KUASA KEBANGKITAN

March 31, 2013 - Author: nelly - Comments are closed

Pdt. Harun Lie

Ibadah PASKAH, Minggu 31 Maret 2013

Filipi 3:10-11
10  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,
11  supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.

Pada waktu paskah ini, biarlah kita semakin kenal Tuhan dan ketika kita kenal Dia kita bisa tahu dan mengenal Kuasa kebangkitanNya mengalir dalam hidup kita. Ada mujizat Tuhan, ada kuasa Tuhan, ada tuntunan Tuhan, ada kemampuan dari Tuhan yang bisa mengalir dalam kehidupan kita.

 

Beberapa hal yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat ini:

1. Kebangkitan Kristus membuktikan bahwa Tuhan memegang FirmanNya

Matius 28:6  Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya.

Dalam ayat ini terlihat bahwa kebangkitan Tuhan sudah pernah dikatakan sebelumnya dengan demikian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus memegang firmanNya.

Yohanes 20:3-8
3  Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
4  Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
5  Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
6  Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,
7  sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.
8  Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.

Dalam adat Yahudi orang yang meninggal akan diberi 2 kain yaitu kain kapan untuk menutup tubuhnya dan kain peluh untuk menutup mukanya. Dalam adat Yahudi juga ketika ada seorang tuan yang makan akan ada kain peluh yang dipakai untuk menjadi tanda apakah dia selesai makan atau belum dengan cara menggulung kain peluh untuk menunjukkan ke pelayannya bahwa ia belum selesai makan dan ia akan datang kembali. Pada waktu Tuhan Yesus dibangkitkan, Tuhan Yesus memberikan tanda kepada murid-muridNya yaitu kain peluh yang tergulung yang artinya Ia akan datang kembali. Tuhan sudah membuktikan kebangkitanNya , Ia juga akan membuktikan kedatanganNya kembali

2. Kuasa Kebangktan ada bersama dengan kita

1 Korintus 6:14  Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.

artinya Kuasa kebangkitan Kristus juga ada bersama dengan kita untuk menolong kita dalam hidup sehari-hari.

3. Kuasa kebangkitan mengubah kehidupan kita

Galatia 2:19-20
19b  Aku telah disalibkan dengan Kristus;
20  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Ketika kita disatukan dengan Tuhan bukan kita lagi yang hidup tapi Kristus yang hidup didalam kita. Kuasa kebangkitan mengubah hidp kita, kubur itu sudah kosong dan ada kehidupan baru didalamnya. Dalam bahasa inggris ada kata namanya Enthusiastic dalam bahasa indonesia antusias,  Enteos dalam bahasa Yunani, en = di dalam, teos =  Tuhan, artinya adalah orang orang yang semangat dan ketika dilihat mereka adalah orang yang punya Tuhan dalam hidupnya

4. Kebangkitan Kristus memampukan kita menghadapi tantangan

1 Korintus 15:57  Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Suatu Kemenangan yang diberikan pada kita oleh Yesus Kristus, ketika kita menjalani kita sudah menang, seperti Kemenangan Kristus diatas kayu salib. Segala permasalahan dan pergumulan, kalau kita pegang sendiri pasti tidak bisa tapi jika kita ijinkan tanganNya yang memegang maka kita pasti menang.

Biarlah Kuasa kebangkitanNya memberikan sukacita dalam hidup kita, kita semakin mengenal Dia, kita merasakan Kuasa kebangkitannya dan kita pasti mengalami kemenangan-kemanangan bersama Dia

 

Tuhan Yesus memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note