SERMON DOA PUASA, 30 Maret 2013

March 30, 2013 - Author: nelly - Comments are closed

Pdt. Harun Lie

Doa Puasa, 30 Maret 2013

Berapa banyak perkataan “Perintah, Jangan, Tidak boleh” yang kita keluarkan untuk anak-anak kita dan berapa banyak perkataan “Kasih” yang kita keluarkan? Memang setiap wejangan yang kita berikan, warning dan perintah-perintah yang kita berikan itu untuk kebaikan anak-anak kita, demikan pula Tuhan , Dia berikan warning dan perintah kepada kita untuk kebaikan kita dan supaya kita kembali untuk mencapai tujuanNya. Dalam kehidupan kita, kita perlu memperhatikan perintah Tuhan, warning dari Tuhan karena kita percaya bahwa itu untuk kebaikan kita.

2 Timotius 4:5 –> Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Timotius adalah seorang yang masih muda, bukan seorang yang berpengalaman luar biasa, orang yang Paulus mentor. Pada waktu Timotius dipercayakan memegang satu jemaat, Paulus sering memberi wejangan-wejangan, perintah-perintah kepada Timotius. Beberapa hal yang Tuhan katakan kepada Timotius melalui Paulus adalah:

1. Kuasailah dirimu dalam segala hal

Artinya kuasai kehidupan, perkataan, tingkah laku kita harus bisa dikuasai. Jika kita ingin mencapai tujuanya Tuhan maka kita harus menguasai diri kita dalam segala hal

2. Sabarlah menderita

Dalam hidup pasti ada hal baik dan buruk yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita.

Patient  memiliki 2 arti = dalam kesukaran kita harus sabar. Orang  sakit disebut pasien, mengalami keadaan yang tidak baik atau sakit, pergi ke dokter, diberi obat, mereka taat dan hasilna mereka sembuh. Dalam bahasa Yunani kata Patient terdiri atas  4 step :
    1. tantangan
    2. bersabar dlm tantangan karena punya pengharapan
    3. menang
    4. orang disekitar bisa melihat

Dalam tiap kehidupan kita pasti ada tantangan tapi percayalah itu semua untuk kebaikan kita, Next level dalam bahasa Ibrani adalah “Nisa” yang mempunyai 2 arti yaitu Kesukaran dan naik level yang lebih tinggi.

3. Lakukanlah pekerjaan pemberita Injil

biarlah firman itu hidup dalam kehidupan kita sehingga orang bisa melihat ada Kristus dalam hidup kita

Markus 5:18-19
18  Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia.
19  Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: “Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!”

Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa, dan ketika dia disembuhkan dia ingin mengikut Yesus tapi Tuhan tidak mengijinkannya tapi Tuhan memerintahkan dia untuk pulang dan menceritakan apa yang telah diperbuat Tuhan kepada orang-orang di kampungnya, tapi apa yang dilakukan dia sungguh luar biasa

20  Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.

Dekapolis adalah satu daerah yang terdiri dari 10 kota, dia mulai menyaksikan tentang perbuatan ajaib Yesus dan bagaimana Yesus mengasihi dirinya tidak hanya di kampungnya tapi dia keliling 10 kota untuk memberitakan tentang perbuatan ajaib dan kasihNya

4. Tunaikan tugas pelayananmu.

Setiap pekerjaan yang kita pegang ditangan kita marilah kita lakukan yang terbaik, dalam hidup kita jika kita ditempatkan dimanapun Dia punya rencana yang terbaik

Tuhan  ketika Dia mengorbankan dirinya Tuhan mengajarkan satu hal yaitu Komitmen, ketika kita juga berKomitmen maka akan banyak orang lain yang hidupnya juga diubahkan

 

Tuhan Yesus memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note