Miliki mimpi yang besar

February 4, 2010 - Author: imelda - Comments are closed

Ibadah Doa Puasa, Sabtu 30 Januari 2010

Oleh Ps. Erwin Wijaya (GBI Windsor, Batam – Indonesia)

flying-eagle-wallpaperKita harus memiliki mimpi. Bahkan bukan  sekedar mimpi tetapi mimpi yang besar. Allah kita Allah yang dahsyat. Allah yang besar yang juga melakukan perkara perkara yang besar. Supaya lewat mimpi mimpi kita yang menjadi kenyataan karena campur tangan Tuhan, boleh menjadi kesaksian yang hidup sehingga dengan demikian manusia tahu bahwa Ia Allah yang besar. Orang dunia mengerti prinsip tentang mimpi ini. Berapa banyak orang dunia yang melakukan perkara besar dimulai dari mimpi. Sebagai orang percayapun, kita harus mengerti prinsip ini. Kita harus memiliki mimpi yang besar. Ada sebuah filosofi mimpi dari ilustrasi burung rajawali yang dipelihara oleh induk ayam. Karena dia  dibesarkan oleh ayam, dia bertindak, berlaku dan bertingkah polah seperti ayam. Tanpa pernah menyadari seperti apa dia sejak semula diciptakan dengan segala potensi luarbiasa yang ada dalam dirinya. Dia adalah rajawali, raja udara. Yang memiliki kekuatan dan keperkasaan yang luar biasa jauh di banding binatang binatang ciptaan Tuhan yang lainnya. Ketika dia mulai mengerti siapa dia dan tahu potensinya, maka dia bisa bertindak, berlaku dan melakukan hal hal luarbiasa yang bisa dilakukan rajawali. Demikianpun kita anak anak Tuhan, sebagai orang percaya. Sejak semula, Tuhan menciptakan kita dengan segala hak istimewa karena kita anak anak Allah yang maha tinggi, penguasa surga dan bumi. Kita adalah rajawali, dan bukan ayam. Selayaknya kita memililiki prinsip hidup dan mimpi selayaknya anak Raja. Banyak ditemukan dalam alkitab, Tuhan sendiri mengidentifikasi diriNya seperti Rajawali. Jika Tuhan, Bapa kita adalah rajawali, maka kitapun anak anaknya adalah rajawali. Tuhan sungguh luarbiasa. Tuhan memiliki tujuan mengapa Dia mengidentifikasikan diriNya dan kita anak anakNya seperti Rajawali. Rajawali dari segi fisik dan pola hidupnya pun sangat berbeda dari binatang lain. Rajawali memiliki mata yang sangat tajam. Yang mampu melihat mangsa dari jarak bermil mil jauhnya. Matanya luarbiasa tajam dan pola hidupnya sangat teratur. Rajawali senang hidup ditempat tinggi dan terjal. Tempat tinggi berbicara tentang hadirat Tuhan. Mata rajawali adalah salah satu kekuatannya. Mata disini dalam bahasa inggris dinyatakan sebagai VISION. Sebagai orang Kristen kita pun harus memiliki visi.

Amsal 29:18

Kata Wahyu atau Vision dalam bahasa inggrisnya, pada ayat ini, dalam bahasa aslinya diartikan sebagai MIMPI. Sebagai orang percaya Tuhanpun meminta kita untuk hidup dengan memiliki mimpi. Kita perlu memiliki mimpi yang besar karena Tuhan kita pun besar. Lalu apa bedanya mimpi orang dunia dan mimpi kita sebagai orang percaya. Orang orang besar dimulai dari mimpi mimpi mereka yang besar. Batasan mimpi kita sebagai orang percaya harus berjalan dengan firman Tuhan. Ketika kita orang percaya memiliki mimpi besar yang sejalan dengan firman Tuhan, maka kelak ketika kita berjumpa dengan Tuhan, maka kita akan mendapat mahkota kemuliaan. Kita harus memiliki mimpi. Karena bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Dalam kitab Joel 2 ayat yang mengatakan “penglihatan penglihatan” dalam bahasa aslinya sama dengan kata vision dalam Amsal 29 diatas. Berarti Tuhan memang menghendaki kita anak anakNya untuk memiliki mimpi. Ada seorang hamba Tuhan yang menulis sebuah buku anointed for business. Dia mengatakan ada 3 tingkatan level orang Kristen di market place. Yang pertama adalah orang Kristen yang berusaha untuk survive. Yang kedua orang Kristen yang berusaha menanamkan nilai nilai alkitab dalam pekerjaannya. Tetapi yang tertinggi adalah orang orang Kristen yang punya mimpi untuk jadi alat transformasinya Tuhan.

