Menerima Urapan Tuhan dan Di ubahkan

January 9, 2015 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah Minggu, 4 Januari 2015

Pengkotbah : Ps. Stevan (Bethany Church Singapore)

1. Bagaimana menerima urapan Tuhan? Pengetahuan tidak dapat mentransferkan apa yang Tuhan inginkan. Urapan yang berasal dari kehidupan Tuhan datang dari firman Tuhan. Sebab hanya kebenaranlah yang akan memerdekakan engkau, firman Tuhan akan mengajarkan bagaimana cara menerima urapan Tuhan.
2. Bagaimana kita tahu rencana Tuhan? Ini tahun 2015 kita perlu tahu apakah yang Tuhan mau bagi kita? apakah ini area yang perlu kita ambil atau tidak? Di tahun ini apa harus merid? Atau harus kerja? Kita harus tahu apa yang Tuhan mau dalam hidup kita.  Semua orang mau tahu masa depannya.
3. Naik Level. 2014 sudah lewat kita mau naik 1 level lebih tinggi, tahun ini Tuhan mau gereja Tujan naik level lebih lagi tidak ada yamg mustahil bagi Tuhan. Ketika saya berbicara saya sedang menggunakan satu frase dimana kita harus melihat yang belum kita lihat, pagi ini saya mau kita melihat dengan iman. Tahun ini kita akan lihat banyak orang antri masuk dengan gereja kita seperti orang antri di mcdonald, KFC dan starbucks ini semua memang di dunia tapi saya yakin akan ada banyak orang antri utk kerajaan Allah kita harus dengan menyatakan Tuhan samggup tidak ada satupun terjadi dengan sendirinya. Buah mangga yang matang tidak akan jatuh sendirinya saya harus lempar batu supaya buah itu jatuh begitupun kita harus fokus untuk naik level ada tindakan yang perlu kita ambil untuk naik ke level yang lebih tinggi. Mari kita semua siap untuk naik ke level lebih lagi tahun ini sebab ini tahun pelipatgandaan Tuhan sanggup karena itu Tuhan membawa saya kesini saya percaya Tuhan punya alasan dan tujuan. Dan hari minggu ini menjadi hari profetik dari hari sebelumnya.

2 Raja-raja 9:1-7
Ketika kita mebaca kejadian ini nabi elisa memangil salah satu rombongan nabi untuk membawa buli-buli minyak. Pergi kepada Yehu untuk mengurapinya menjadi raja dan menghancurkan Raja Ahab. Apa yang kita tarik darisini ? Kita sedang bicara tentang urapan Tuhan. Murid ini pergi ketika dia melihat Yehu aku punya pesan untuk kamu, Yehu bertanya untuk siapa?  Ini bercerita Yehu tidak senstif dengan pesan tuhan. Jika kita mau menerima urapan kita harus tahu siapa orang-orang yang ada disekitar kita. Ayah suka berkata kepada saya ,  “katakan siapa temanmu dan saya akan beritahu siapa kamu”.  Jika tahun ini kita mau naik level kita harus tahu siapa teman-teman disamping kita. Tahun ini adalah tahun dimana kita harus memotong teman kita, kita harus memotong beberapa kebiasaan kita, mengurangi  hal-hal yang buruk dalam hidup kita, kita harus berani memotong berapa hal supaya kita sensitif dengan Tuhan.  Di dalam Alkitab minyak  berbicara tentang urapan, pertanyaannya kenapa Yehu harus ditarik ke dalam untuk diurapi kenapa tidak didepan orang-orang?  Karena setelah itu Yehu keluar apa yang teman-temannya akan tanya? Dan ternyata teman-temannya berkata pada Yehu, “ Apa yang dikatakan orang gila itu” ?  Walaupun itu nabi teman-teman Yehu mengira nabi itu orang gila. Itulah mengapa ketika seseorang ingin menerima urapan ia harus masuk ke ruang dalam, Yehu harus msuk ke ruang dalam supaya tidak dikira orang gila. Kita harus punya ruang dalam bersama Tuhan itulah kenapa kita percaya doa, menara doa,kita percaya waktu doa sangatlah penting untuk kita. Saya mendeklarasikan bagi pribadi lepas pribadi hari ini marilah masuk keruang dalam sebab tahun ini tidak akan sama lagi sebab urapan Allah akan kita terima di ruang dalam. Berapa dari kita bisa mengatakan kita berada diruang dalam?  Di dalam rumah orang hindu banyak ruangan tapi ada 1 ruangan tempat berdoa dan berhala mereka secara khusus. Sebagai orang kristen berapa dari kita punya ruang dalam, Kadang kita mikir simpel tentang itu padahal orang-orang dunia memberikan hal khusus bagi berhala mereka. Kita bukan menerima urapan yang murah kita harus ambil waktu sendiri dengan Tuhan perlu komitmen ada harga yang harus saya bayar. Ketika semua orang menikmati dunia saya harus disiplinkan hidup kita untuk menerima urapan yang baru. Tuhan mengurapi Yehu setelah itu murid Tuhan ini menyatakan apa yang harus Yehu lakukan.
1.Ia diurapi sehingga kepala jadi basah.
2. Rencana Tuhan diberitahukan di ruang dalam.

