Tanggung Jawab yang Diabaikan

August 2, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

arkofthecovenant Daud merasa marah kepada Tuhan ketika Uza mati saat mengangkat tabut perjanjian, tetapi penghakiman telah datang karena kurangnya pengertian dipihak Daud dan para pemimpinnya.

Musa berkata: “Inilah perintah, yakni ketetapan dan peraturan yang aku ajarkan kepadamu atas perintah Tuhan, Allahmu, untuk dilakukan dinegeri, kemana kamu pergi untuk mendudukinya supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan Tuhan, Allahmu.”(Ulangan 6:1-2)

Musa telah memberikan petunjuk yang jelas : “Untuk takut akan Tuhan,kita harus mengetahui dan menaati jalan-jalanNYA lebih dari segalanya. Perintah ini tidak hanya diberikan kepada bangsa Israel tetapi Allah juga memberikan perintah-perintah khusus kepada raja. Apabila ia duduk diatas takhta kerajaan, harus ia menyuruh menulis baginya salinan hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang lewi. Itulah yang harus ada disampingnya dan ia harus membacanya seumur hidup untuk belajar takut akan Tuhan, Allah…” (Ulangan 17:18-19)

Kurangnya pengetahuan inilah yang membuat bangsa Israel meniru cara-cara orang kafir atau dunia untuk membawa tabut Allah. Bangsa Israel telah dipercayai untuk menerima perkataan-perkataan Allah oleh karena itu mereka harus bertanggung jawab sesuai dengan cara-cara yang Tuhan kehendaki bukan dengan tata cara yang orang kafir/dunia lakukan.

Dikutib dari buku: Takut akan Tuhan

Karangan: John Bevere

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Artikel & Tips