Ada Tanggung Jawab Kita di Setiap Janji Tuhan dalam Hidup Setiap Kita

January 15, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

Sermon by: Ps. Olga Siahaan

26 Desember 2009

Yosua 1:1-9

Perikop yang kita baca di nats ini tentang penugasan Musa dari awal bahwa Musa akan membawa bangsa pilihan Tuhan,Israel, keluar dari tanah Mesir dan memasuki tanah perjanjian. Ini suatu perintah dari Tuhan yang harus dilakukan oleh Musa, ini bukan suatu usulan. Tuhan mempunyai suatu kehendak bagi setiap kita dan setiap kita harus mentaatinya supaya mendapatkan perkenanNya lebih lagi dalam hidup setiap kita.

Jika Tuhan memerintahkan/menugaskan sesuatu kepada setiap kita maka itu berarti Tuhan percaya kita pasti dapat melakukannya karena Tuhanlah yang memampukan setiap kita dan dari pihak kita dibutuhkan kerelaan dan kepercayaan untuk melaksanakan perintahNya. Kita tak pernah berjalan sendiri!

Tanah perjanjian diartikan dalam arti rohani adalah “melakukan perintah Tuhan/kegenapan kehendakNya atas setiap hidup kita!”

Kita adalah Israel rohani dan apa yang ditetapkan Tuhan bagi bangsa Israel itupun kita miliki. Kita dilayakan oleh darahNya, oleh perjanjianNya. Tuhan kita adalah Tuhan yang setia akan janji-janjiNya,bagaimana dengan kita kepadaNya.

Ada kehendak Tuhan dalam setiap hidup kita! Saat kita alami kehendakNya dalam setiap hidup kita maka itu berarti kita sudah memasuki tanah perjanjianNya!

Efesus 5:15-17

Ada kehendakNya yang sifatnya korporat dan individual bagi jemaatNya/bagi kita. Sampai kita mengetahui kehendak Tuhan dalam hidup setiap kita, ini adalah hikmat dariNya didapati melalui keintiman/hubungah yang erat/persekutuan yang makin erat kepadaNya.

Walk in wisdom didapati melalui hubungan yang erat denganNya (perenungan firman Tuhan, perekutuan yang hidup, mendengarkan khotbah-khotbah,penyembahan yang hidup dan seterusnya).

Lihat dan pelajari dimanakah posisi rohani kita saat ini! Posisi rohani kita dapat

digambarkan melalui pertandingan-pertandingan yang kita hadapi dalam melakukan kehendakNya dalam hidup kita! Kemenangan kita adalah saat kita mentaati kehendakNya saat kita menghadapi setiap pertandingan demi pertandingan /ujian demi ujian dalam hidup kita.

Tanda-tanda orang yang memasuki tanah perjanjian adalah maksimal dalam melakukan kehendakNya dalam hidup kita dengan bertujuan untuk kemuliaanNya!

Yosua 1:6,7,9

Tiga kali Tuhan ingatkan Yosua dan ini berarti suatu hal yang serius! Sebab Tuhan sudah tahu ada tantangan yang akan dilalui oleh Yosua dan bangsa Israel dalam memasuki tanah perjanjianNya.

Memasuki tahun 2010 kita harus kuat dan teguh didalam Dia supaya keluar jadi pemenang. Ada banyak hal yang kita belum tahu tapi Tuhan Maha tahu karena itu tetap percaya,setia dan taat kepadaNya.

Berdoa lebih sungguh-sungguh bagi setiap hal yang Tuhan beritahukan kepada kita! Berdoa bagi bangsa Indonesia, bagi tempat dimana kita ditempatkan oleh Tuhan didunia ini supaya kehendak Tuhan,kemuliaanNya dinyatakan dimana setiap utusanNya berada! Sekalipun ada banyak tantangan, ada banyak kemustahilan dan seterusnya tetaplah taat dan teguh akan panggilanNya dalam setiap kita!

Yosua 1:3

Setiap tempat yang kita pijak,kita masuki,setiap project yang dipercayakan kepada kita biarlah itu semua untuk menyatakan kebesaran kuasaNya dalam hidup setiap kita! Ada janji dominion/penguasaan/pengelola kepada setiap kita yang berserah kepadaNya secara penuh!

Setiap janji-janji Tuhan yang dilepaskan bagi setiap kita itu ada tanggung jawabnya! Tuhan kita adalah seorang investor! Dia percayakan setiap kita untuk melipat gandakan talenta/kepercayaan/tugas-tugasNya dalam hidup setiap kita. Tuhan percaya bahwa setiap kita menghasilkan keuntungan/keberhasilan bagi kerajaanNya karena Dia memampukan kita!

Dalam hidup ini secara garis besar Tuhan sediakan bagi setiap kita adalah:

Janji Penguasaan (Yosua 1:3)

Janji Penyertaan Tuhan (Yosua 1:5)

Janji Keberhasilan ,Keberuntungan & Kebahagian ( Yosua 1:7,8)

Marilah kita lakukan setiap kehendakNya dalam hidup dengan tanggung jawab yang benar. Berjalan tidak kekanan dan kiri, setia,teguh dan taat dalam melakukan kehendakNya supaya kita memasuki tanah perjanjianNya. Dia tak pernah meninggalkan selama kita berjalan pada rencana-rencanaNya!

Tuhan Memberkati

 

Doa Puasa

Di Sethiwan Palace Lt. 3

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note