Upah dari Suatu Penghormatan

February 2, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

Sermon by Ps. Bambang Jonan

23 Januari 2010

 

Ibrani 11:6

Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Di dalam hidup ini ada begitu banyak berkat, ada berkat yang kita dapat karena hasil usaha kita tetapi ada berkat yang didapatkan karena datangnya dari Tuhan.

Ada berapa banyak yang dari kita yang mau menerima upah/berkat dari Tuhan? Bukankah kita semua tahu bahwa apa yang datangnya dari Tuhan itu melebihi apa yang kita pikirkan dan yang kita rencanakan.

Sebagai manusia kita terkadang lebih berharap kepada manusia tetapi kita harus lebih berharap kepada Tuhan melebihi dari segalanya. Dia,Tuhan kita tahu yang terbaik yang kita butuhkan melebihi diri setiap kita.

Markus 6:2-….

Tuhan Yesus senang dengan tempat kediamannya,Nazaret namun kita lihat kuasaNya tak bekerja, karena warga Nazareth membatasi kuasa Tuhan dengan pola pikir mereka. Bukankah pernah kita dengar dari firmanNya bahwa “Seorang nabi akan di hormati di mana-mana kecuali di kampung halaman sendiri.”

Apa yang terjadi saat Tuhan ditolak disuatu tempat maka (markus 6:5,6),tak ada tanda-tanda mujizat yang terjadi. Murid-murid Tuhan Yesus juga menjadi terheran-heran akan hal ini.

Sungguh sangat disayangkan, mereka melewati lawatan atau berkat Tuhan mengalir dalam hidup mereka karena pola pikir dan tingkah laku mereka yang menyedihkan hati Tuhan. Nah janganlah hal itu kita alami, biarlah kita memiliki hati dan tingkah laku yang berkenan kepadaNya.

Tak adanya penghargaan kepada Tuhan Yesus di tempat kelahirNya membatasi kuasaNya bekerja di tempat ini.

Hal lain yang dapat diilustrasikan dari suatu penghormatan yang diberikan kepada Tuhan Yesus adalah seorang pria Kapernaum, dimana pembantunya sakit. Hati,perkataan dan perbuatan atau penghormatan dari Pria Kapernaum ini membuat belas kasih Tuhan turun dalam hidupnya, permohonan dari pria kapernaum ini digenapi oleh Tuhan Yesus.

Hal lain yang kita juga semua pernah dengar tentang kisah Lazarus, kuasa Tuhan tak terbatasi oleh peraturan/kuasa dunia tetapi yang membatasi kuasaNya adalah sikap kita terhadap campur tangan/kuasaNya dalam hidup kita.

Tuhan tak bisa bekerja pada hidup kita jika kita tak memberikan penghormatan kepada Tuhan.

Bagaimana cara kita menghormati Tuhan?

Maleaki 1:6-8

Jika Tuhan itu tuan/BAPA dimanakah penghormatan itu? Contoh dalam kita memberikan persembahan kepadaNya, didompet kita ada 1000,500,100,20 baht yang manakah yang akan kita berikan kepadaNya?

1 Samuel 10:27

Raja berhak menarik upeti dari rakyatnya1

Ingatlah kalau kita lakukan kewajiban kita maka kita akan mendapatkan hak kita.

Siapa yang tahu kalau Tuhan kita adalah Raja? Ulangan 16:16 Bawalah persembahan kita kepadaNya. Persembahan kita merupakan refleksi dari penghormatan kita kepada Tuhan.

Di dalam membagikan ada suatu standard yang dilihat!

Begitula dengan Tuhan, hanya orang-orang yang dekat denganNya lebih Tuhan perhatikan! Bukankah dari sekian banyak muridNya dipilih olehNya hanya 12 orang, dan dari 12 orang muridNya ini Tuhan memilih lagi 3 dari mereka, dan dari 3 orang muridNya ini dipilihNya satu orang sangat DIA sayangi.

Bagaimana cara kita mengetahui dimana hati kita berada sekarang? Dimana hartamu berada disitulah hatimu berada!

Waktu kita mempersembahkan korban itu berarti suatu penghormatan (beda dengan pengertian sogok/suap). Dalam memberikan persembahan korban ini hati kita memberikan dengan rela dan penuh kasih bukan ada udang dibalik batu/niat manipulasi.

