Anggur Baru Vs Anggur lama

January 23, 2010 - Author: imelda - Comments are closed

Ps. Limah Lim Siahaan dan Ps. Olga Siahaan

Minggu 10 Januari 2010

 

Pemulihan dan Kelimpahan – Bagian dari janji Tuhan

Sesuai tuntutan Tahun 2010 bahwa tahun ini adalah TAHUN PEMULIHAN DAN KELIMPAHAN. .

Yoh 10:10

Sejak awal Tuhan menciptakan kita supaya hidup kita diberkati, bahkan diberkati berlimpah limpah.

Kis 3:15-21

Firman ini dinyatakan ketika petrus berkotbah di serambi salomo. Petrus merupakan murid Tuhan yang terkesan pemberani. Banyak hal yang bisa kita lihat dalam kisah tentang petrus di alkitab yang menyiratkan dia seorang yang berani. Namun ketika dia menyangkal Tuhan bahkan sampai 3 kali, kita bisa melihat sesungguhnya dia seorang yang penakut. Namun terlepas dari semua itu satu hal luarbiasa dari seorang pribadi petrus adalah bahwa ketika dia melakukan kesalahan dia mau berbalik kepada Tuhan, bertobat sungguh sungguh. Hidupnya dipulihkan, dia menjadi seorang pemberani yang sejati didalam Tuhan, luarbiasa dan bahkan memenangkan banyak jiwa bagi Tuhan.

Kita juga bisa belajar dari pribadi Daud yang dikenal sebagai orang yang berkenan bagi Tuhan. (Mazmur 26:2) Daud selalu meminta untuk Tuhan menyelidiki hatinya setiap hari, artinya Daud memiliki roh pertobatan setiap hari . Kita juga perlu melakukan hal yang sama. Untuk mengalami pemulihan kita perlu memiliki pertobatan setiap hari dalam hidup kita.

Kis 3:20

Berbicara tentang waktu kelegaan dan pemulihan. Jika kita ingin mengalami kelegaan dan pemulihan dalam hidup kita, maka kita sangat perlu untuk melakukan hal yang sama seperti yang Daud dan Petrus lakukan, yaitu roh PERTOBATAN SETIAP HARI. Inilah yang Tuhan kehendaki dalam hidup kita, ketika Tuhan menegur kita atas pelanggaran kita, kita tidak berbantah bantah dengan Tuhan tetapi langsung dengan kelembutan hati melakukan pertobatan. Tuhan datang untuk memulihkan dan memberkati hidup kita. Apa pemulihan itu? Pemulihan juga berbicara tentang restorasi atau mengganti yang hilang dari hidup kita.

Yoel 2: 19-27

Ayat ini berisi tentang janji janji Tuhan dalam hidup kita. Apa saja yang akan Tuhan pulihkan dalam hidup kita?

1. Hujan, ini merupakan salah satu yang akan Tuhan berikan sebagai bentuk pemulihan dalam hidup kita. Hujan berbicara tentang Roh Kudus, yang memberikan kesegaran dalam hidup kita. Tuhan mencurahkan rohNya kepada siapapun yang rindu dan haus akan kehadirannya.

2. Gandum, secara jasmani berbicara tentang berkat berkat materi, tetapi juga berbicara tentang roti, kelimpahan akan firman Tuhan. Tuhan akan limpahkan pewahyuanNya akan firmanNya, ketika kita membaca firman Tuhan, mata kita Tuhan celikkan sehingga kita mengerti rahasia rahasia firmanNya.

3. Anggur, berbicara tentang sukacita, Tuhan akan pulihkan sukacita kita. Karena sukacita adalah kekuatan kita dalam menghadapi hidup ( 1 Kor 10:13)

Anggur juga berbicara tentang cinta kasih, hubungan kita dengan Tuhan akan Tuhan pulihkan. Hubungan dalam keluarga, antara suami dan isteri, antara orangtua dan anak, juga hubungan dengan sesama juga akan Tuhan pulihkan.

4 Minyak, berbicara tentang pengurapan. Tuhan juga akan memulihkan pengurapan pengurapan yang baru atas hidup kita.

Wine and Bread 5  12-10

Lukas 5:39

Merupakan penutup dari perikhop tentang hal berpuasa. Tuhan berkata bahwa anggur yang tua jauh lebih baik dari anggur yang muda usianya. Kita pun tahu bahwa anggur yang sudah tersimpan lama menghasilkan kualitas dengan citarasa yang jauh lebih baik daripada anggur yang baru. Kenapa Tuhan membandingkan anggur baru dengan anggur tua. Dalam hal ini murid Tuhan sedang berdebat mengenai hal berpuasa dengan orang orang farisi pada masa itu. 

Anggur yang tua dalam perumpamaan ini melambangkan:

a. Sesuatu yang telah melewati proses, seperti hidup yang Tuhan proses, ada yang harus kita bayar dan korbankan.

b. Sesuatu yang berharga / bernilai tinggi

c. Sesuatu yang nikmat / citarasa yang tinggi.

d. Stagnasi

e. Yang sudah ada

Sedangkan Anggur baru melambangkan:

a. Sesuatu yang harus dimulai dari awal

b. Sesuatu yang belum kelihatan nilainya

c. Sesuatu yang belum kelihatan endingnya / akhirnya

d. Bergerak bersama Tuhan dengan resiko

e. Sesuatu yang baru

pd1438586Anggur yang tua berbicara tentang pengalaman  hidup yang berhasil berjalan bersama Tuhan.

