Pembaharuan

April 8, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

(Sharing firman oleh Ibu Rosianti)

25 Maret 2009

 

I. Pembaharuan adalah penciptaan kembali & perubahan sifat seseorang yg dilakukan oleh Allah & Roh Kudus.

Yes 43:18-19 (jgnlah ingat2 hal2 yg dahulu & jgnlah perhatikan hal2 yg dr zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yg baru). Allah telah berjanji utk membuat sesuatu yg baru pd hari2 terakhir ini. Dia melawat gereja utk memulihkannya kembali pd keindahan & kemuliaannya. Tuhan sedang mengerjakan pekerjaan pemulihan bagi Gereja saat ini dg pencurahan Roh Kudus. (Titus 3:5 –> Dia telah menyelamatkan kita, bukan krn perbuatan baik yg telah kita lakukan, tetapi krn rahmatNya oleh permandian kelahiran kembali & utk pembaharuan yg dikerjakan oleh Roh Kudus).

Pembaharuan ini diperlukan krn terlepas dr Kristus, semua org dg sifat bawaannya adalah org berdosa & tdk mungkin taat & berkenan kpd Allah.

- Maz 51:7 (dlm kesalahan aku diperanakkan, dlm dosa aku dikandung ibuku)

- Rm 8:7 (mrk yg hidup dlm daging, tdk mungkin berkenan kpd Allah)

- 1 Kor 2:14 (manusia duniawi tdk menerima apa yg berasal dr Roh Allah, sebab hanya dpt dinilai secara rohani)

Melalui proses pembaharuan ini, hidup kekal dr Allah sendiri disalurkan ke dlm hati org percaya, shg dia menjadi Anak Allah atau ciptaan yg baru. (2 Kor 5:17 –> Jadi siapa yg ada di dlm Kristus, ia adalah ciptaan yg baru, yg lama sdh berlalu, sesungguhnya yg baru sdh dtg). Orang yg sdh mengalami pembaharuan, tdk menyesuaikan diri lg dg dunia, namun kini diciptakan menurut kehendak Allah di dlm kebenaran & kekudusan. (Kol 3:9-10 –> telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya … telah mengenakan manusia baru yg terus menerus diperbaharui; Ef 3:23-24 –>spy kamu dibaharui di dlm roh & pikiranmu … mengenakan manusia baru).

Pembaharuan dialami oleh mereka yg bertobat dr dosa & berbalik kpd Allah (Mat 3:2), lalu beriman kpd Yesus Kristus sbg Tuhan & Juru Selamat (Yoh 1:12).

Hasil dr Pembaharuan :

Kalau kita dipulihkan/diperbaharui, maka kita akan menerima :

1. Roh yg baru (Yeh 36:27)

2. Hidup yg baru (1 Yoh 5:11)

3. Nama yg baru (Yes 62:2 ; Kis 11:26)

4. Sifat yg baru (2 Kor 5:17)

5. Hati yg baru (Yeh 36:26)

6. Pikiran yg baru (Ef 4:23-24 ; 1 Kor 2:16)

7. Otoritas yg baru (Luk 10:19 ; Yak 4:7)

8. Keluarga yg baru (Yoh 1:12)

9. Tujuan yg baru (1 Ptr 2:9)

II. Di dlm melakukan pembaharuan, kunci dr kemenangan kita adalah "pembaharuan pikiran" (Rm 12:2;      2 Kor 5:17; Ef 4:23; Kol 3:9-10). Kita hrs memperbaharui pikiran kita utk bisa hidup & berjalan sbg manusia baru. Maksud dr memperbaharui pikiran adalah merubah pola pikir kita sesuai dengan Firman Allah. (Ams 3:5 –> Percayalah kpd Tuhan dg degenap hatimu & jgnlah bersandar kpd pengertianmu sendiri).

