2011 - Author: chrisye - Comments are closed

Sermon by Ps. Sangwien

Ibadah Raya, 18 September 2011

1 Yohanes 5:1-5

“Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?”

Didalam Tuhan (berjalan bersama Dia) tidak ada yang sukar dan tak ada yang mustahil. Berjalannya waktu dalam mengikut dan menjadi murid Tuhan, saya (Ps. Sangwien) banyak mengalami hal-hal yang luar biasa dan itu semua hampir dimulai dari hal-hal yang sukar atau mustahil menurut pandangan dunia. Salah satu kesaksian yang bisa dibagikan adalah bahwa minggu yang lalu saya dan team pelayan Tuhan lainnya ada pelayanan di Patalung, sebelah selatan Thailand. Sebelum tiba di tempat ini, mereka mengendarai beberapa mobil, dan salah satu dari mobil itu adalah sebuah mobil besar yang menampung beberapa orang dan juga beberapa alat-alat musik guna menunjang pelayanan yang Tuhan taruh dihati mereka ini. Dalam perjalan ini, tiba-tiba mobil besar ini tak bisa dikendalikan dan terbalik.

Mobil besar itu dalam keadaan jatuh terbalik dan melintang di jalan raya, dan akhirnya menghalangi mobil-mobil lain untuk bergerak. Meskipun sempat shock akan kejadian ini lalu sempat ada pertanyaan untuk menunda pelayanan ini. Akhirnya diambil keputusan untuk tetap lakukan sebaik mungkin untuk mengatasi masalah-masalah ini. Hal yang perlu kami ucapkan syukur dan dapat katakana kami alami mukjizat dari akibat kecelakaan ini dimana beberapa orang dalam mobil besar yang terbalik itu hanya alami luka-luka ringan, hanya satu alat musik yang rusak, dan alat-alat musik lainnya tak alami kerusakan apapun. Mobil yang rusak itu akhirnya terpaksa ditaruh di bengkel tetapi Tuhan membuka jalan dengan memberikan mobil yang lain guna untuk membawa mereka dan alat-alat musik untuk pelayanan mereka ke selatan Thailand itu sesuai dengan rencana yang Tuhan berikan kepada mereka. Minggu itu di selatan Thailand sebanyak 200 orang mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Kristus, Juru selamat.

Dengan luar biasa akhirnya kami dapat katakan bahwa tak ada yang sukar dan mustahil bagi orang percayaNya yang berjalan bersama Tuhan yang hidup, Kristus, sang juru selamat. Setelah kami lalui hal-hal yang sukar tapi namun tak sukar bagi Tuhan. Diperlukan iman yang kuat dan tetap setia pada panggilanNya. Kita sedang lihat pekerjaanNya, kuasaNya sedang dinyatakan di dunia ini lebih lagi, dan Thailand adalah salah satunya.

Hati Tuhan mau semua orang mengalami keselamatan. Miliki hati yang seirama denganNya, tetap doakan dan beritakan kabar keselamatan itu dimana Tuhan tempatkan/percayakan pada setiap kita. Tetap doakan Thailand dan doakan bangsa-bangsa.

Misi Siam Dream Center, dimana Ps. Sangwien melayani, mempunyai salah satu misi bahwa di tahun 2015 akan ada multiplikasi dari seratus orang Thailand (jumlah mereka yang sudah menerima keselamatan selama tiga tahun yang lalu) menjadi satu juta orang Thailand. Misi yang sedang berjalan adalah kunjungan-kunjungan ke sekolah-sekolah, panti asuhan, penjara dan komunitas lainnya.

Youth for the nation dimana anak-anak muda orang thai ini mulai melakukan bagiannya juga, melakukan amanat agung Tuhan). Lewat apa yang mereka telah pelajari dan terima mereka harus berani memberitakan kabar keselamatan ini juga kepada anak-anak muda lainnya.

National pray akan dilakukan dari tanggal 1 oktober 2011 sampai 9 November 2011 selama 40 hari doa dan puasa untuk campur tanggan Tuhan lebih lagi terjadi bagi bangsa Thailand ini (check www.blessthailand.net). Dalam doa dan pelayanan yang Tuhan percayakan adalah menjangkau banyak jiwa untuk mengenal Tuhan Yesus sebagai Juru selamat dunia.

