Mengenal Tuhan Dengan Benar

May 12, 2015 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah Minggu, 10 Mei 2015

Pembicara : Ps. Esther Situmorang

Mazmur 103:7 “Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-kepada orang Israel”.

Kata jalan-jalannya kepada Musa dan perbuatannya kepada israel merupakan dua kalimat yang memiliki makna berbeda, kata jalan berarti rancangan atau rencana. Tuhan memperkenallan isi hatinya kepada Musa dan perbuatan adalah hasil dari dari rancangan tersebut. Perbuatan Tuhan kepada bangsa Israel lahir dari rancangannya yang sudah lebih dulu diberitahukan kepada Musa. Musa merupakan pengantara antara bangsa Israel dengan Tuhan, melalui Musa bangsa Israel dapat mengenal Allah, kata perbuatan dan jalan merupakan hal yang berbeda, terkadang kita sebagai manusia kita lebih cenderung melihat hanya kepada perbuatan tangan Allah saja kita lupa akan jalan-jalannya Tuhan. Wajar jika kita berdoa memohon berkat Allah dan menikmati perbuatan tangan Allah itu tidak salah sebab perlu kita sadari bahwa Allah terlebih rindu untuk memberkati kita semua anak-anaknya, adalah sukacita besar bagi Tuhan untuk memenuhi kebutuhan kita. Yesaya 30:18 “Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!”

Mazmur 106:12 saat Musa membawa bangsa Israel menyebrangi laut Teberau, ketika Musa melihat mujijat itu mereka menyanyi puji-pujian bagi Tuhan oleh karena melihat perbuatan tangan Tuhan oleh karena mujijat Tuhan, akan tetapi Alkitab mencatat dalam ayat 13 segera bangsa Israel lupa akan perbuatan tangan Tuhan, sedikit bahaya bagi kita yang mengenal Tuhan dari kebaikan-Nya saja terkadang kita orang kristen hanya mau yan enak-enaknya saja, yang kita kejar hanya perbuatan tangan-Nya saja kita tidak mau tahu jalan-jalannya Tuhan. Baiklah kita semua mencari hati Tuhan, apa yang Tuhan inginkan, kita percaya disaat kita mencari isi hatinya Tuhan kita akan mendapat tangan-Nya.

Mengapa Tuhan memperkenalkan isi hatinya pada Musa?

  1. Musa dikenal dengan sebutan si “Hati yang lembut” bukan lembek tapi didalam kelembutan hatinya disitu terleltak kekuatan yang besar yang membuat dia memiliki prinsip sikap positif dalam menghadapi masalah.
  2. Musa mengandalkan Tuhan Keluaran 33:15 , seberapa besar kebergantungan kita pada Tuhan?
  3. Musa seorang pendoa, perantara , pendamai antara Tuhan dengan bangsa Israel,Musa berdoa bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk bangsanya untuk orang lain. Sudah seringkah kita berdoa? Sudah naik levelkah doa kita? Apa kita masih hanya mendoakan diri kita sendiri saja? Apa kita sudah naik level berdoa bagi orang lain? Hiduplah dalam doa maka disitulah Tuhan akan memberitahukan isi hatinya pada setiap kita, amin.
 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note