Pd waktu kita lahir baru, yg diperbaharui Tuhan hanyalah roh kita, tetapi jiwa kita hrs diperbaharui dg merubah cara berpikir kita (Rm 12:2). Pikiran kita adalah bagian dr jiwa kita & merupakan "pusat" drpd segala pengontrolan tubuh fisik kita. Jadi hidup baru, artinya memperoleh ide2 baru & sikap baru (sesuai firman) & melepaskan sikap lama. Bukti kita sdh menjadi ciptaan baru adalah perubahan. Kita tdk bisa berkata saya sdh berubah, kalau cara berpikir kita tdk berubah & memperbaharui pikiran itu bukan 1x saja ttp terus menerus sampai Tuhan datang.

Jadi pembaharuan pikiran itu adalah suatu proses/gaya hidup, dimulai hr ini sampai kita berubah & mengenakan tubuh yg tdk binasa/mati (1 Kor15:51-54). Ingat! Perubahan adalah suatu proses (tdk instant), hrs sabar terhadap diri sendiri, jgn frustasi & putus asa (Ibr 6:12). Jadikan perubahan sbg suatu proses & gaya hidup kita! Pusat kehidupan kita hrs diubah, yaitu pikiran kita.

Ada 12 langkah bagaimana kita bisa mulai berubah :

1. Keputusan utk berubah hrs kita buat (Ul 30:19; Yos 24:15)

2.Serahkan kehendak kita seluruhnya, seutuhnya kpd Tuhan.

3.kehendak kita hrs mati spy kehendak Allah hidup. Kita hrs berkurang, biar Kristus bertambah (Ay 36:11)

4. Miliki keinginan besar & kerinduan yg kuat utk berubah, shg ini akan memotivasi kita utk berubah. Perhatikan apa yg ingin kita rubah & hindari apa yg menjadi kelemahan kita.

5. Perdalam pengetahuan kita bagaimana menjadi spt apa yg Allah kehendaki. (Yer 29:11; 3 Yoh 2) Kita tdk bisa hidup baik2 & sehat dlm segala hal sampai jiwa (pikiran,kehendak,emosi) baik. Pikiran & pengertian kita hrs diisi dg memperdalam pengetahuan akan kehendak Allah, jalan2 & rencanaNya dlm hal kesehatan roh, jiwa, tubuh & keuangan.

6. Lihat ke dlm firman sbg "cermin" agar kita bisa berubah, shg kita tahu bagaimana seharusnya sbg pengikut Kristus.

7. Dengan sungguh2 rajin mengaplikasikan/mempraktekan kebenaran yg kita pelajari (dr kaset/buku) dr hari ke hari dg rajin & konsisten. Konsistensi, disiplin adalah kunci utk penerobosan.

8. Harus menjaga hati kita dg waspada (Ams 4:23).  Jaga pintu2 masuk menuju ke hati kita (mata, telinga, mulut). Dengar & lihat, perkatakan sesuatu yg memberi kehidupan (Yoh 6:63)

9. Lindungi pikiran kita dr pikiran/usulan2 lama (2 Kor 10:5). Kita bisa mengontrol pikiran kita bahkan menawannya utk tunduk & taat pd pikiran Kristus. Caranya : buang pikiran yg tdk sesuai dg firman, berpikir spt Alkitab & taklukan dg cara mendeklarasikan/ memperkatakan apa yg firman katakan mengenai kita.

10. Seleksi lingkungan dimana kita berada saat ini (teman2, tempat2 yg kita kunjungi, lagu2, pembicaraan,program yg kita tonton, dll)

11. Putuskan hubungan dg masa lampau/ikatan2 lama (Flp 3:13)

12. Terbuka hatinya utk menerima koreksi, teguran & miliki hati yg dapat atau mau diajar (Ams 3:12; Ams 27:5)

Andalkan Tuhan & bergantung padaNya, jg pd orang yg lebih dewasa rohani utk mendukung kita (Kita hrs mau dimuridkan, baru bisa memuridkan org lain).

 

Tuhan Yesus Memberkati.

(Sharing Sermon dirangkum oleh Ibu Rosianti)

Donita

Di Rumah Misi

Sukhumvit Soi 4

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Artikel & Tips