Kita bisa mengukur seberapa besar persembahan yang kita berikan itu menentukan seberapa besar penghormatan kita kepada Tuhan (hal ini tidak menekankan pada nilai nominal tapi lebih kepada keadaan/status hati kita/focus kita saat kita mempersembahkan korban).

Maleaki 3:10-12

(Maleaki disebut juga sebagai kitab persembahan) Ingatlah cerita orang kaya dan janda miskin yang memberikan persembahan mereka. Bukan nilai banyaknya uang mereka yang mereka persembahkan tapi hati mereka pada saat member, inilah yang Tuhan perhitungkan.

Mengapa Tuhan mau kita memuliakan Dia dengan harta yang Dia percayakan kita kelola, Maleaki 3:9,10.

2 Tes 1:8,9, mazmur 73:26,27 (Baca nats ini).

Jauh dan dekat bukan berbicara tentang jarak tapi tentang hidup dan mati kita! Tuhan sangat menghargai pilihan kita! Saat Adam memakan buah yang Tuhan larang itu sudah menentukan sikap Adam untuk jauh dari Tuhan.

Kitab Maleaki, adalah kitab diakhir perjanjian lama, 400 tahun Tuhan tak berbicara kepada manusia ini menggambarkan kitab Maleaki, Maleaki 3:7. Upah dari pemberontakan, upah dari penghormatan yang tak pantas yang diberikan oleh Adam,nenek moyang bangsa Israel membuat matinya hubungan antara Tuhan dengan manusia.

Orang yang memberikan persembahan perpuluhan dan persembahan khusus artinya dia mau menghidupkan hubungan atau kembali kepada Tuhan.

Ini bukan menyangkut soal uang/nominal tetapi berbicara tentang “kebenaran,sukacita dan kasih Tuhan” dalam hidup kita. Hubungan yang hidup adalah saat kita berjalan pada pengurapanNya/perintah-perintahNya. Janganlah kita menahan persembahan perpuluhan dan persembahan khusus supaya kita tak jauh atau mati dariNya.

Saat kita melakukan apa yang Tuhan inginkan (Ulangan 28:12, Yakobus 1:7) maka pintu-pintu surga terbuka buat kita dan berkat-berkatNya diturunkan/dilimpahkan kepada kita yang hidupnya berkenan kepadaNya.

Maleaki 3:10,Tingkap-tingkap langit = floods gate of heaven =pintu-pintu surga terbuka (Ulangan 28:13). Berkat-berkat Tuhan akan kita nikmati (Ulangan 28:1-14) saat kita memberikan penghormatan kepada Tuhan dengan sikap hati yang benar dan berkenan kepadaNya. Kutuk akan kita terima jika kita meremehkan/mengabaikan penghormatan kepada Tuhan sebagaimana yang tertulis di kitab Ulangan 28:15-46.

Mengapa Tuhan mau kita dekat dengan Dia karena Tuhan mau kita diberkati dan bukan di kutuk karena Tuhan kita adalah Tuhan yang setia akan janji-janjiNya, ada suatu hokum yang sudah Tuhan nyatakan dan harus ditaati, Hukum tabur tuai. Tuhan mau kita semua memiliki yang terbaik yang Tuhan sediakan bagi setiap kita karena itu Dia menghendaki setiap kita untuk mentaati /menghormati perintah-perintahNya.

Berkat turun saat kita menghormati Tuhan dengan sikap hati yang benar, hidup dekat Tuhan membawa pemulihan (Yakobus 5). Pilihlah kehidupan yang mendekat kepada Tuhan dimana perkenananNya membuat pintu-pintu surga terbuka bagi setiap kita yang hidupnya berkenan dan dekat kepadaNya! Janganlah kita menjauhi Tuhan kita.”

Tuhan menghargai free will/kebebasan memilih karena Dia mau kita memilih Dia dengan sikap hati yang benar,yang tertuju kepadaNya bukan dengan sikap hati yang salah.

Dimana hatimu berada disitulah hatimu berada. Gereja Tuhan mengajarkan untuk kita memberikan penghormatan kepada Tuhan dengan sikap hati yang benar,hati yang mengasihi Tuhan, dan hidup dekat denganNya karena hal-hal ini membawa pemulihan dan kelimpahan dalam hidup kita.

Tuhan memberkati.

 

Ibadah Doa Puasa

Omni Tower

Sukhumvit Soi 4

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note