Tuhan sedang gerakan gerejaNya di akhir jaman ini lebih lagi, kita adalah anak-anakNya, dan kita tidak hanya percaya tetapi juga menjadi pelaku FirmanNya!

Tuhan adalah pemenang!

1 Yohanes 5: 1-5 perikopnya adalah “Iman yang Mengalahkan Dunia”

“Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?”

Tuhan Yesus Kristus adalah Tuhan yang kita sembah dan karena kita percaya maka iman yang diberikanNya kepada kita itu menyelamatkan kita. Berdasarkan nats diatas kita percaya bahwa kita lahir dari Tuhan (ini adalah iman). Jadi orang beriman harus percaya bahwa kita (sebagai orang beriman) percaya lahir dari Tuhan Allah.

Tuhan Yesus lahir sebagai manusia tetapi Dia juga merupakan Tuhan Allah. Kristus artinya Juru Selamat karena memang karena kematian dan kebangkitanNya maka kuasa iblis dipatahkan atas kita yang percaya kepadaNya. Segala bentuk kuasa jahat apapun telah ditundukan, dikalahkan dan dihancurkan dibawah kaki Kristus! Jadi kalau kita percaya akan hal yang dikatakan ini maka kita telah termasuk lahir dari Tuhan Allah.

Ketika kita percaya kepadaNya maka kita pasti menaati perintah-perintahNya dan ini adalah bentuk pernyataan dari kasih kita kepadaNya! Dalam alkitab dikatakan bahwa keadaan manusia di dunia di akhir jaman akan mencintai dirinya sendiri. Ini menyatakan adanya krisis kasih yang murni seperti yang Tuhan kehendaki. Tuhan ajarkan kita sebagai umat percayaNya untuk mengasihi, tidak hanya kepada saudara-saudara seiman tetapi juga yang bukan saudara seiman bahkan terhadap musuh kita. Tuhan mau kita mengasihi semua orang dengan kasihNya yang Dia ajarkan kepada kita semua.

Siapa yang mengaku lahir dari Tuhan adalah orang percayaNya yang lahir dariNya dan harus mentaati/melakukan kehendakNya. Orang yang mengaku percaya dan mengasihi Tuhan bukanlah sekedar yang datang kegereja lalu melakukan ibadah saja tetapi harus mempraktekan firmanNya (1 Yoh 5:3).

Semua yang Tuhan perintahkan dalam firmanNya apakah kita lakukan? Kita tahu seperti nats yang ditulis diatas bahwa “..Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia.” Ada banyak ajaran-ajaran agama lain yang memberikan banyak perintah yang susah untuk dilakukan untuk mencapai keselamatan. Bahkan perintah-perintah ajaran mereka itu susah sekali untuk bertemu Tuhan! Mengapa kita yang telah diberikan kemudahan untuk bertemu dengan Tuhan kita terkadang meremehkan perintah-perintahNya!

Perintah-perintahNya adalah tidak berat! Mengasihi musuh dan memberkati musuh itu adalah juga perintahNya. Apakah ini berat dilakukan?

Banyak orang yang mengaku sebagai orang percaya dan yang mengasihi Tuhan masih berat untuk melakukannya. Mengapa? Karena mereka masih mengandalkan kekuatannya mereka sendiri. Ketika kita mengaku percaya dan mengasihi Dia maka secara penuh kita telah memberikan roh,jiwa dan tubuh kita kepada pemeliharan dan kuasaNya. Roh Kudus yang Dia berikan bagi setiap kita akan memampukan setiap kita untuk melakukannya? Free will yang Dia berikan kepada ini hendaknya benar-benar adalah free will yang seirama dengan kehendanNya!

Jangan kita menahan-nahan perintah Tuhan! Begitu kita dengar dan percaya maka hendaklah kita lakukan. Jika kita tidak hanya sekedar mendengar tetapi juga melakukan perintah-perintahNya maka kita adalah benar-benar lahir dari Tuhan Allah. Semua orang percayaNya bisa melakukan kemenangan atau hidup berkemenangan karena yang lahir dari Allah pasti mengalahkan dunia.

Jika kita percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Kristus yang telah kalahkan dunia maka tak aka nada suatu masalahpun yang tak dapat kita lalui dan kalahkan. Kita pasti menang atas segala masalah jika kita adalah milik Tuhan karena kita percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan.

