Mengikut Tuhan dengan segenap hati

September 6, 2013 - Author: nelly - Comments are closed

Cool Gabungan , Jumat 6 September 2013

Pastor Erwin Widjaja

 

Banyak goncangan yang terjadi saat ini terutama di timur tengah , akhir-akhir ini Siria, tapi sebelumnya dan yang belum selesai sampai saat ini adalah Mesir.

Yesaya 19:1-4 Ucapan ilahi terhadap Mesir. Lihat, TUHAN mengendarai awan yang cepat dan datang ke Mesir, maka berhala-berhala Mesir gemetar di hadapan-Nya, dan hati orang Mesir, merana hancur dalam diri mereka. Aku akan menggerakkan orang Mesir melawan orang Mesir, supaya mereka berperang, setiap orang melawan saudaranya, dan setiap orang melawan temannya, kota melawan kota, kerajaan melawan kerajaan; semangat orang Mesir menjadi hilang, dan rancangannya akan Kukacaukan; maka mereka akan meminta petunjuk kepada berhala-berhala dan kepada tukang-tukang jampi, kepada arwah dan kepada roh-roh peramal. Aku akan menyerahkan orang Mesir ke dalam tangan seorang tuan yang kejam, dan seorang raja yang bengis akan memerintah mereka; demikianlah firman Tuhan, TUHAN semesta alam.

Sampai hari ini krisis di Mesir tidak pernah habis, ada perlawanan antara orang Mesir sendiri. Husni Mubarak digantikan oleh Presiden Morsi tapi Morsipun digulingkan karena menjalankan Syariat Islamnya. Demo-demo terus bergejolak. Ada sesuatu yang perlu kita perhatikan dalam ayat di atas, “berhala-berhala Mesir gemetar dan rontok”. Mesir terkenal dengan pyramid, apa yang tertulis di alkitab digenapi, banyak terjadi kekacauan di sana dan ternyata di Mesir banyak berhala-hala yang tersimpan di pyramid.

Yesaya 19:21 TUHAN akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal TUHAN pada waktu itu; mereka akan beribadah dengan korban sembelihan dan korban sajian, dan mereka akan bernazar kepada TUHAN serta membayar nazar itu. 

Wahyu 11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

Kuasa yang menguasai dunia saat ini ada 2 yaitu : Sodom melambangkan dosa sex, sedangkan Mesir melambangkan dosa penyembahan berhala. Ada sekelompok orang yang percaya ada kuasa berhala dan mengadakan sembahyang di dalam piramid dan diijinkan oleh pemerintah pada tanggal 11-11-2011 . Mereka mempercayai bahwa piramid adalah tangga menuju surga. Berhala apa yang ada di Mesir? pada uang 1 USD ada gambar pyramid. Ini bukan sembarang gambar karena pyramid bukan identitas Amerika. Inilah kuasa berhala yang menguasai. Kenapa hanya ada di uang 1 USD? karena  semua orang bisa memiliki dan dikuasai oleh mammon. Gambar mata yang bisa melihat semua merepresentasikan penyembahan dewa matahari. Kuasa berhala mamon saat ini sedang diguncangkan

Matius 6:24 Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Saingan Tuhan saat ini adalah mamon, saat ini pun gereja Tuhan juga digoncangkan oleh mamon ini  

1 Yohanes 5:21 Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala. Berhala  bukan bicara tentang patung tetapi sesuatu yang kita lebih agungkan dari Tuhan , berhala yang besar saat ini digoncang adalah berhala mesir  yang menguasai hampir di seluruh dunia yaitu Mamon dan ada tugu berhala yang ada di Mesir yang di dewakan yaitu Obeliks Rames tugu penyembahan dewa matahari dan dewa kesuburan, kalau dilihat seperti lambang kelamin pria, apa yang Tuhan katakan tentang tugu berhala ini ,

 Keluaran 23:24  Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali.

Imamat 26:1  “Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala janganlah kamu dirikan bagimu; juga batu berukir janganlah kamu tempatkan di negerimu untuk sujud menyembah kepadanya, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

Dalam Alkitab jelas bahwa  ini bukan simbol saja tapi ada kuasa dan isinya dimana tempat itu sudah dikuasai oleh setan. Kita lihat bahwa berhala, tugu itu ada di Vatican secara agama yang dekat dengan Kristen dikuasai juga. Di Paris, kota mode inipun dikuasai berhala, di London kota ekonomi dunia, di New York kuasa berhala ini juga ada disana, Istambul kota islam moderat juga ada tugu ini, Washington DC negara super power juga dikuasai oleh tugu berhala ini. Secara rohani digoncangkan maka secara fisik juga tergoncang, ini masa penuaian supaya banyak orang yang akan dimenangkan untuk Tuhan.

Mesir di dalam  alkitab melambangkan duniawi, Firaun dilambangkan kuasa setan dimana ketika kita ingin keluar selalu terseok-seok karena diikat olehnya. Israel melambangkan umat Tuhan.

Keluaran 1:13-14 Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.

Keluaran 5:1-2, 9 Kemudian Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu berkata kepadanya: “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Biarkanlah umat-Ku pergi untuk mengadakan perayaan bagi-Ku di padang gurun.” Tetapi Firaun berkata: “Siapakah TUHAN itu yang harus kudengarkan firman-Nya untuk membiarkan orang Israel pergi? Tidak kenal aku TUHAN itu dan tidak juga aku akan membiarkan orang Israel pergi.” Pekerjaan orang-orang ini harus diperberat, sehingga mereka terikat kepada pekerjaannya dan jangan mempedulikan perkataan dusta.”

