PADANG GURUN DIUBAH MENJADI KEBUN BUAH-BUAHAN

October 18, 2013 - Author: nelly - Comments are closed

Cool Gabungan Jumat , 18 Oktober 2013

Pdt. Andreas Eko Nugroho

 

Yesaya 32:15 Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.

Ayat ini disampaikan Nabi Yesaya, Jika Roh Kudus dicurahkan  maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan. Orang Israel suka melupakan sumber berkat ketika mereka telah diberkati

Hagai 1:9-11
9  Kamu mengharapkan banyak, tetapi hasilnya sedikit, dan ketika kamu membawanya ke rumah, Aku menghembuskannya. Oleh karena apa? demikianlah firman TUHAN semesta alam. Oleh karena rumah-Ku yang tetap menjadi reruntuhan, sedang kamu masing-masing sibuk dengan urusan rumahnya sendiri.
10  Itulah sebabnya langit menahan embunnya dan bumi menahan hasilnya,
11  dan Aku memanggil kekeringan datang ke atas negeri, ke atas gunung-gunung, ke atas gandum, ke atas anggur, ke atas minyak, ke atas segala yang dihasilkan tanah, ke atas manusia dan hewan dan ke atas segala hasil usaha
.”

Jangan sibuk dengan urusanmu sendiri. Tuhan kirimkan kekeringan, krisis melanda karena manusia sibuk dengan urusannya sendiri.

Yoel 1:9-12
9  Korban sajian dan korban curahan sudah lenyap dari rumah TUHAN; dan berkabunglah para imam, yakni pelayan-pelayan TUHAN.
10  Ladang sudah musnah, tanah berkabung, sebab gandum sudah musnah, buah anggur sudah kering, minyak sudah menipis.
11  Para petani menjadi malu, tukang-tukang kebun anggur meratap karena gandum dan karena jelai, sebab sudah musnah panen ladang.
12  Pohon anggur sudah kering dan pohon ara sudah merana; pohon delima, juga pohon korma dan pohon apel, segala pohon di padang sudah mengering. Sungguh, kegirangan melayu dari antara anak-anak manusia.

Keintiman dengan Tuhan tidak ada lagi, korban sajian dan korban curahan sudah lenyap dari rumah Tuhan, maka kekeringan melanda tetapi ditengah situasi seperti itu Yesaya mengatakan tanah kering diubah menjadi kebun buah-buahan

Yesaya 44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.

Syarat hujan lebat berkat turun adalah tanah yang haus dan tempat yang kering, ini bicara tentang kondisi hati dan kehidupan rohani kita

Cirinya orang yang haus akan Tuhan :

1. Prioritasnya adalah air

Lukas 10:38-42
38  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya.
39  Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,
40  sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.”
41  Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,
42  tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Prioritas Maria lebih kepada Kristus dengan memilih duduk dekat dikaki Tuhan. Prioritas adalah urutan mana yang kau utamakan dalam hidupmu.

Filipi 3:13-14
13  Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
14  dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Yang terutama di dalam hidup ini meninggikan Nama Yesus, Yang terutama di dalam hidup ini memuliakan NamaNya. Orang yang haus prioritasnya air kehidupan, Yesus yang terutama

2. Fokusnya hanya pada air, matanya, tertuju pada Tuhan

2 Tawarikh 20:12 Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu.”

Yosafat sedang mengalami keadaan yang terdesak sedang dikepung oleh 3 kerajaan tetangganya Amon, Moab dan  orang Seir tetapi fokusnya hanya tertuju kepada Allah. Mata kami tertuju kepadaMu, dia tidak peduli sekelilingnya, matanya hanya tertuju pada Kristus, maka akan ada kekuatan untuk melewati kesulitan.

Kalau ku hidup, ku hidup bagiMu , mataku tetap tetap memandangMU, dunia tak bisa menjauhkanku dari kasihMu

Kata menyembah dalam bahasa Yunani prostuneo diumpamakan, seperti seekor anjing yang memandang tangan tuannya, kemanapun tangan tuannya bergerak dia akan terus memandangnya.

3. Hasratnya hanya tertuju pada air

Mazmur 63:1 Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. (63-2) Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair.

Daud sedang mengungkapkan kerinduan hatinya kepada Tuhan, bagaimana dengan hati kita? apakah sudah menjadi tawar dan hambar. Memasuki ulang tahun GBI ke 25, Gembala Pembina mengingatkan untuk kita menjadi prajurit yang tangguh dalam doa pujian penyembahan siang dan malam  yang unity. Daud ditengah kesibukannya sebagai seorang Raja, dia menyembah Tuhan  7 kali dalam sehari memuji nama Tuhan, Mazmur 119:164 Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. Daniel juga memiliki hasrat untuk selalu dekat dengan Kristus, Daniel 6:14 Lalu kata mereka kepada raja: “Daniel, salah seorang buangan dari Yehuda, tidak mengindahkan tuanku, ya raja, dan tidak mengindahkan larangan yang tuanku keluarkan, tetapi tiga kali sehari ia mengucapkan doanya.”. Yesus juga memilki hasrat selalu bersekutu dengan Bapanya, Markus 1:35 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

4. Rela berkorban apa saja demi Yesus

Filipi 3:7-8
7  Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.
8  Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus
,

Peganglah Kristus apapun yang terjadi dalam hidupmu, jangan sangkali Dia demi sesuatu yang fana.

Kalau Roh yang dari atas turun, kuasanya akan bergerak maka tanah kering akan diubah menjadi  kebun buah-buahan dan kebun buah-buahan akan berubah menjadi hutan.

Tuhan Yesus memberkati

 

5 artikel terakhir oleh nelly

Categories: Sermon Note