Iman yang kita milikilah yang mengalahkan dunia bukan kemampuan, uang, penampilan dan hal-hal lainnya secara jasmani yang kita miliki. Iman adalah percaya bahwa Tuhan Yesus berkuasa atas segala masalah dan kita sebagai orang yang lahir dari Tuhan Allah memiliki iman itu! Kejadian 1:26 “Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Ada otoritas Ilahi yang Dia berikan bagi orang percayaNya! Firman Tuhan mengatakan bahwa dengan iman kita menang/berkuasa karena kita memiliki otoritasNya sebagai orang percaya yang lahir dariNya. Kita adalah umat pemenang! Tuhan sudah katakan itu dan Dia tak pernah berbohong. 2 Petrus 3:9 “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.”

Di nats 1 yohanes 5:5, Roh Kudus bertanya “Siapakah yang menang mengalahkan dunia?” jawabannya adalah bukan orang lain, bukan yang mengaku pendeta/ bukan pemimpin/penatua/ dan jabatan yang lainnya tetapi Selain dari pada mereka yang percaya bahwa Tuhan Yesus adalah anak Allah dan mereka yang tidak saja mendengar, percaya tetapi juga pelaku firman.

Kita sudah menang kalahkan masalah-masalah saat kita percaya bahwa Tuhan Yesus adalah anak Allah. Kita sudah menang karena Tuhan Yesus sudah kalahkan segala masalah itu karena Dia telah membayarnya melalui pengorbanNya di kayu salib dan Dia telah bangkit dari maut! Dia telah kalahkan penguasa dunia ini! Halleluyah!!!

Banyak orang mencari-cari Tuhan di alam semesta supaya terpenuhi kebahagiannya tetapi mereka hanya menemui kebahagian yang sementara. Kita, disaat menerima keselamatan dariNya maka kita telah menerima kebahagian kekal karena telah menerima keselamatan dariNya. Surga menjadi tempat tinggal kita yang kekal. Dunia ini hanya sementara!

Nama Yesus adalah nama diatas segala nama, Tuhan diatas segala Tuhan. Kita sebagai umat percayaNya jangan mencari kuasa/media lainnya tetapi tetap setia dan percaya kepadaNya. Taati perintahNya dan alami kemenangan demi kemenangan bersamaNya!

Jika kita mau alami multiplikasi dan promosi kita harus memiliki karakter Kristus. Kita harus meninggikan namaNya bukan nama kita. Terus intropeksi diri dan encourage diri sendiri terlebih dahulu untuk menjadi saksiNya. Percaya pada Tuhan sepenuhNya dan lihatlah hasilNya!

Iman itu harus bertumbuh! Iman yang Dia berikan bagi kita itu harus bertumbuh, bertumbuh lewat pendengar akan Firman Tuhan dan lewat ujian-ujian. Tuhan punya cara-cara yang unik untuk menyatakan mukjizatNya dalam hidup setiap orang percayaNya! Jangan bergantung pada manusia atau pada kekuatan sendiri tetapi hendaknya kita bergantung kepadaNya.

Saudara yang dikasihi Tuhan, ingatlah! Disaat kita belum atau tidak melihat jalan keluar, percayalah masih ada harapan! Masih ada jalan keluar! Selama kita tetap berjalan pada perintah-perintahNya maka jalan keluar itu tetap ada. Dan jika kita melakukan suatu pelanggaran maka cepatlah berbalik dari pelanggaran tersebut, bertobatlah dan lakukan apa yang Tuhan perintahkan! Tidak ada yang mustahil dalam melakukan perintah-perintahNya!

PerkenanNya membawa pemulihan demi pemulihan, terobosan demi terobosan. Serahkanlah hidup kita

Sepenuhnya kepadaNya karena seperti yang dinyatakan dalam Yeremia 29:11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”

Ketika kita tetap setia dan mentaati perintah-perintahNya maka kita akan alami sukacita. Apa yang kita miliki adalah milikNya yang Dia percayakan kepada kita untuk mengolahnya dengan baik dan bijaksana untuk mendatangan kemuliaan bagi namaNya. Jika kita mau hidup berkemangan atas dunia ini maka kita harus mentaati perintah-perintahNya! Kasihilah Tuhan dan sesama itulah perintahNya!

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note