Anggur baru Vs Anggur tua berbicara tentang kenyamanan hidup Vs kegerakan Tuhan. Seringkali ketika kita sudah mencapai satu level keberhasilan hidup bersama Tuhan, sulit bagi kita untuk bergerak lebih lagi meninggalkan zona kenyamanan kita untuk ikut bergerak bersama Tuhan. Seringkali ketika kita ada pada satu titik nyaman, Tuhan menyuruh kita membongkar tenda kita dan meminta kita bergerak lagi bersama Tuhan, kita terlalu banyak bertanya dan berbantah bantah. sebaliknya mari taat saja.

Anggur baru Vs Anggur tua, sesuatu yang bernilai tinggi dan sesuatu yang belum kelihatan nilainya. Anggur tua berbicara tentang segala sesuatu yang sudah berhasil, pola pelayanan yang berhasil, taraf hidup yang benar, pola pola hidup rohani yang mapan, tiba tiba Tuhan meminta untuk mengganti semuanya. Seperti Israel pada waktu di mesir, makanan yang mereka nikmati jauh lebih baik daripada ketika mereka tinggal dipadang gurun. Seringkali ketika Tuhan minta kita bergerak, sulit bagi kita meninggalkan zona nyaman kita.

Anggur baru Vs Anggur tua, berbicara tentang stagnasi, atau bergerak bersama dengan Tuhan dengan resiko karena ending atau akhirnya bagaimana kita belum mengetahuinya. Ketika murid murid memilih bergerak bersama Tuhan dengan menjadi murid Tuhan justru malah yang mereka lihat adalah Yesus mati di kayu salib meninggalkan mereka. pilihan yang “sangat beresiko” namun jauh lebih baik bergerak bersama Tuhan dan menjadi penjala manusia daripada stagnan dan menjadi penjala ikan.

Anggur baru Vs Anggur tua, berbicara tentang yang sudah ada dengan sesuatu yang baru. Jangan pernah berhenti bergerak bersama Tuhan. Meskipun kita sudah ada pada satu titik keberhasilan dalam banyak hal. Karena seringkali tanpa sadar, ketika kita ada pada zona nyaman, keberhasilan maka apa yang ada pada kita menjadi berhala dalam hidup kita. Yang membuat kita tidak bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Mari taat dan langsung bergerak ketika Tuhan minta kita untuk bergerak mengikuti tiang awan dan tiang api yang bergerak tanpa banyak berbantah bantah dengan Tuhan. Ketika kita berani melangkah meninggalkan zona zona keberhasilan dan kenyamanan kita, artinya kita mengasihi Tuhan dan merelakan diri untuk Tuhan pakai. Seperti ketika Paulus dengan taat pergi ke Roma seperti yang Tuhan perintahkan, maka 1 abad kemudian kerajaan Roma menjadi percaya kepada Tuhan dan sempat menjadi pusat kegerakan Tuhan. Ketika Paulus taat kepada Tuhan, maka Tuhan berkarya hebat lewat kehidupan paulus. Kita perlu melatih diri kita untuk hal hal yang baru. Mari kita responi ketika Tuhan meminta kita untuk melakukan hal hal yang baru.

Proses anggur yang baru menjadi anggur tua

Anggur yang baru pasti akan menjadi anggur yang tua, tetapi intinya adalah jangan stagnan hanya pada anggur tua. Mari terus bergerak bersama Tuhan.

Ada 2 proses ketika anggur baru menjadi anggur tua:

a. Pembaharuan kantong kulit/ kantong anggur ( Lukas 5:37)

Orang Yahudi menyimpan anggurnya pada kantong kulit. Kantong kulit yang lama tidak bisa dipakai lagi dengan anggur yang muda karena kantong anggur akan rusak. Dalam hal ini kantong anggur yang tua harus melewati proses pencucian dan pengeringan untuk bisa kembali dipakai menjadi menyimpan anggur baru. Langkah pertama jika kita ingin bergerak bersama Tuhan, Ijinkan Tuhan untuk memproses hidup kita. “Kantung hidup” kita dicuci oleh Tuhan, sampai Tuhan temukan hidup kita cukup lentur untuk bisa menampung anggur yang baru daripada Tuhan.

b. Anggur baru harus disimpan pada kantung kulit yang baru

Anggur yang baru harus ditemukan dalam hidup kita. Mari terlibat aktif dalam gerakan dan visi Tuhan. Mari percaya dan terus hidup dalam prinsip kebenaran firman Tuhan.

akhirnya, mari kita bersama sama semakin intim dan terus fokus kepada Tuhan. Bersama sama memasuki tanah perjanjian, menanggalkan kasut dan mengenakan kasut kerelaan, ikut maunya Tuhan. Menjadi murid bagi Tuhan (Yesaya 50:6). Dan bersama sama bergerak bersama Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati berlimpah limpah!

 

5 artikel terakhir oleh imelda

Categories: Sermon Note