Hari ini banyak ikatan yang menjauhkan kita untuk ikut Tuhan, ikut Tuhan tambah susah, ikut Tuhan kok jadi begini. Waktu kita belum ikut Tuhan keadaan kita baik-baik saja tapi sekarang ada banyak masalah. Waktu kita belum ikut Tuhan kita ada dalam gelap sedangkan waktu kita kenal Tuhan maka terang Tuhan menerangi hidup kita jadi kita bisa lihat noda-noda yang ada dalam hidup kita yang sedang dibersihkan oleh Tuhan 

Keluaran 8:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Pergilah menghadap Firaun dan katakan kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku;Tujuan Tuhan  jelas Dia mau supaya kita beribadah kepadaNya

Saat kita ngotot ingin ikut Tuhan, iblis juga tidak tinggal diam. Ada beberapa trik yang dia lontarkan :

Keluaran 8:25-27 Lalu Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata: “Pergilah, persembahkanlah korban kepada Allahmu di negeri ini.” Tetapi Musa berkata: “Tidak mungkin kami berbuat demikian, sebab korban yang akan kami persembahkan kepada TUHAN, Allah kami, adalah kekejian bagi orang Mesir. Apabila kami mempersembahkan korban yang menjadi kekejian bagi orang Mesir itu, di depan mata mereka, tidakkah mereka akan melempari kami dengan batu? Kami harus pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, seperti yang difirmankan-Nya kepada kami.”

1. Beribadahlah dengan cara dunia Keluaran 8:25-27, beribadahlah di negeri ini,ikut Tuhan jalan 3 hari ada pengorbanan tetapi iblis membelokkan untuk  tidak usah  ada pengorbanan, beribadahlah dengan cara Mesir, kompromi, kewajiban(tanpa hati), terlalu banyak pengorbanan kalau  tidak bulat hati kita akan balik tadak beribadah, cara dunia, toleransi, pakai pikiran sendiri, tidak beda dengan dunia.

Keluaran 8:28  Lalu kata Firaun: “Baik, aku akan membiarkan kamu pergi untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di padang gurun; hanya janganlah kamu pergi terlalu jauh. Berdoalah untuk aku.”

2. Ikut Tuhan jangan terlalu dalam : tidak mau bayar harga, biasa-biasa saja dalam ikut Tuhan jadilah  jemaat biasa terus jangan ikut pelayanan, nantilah, tunggu, ,menunda dalam pelayanan

3. Satu keluarga harus beribadah kepada Tuhan Yosua 24:15 Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

Keluaran 10:10-11 Tetapi Firaun berkata kepada mereka: “TUHAN boleh menyertai kamu, jika aku membiarkan kamu pergi dengan anak-anakmu! Lihat, jahatlah maksudmu! Bukan demikian, kamu boleh pergi, tetapi hanya laki-laki, dan beribadahlah kepada TUHAN, sebab itulah yang kamu kehendaki.” Lalu mereka diusir dari depan Firaun. Seisi keluarga suami-istri-anak semua harus melayani Tuhan

4. Beribadah dengan segenap hati, kambing domba tentang materi yang harus dipersembahkan kepada Tuhan

Keluaran 10:24-26 Lalu Firaun memanggil Musa serta berkata: “Pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, hanya kambing dombamu dan lembu sapimu harus ditinggalkan, juga anak-anakmu boleh turut beserta kamu.” Tetapi Musa berkata: “Bahkan korban sembelihan dan korban bakaran harus engkau berikan kepada kami, supaya kami menyediakannya untuk TUHAN, Allah kami. Dan juga ternak kami harus turut beserta kami dan satu kaki pun tidak akan tinggal, sebab dari ternak itulah kami harus ambil untuk beribadah kepada TUHAN, Allah kami; dan kami tidak tahu, dengan apa kami harus beribadah kepada TUHAN, sebelum kami sampai di sana.”

Ini mereka belum jalan baru tekad untuk beribadah. Roma 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

karena tekad yang bulat mereka akhirnya tinggal kan Mesir dengan keluarga dan hartanya tapi mereka belum masuk tanah perjanjian, Tuhan minta mereka untuk disunat, Terkadang kita sudah habis-habisan untuk Tuhan tapi kita tidak merelakan hati kita untuk disunat akhirnya kita jadi murtad dan meninggalkan Tuhan, hari-hari ini Tuhan sedang membersihkan hati kita, Tuhan tahu kita cinta Tuhan tapi masih ada sesuatu dalam hati kita yang Tuhan ingin bersihkan , ketika kita sudah dibersihkan kita akan dipakai lagi lebih untuk kemuliaan namaNya

 Yosua 5:8-9 Setelah seluruh bangsa itu selesai disunat, maka tinggallah mereka di tempatnya masing-masing di perkemahan itu, sampai mereka sembuh. Dan berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: “Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu.” Itulah sebabnya nama tempat itu disebut Gilgal sampai sekarang.

Membersihkan hati ini tidak mudah, sunat hati, tapi ketika kita bisa melalui  ini, kita akan menuai untuk kemuliaan Allah

Tuhan Yesus memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note