3. Status berubah, kehidupan berubah (Naik level.
Alkitab memberi contoh tentang macam-macam doa 1 Raja-raja : 16- 17 menceritakan tentang Elia berdoa agar hujan tidak turun, dan tentang wanita yang anaknya meninggal. Di gereja ketika sesuatu berjalan normal tidak ada yang marah tetapi jika ada kesalahan pastor menjadi kambing hitam pasti disalah-salahin. Kalau saya Elia saya akan marah pada wanita ini kenapa kamu mengeluh pada saya? Tapi Elia manusia Tuhan ia hanya bilang berikan anak itu pada saya dan dia membawa anak itu ke ruang atas.  Kenapa Elia membawa anak itu pada ruang atas? Sebab ruang bawah hanya doa biasa ada satu ruangan kita harus naik kalau kau mau membangkitkan orang kau harus naik ke atas bukan dilantai dasar saja itu tidak cukup. Jika engkau dan saya mau melihat 1more person for Jesus doa di lantai dasar tidak cukup kita harus naik level lebih tinggi. Pasal 18 berkata Ahab segera pergi untuk menikmati hidupnya tapi Eliah naik ke gunung karmel dan berdoa untuk memberhentikan hujan. Kita perlu doa diruang atas. Kita harus pergi lagi ke puncak naik ke puncak perlu disiplin yang lebih mungkin susah tapi itu tidak mustahil. Kita harus tahu apa yang kita harus lakukan dan yang tidak bisa kita lakukan. Kita fokus pada kerajaan Allah, Paulus juga melatih dirinya sendiri. kehidupan kristen adalah hidup disiplin. Pintu yang terbuka mujijat terjadi jika kita displin mempunyai wktu khusus untuk Tuhan. Kita terlalu sibuk, tidak ada waktu berdoa. Bagaimana? Saudara untuk segala apapun yang penting pasti harus punya wktu. Walaupun engkau sibuk, kalau saya bangun telat saya harus menyikat gigi saya, mandi juga penting kalau tidak mana bisa saya ke gereja, mana mungkin kita bisa bilang kita tidak mandi, ini penting bukan? Sama pentingnya dengan berdoa. Sama sepeti mandi dan jaga makan jika doa itu adalah penting bagaimana anda dapat berkata anda tidak ada waktu. Kau punya waktu untuk ecerxise dan mandi semua penting. Tuhan tidak murah ada harga yang harus kita bayar. Tahun iniharus berubah harus berdispilin harus berkomitmen mengambil keputusan untuk memiliki ruang dalam kehidupanku. Ditengah-tengah kesibukan minta Tuhan untuk memberikan kasih karunia untuk memberhentikan segala sesuatu supaya kau punya waktu untuk berdoa. Gereja adalah gereja berdoa lihat Sadrakh Mesakh dan Abednego. 1 More person for Jesus bukan sesuatu yang gampang dan tidak terjadi sendirinya. Kita perlu ruangan dalam untuk menerima urapan Tuhan, disana kita dapat tahu rencana Tuhan.

Jika kita mau tahu rencana Tuhan mari masuk ruang dalam. Apa yang akan terjadi? Statusmu juga akan berubah. Yehu berubah dulu dia komandan disana ketika dia keluar dari ruang dalam ayat 13 Yehu berkata pada teman-temannya bahwa Tuhan mengurapi dia jadi raja. Setelah itu mereka yang mendengar penyataan Yehu langsung berseru Yehu adalah raja. Kita menjadi orang yang tidak sama lagi. Keputusan yang kau ambil tidak sama lagi sampai engkau mengalaminya maka kita dapat menyatakannya. Mendengar berkotbah sangat mudah, tapi harus mengalami Tuhan apapun yang terjadi. Pak david mengajak saya makan Thai food dia bilang ini enak, dia bisa rekomen karena dia sudah merasakanya. Kita sudah menikmati Allah kita harus memberitakannya. Mereka mau ikut atau tidak bukan masalah kita harus memberitahu jika kamu mencobanya kamu akan mengalami perubahan karena doa berkerja. Yunus keluar dari perut ikan,  bayangkan jika Yunus tidak berdoa ia akan tetap dalam perut ikan dan mati disana . Coba kita pikir Tuhan mau menghancurkan niniwe tapi bangsa ini berdoa dan bertobat sehingga Allah tidak menghancurkan. Hizkia percaya pada doa sehingga ia tidak jadi mati dan Tuhan memberikan umur 15 tahun lagi coba kalau Hizkia tidak berdoa dia mati. Karena dia berdoa Yunus dimuntahkan dan Hizkia hidup. Karena engkau tak pernah berdoa maka situasimu tidak berubah, jika engkau berdoa Tuhan akan mengubahkan keluargamu dan memberi mujijat. Percaya pada Tuhan doa berkeja tidak ada yang mustahil. Smua bisa jadi kenyataan ketika berdoa tapi ini tidak mudah ini penting untuk kita lakukan di sini dalam gereja mungkin kita bisa bilang amin pas udah keluar kita lupa, saudara janganlah menjadi sama dengan tahun 2014. Apapun yang kita hilang di tahun 2014 Tuhan akan merestorasi semua yang hilang jika kau mau kembali kepada Allah tidak ada yang mustahil.

1. Urapan
2. Tuhan menyatakan rencananya
3.Status kita berubah bukan org yg sama lagi.
Ketika musa bersama orang Israel ia manusia biasa tapi ketika ketemu Tuhan orang melihat wajahnya penuh cahaya Karena bertemu Tuhan. Ketika kita memilik keintiman dengan Tuhan kita lebuih mengenal Tuhan maka dari itu ruang dalam sangat penting. Biarlah di tahun ini menjadi tahun dimana kita bisa menghabiskan waktu bersama Tubam mendengar suara Tuhan lebih jelas mengambil keputusan dengan jelas mari naik level lebih tinggi lagi bersama Tuhan.

 

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note