Kita juga perlu menguji apakah mimpi kita sejalan dengan mimpinya Tuhan (visi) atau hanya khayalan. Perbedaan mimpi dan khayalan diantaranya:

  1. Mimpi atau visi dimulai dari hal hal yang kecil sebaliknya khayalan selalu langsung tentang hal hal yang besar saja.
  2. Visi dilandasi oleh iman bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah sebaiknya khayalan berlandaskan nasib atau takdir.
  3. Mimpi atau visi memiliki fokus namun tidak demikian dengan khayalan, dia tidak fokus dan mudah berubah.
  4. Visi membuat kita rajin ,disiplin dan setia demi mewujudkan visi yang kita miliki.
  5. Orang yang memiliki mimpi yang visi tidak gampang menyerah, sebaliknya khayalan gampang menyerah.

Tidak ada salahnya bermimpi. Karena Tuhan menganjurkan hal itu. Orang yang besar pasti dimulai dari mimpi yang besar.

Efesus 3:20

Kata PIKIRKAN dalam ayat ini berbicara tentang imajinasi. Miliki mimpi yang besar karena Allah kita Allah yang besar! Tuhan katakan disini imajinasikan masa depanmu. Bahkan Tuhan bisa melakukan lebih dari apa yang kita bisa pikirkan dan imajinasikan. Beranilah bermimpi yang besar, kalau orang dunia bisa memakai prinsip yang sangat Alkitabiah ini, terlebih kita sebagai orang percaya, karena ALLAH kita BESAR. Mimpi membuat hidup kita bergairah dan fokus pada apa yang ingin kita capai.

KALAU TIDAK INGIN MENJADI APA APA, TIDAK AKAN MENJADI APA APA. KALAU TIDAK MENJADI SIAPA SIAPA, JANGAN SALAHKAN SIAPA SIAPA.

Kejadian 13:14

Abraham dan Lot sangat diberkati Tuhan. Ketika Lot memilih tanah yang menjadi bagiannya Lot memakai mata jasmani saja. Tetapi Abraham, dia melihat dengan visi, itulah Israel sekarang, Tanah yang subur yang berlimpah susu dan madunya, seperti yang alkitab katakan, berawal dari visi yang dimiliki Abraham.

Satu waktu Tuhan memberikan visi tentang kota Batam tempat sekarang saya melayani. Ketika membaca bagaimana Korea selatan Tuhan ubahkan sedemikian rupa menjadi Negara yang mayoritas orang percaya Kristus. Tuhan bertanya pada saya, menurut kamu mampukah saya melakukan hal yang sama terhadap Batam? Saya mau percaya. Seringkali sebagai manusia tembok penghalang kita untuk mewujudkan mimpi besar yang Tuhan punya melalui hidup kita adalah ketidak percayaan kita. Karena itu kita harus merubuhkan benteng ini. Kita harus percaya. Karena Tuhan memang Tuhan diatas segala kemustahilan. Biarlah mimpi itu kita hidupi dan percaya bahwa mimpi itu akan menjadi kenyataan atas campur tangan Tuhan.

think_big_dream_big_cardp137747729187722608qi0i_400Tuhan ingatkan tentang seorang hamba Tuhan bernama Marthin Luther King Jr. pada tahun 1943, dia berpidato didepan 200 ribu orang kulit hitam. Karena pada zaman itu diskrimasi antara kulit hitam dan putih sangat kental. Hamba Tuhan ini berkata I have a dream. Kotbahnya ini bahkan masuk kedalam 10 kotbah terbaik dunia sampai saat ini. Dia memiliki mimpi bahwa manusia tidak lagi dibedakan karena warna kulit. Aku punya mimpi satu waktu Amerika dimpimpin oleh bangsa kulit hitam dan membawa Amerika untuk takut akan Tuhan. Kita melihat 45 tahun kemudian, Obama yang adalah orang kulit hitam terpilih menjadi presiden Amerika. Semua bermula dari mimpi. John F Kennedy memiliki mimpi agar ada orang Amerika yang bisa menginjak bulan. Dan kita tahu bagaimana mimpi inipun bisa terealisasi. Sekali lagi semua berawal dari mimpi. Kalau orang dunia saja bisa menghidupi mimpi mereka apalagi kita. Yang adalah anak Tuhan dengan Tuhan yang luarbiasa. Gedung gedung prestisius tertinggi dunia pun di mulai dari sebuah mimpi. Kita memiliki karunia luarbiasa. Kita memiliki DNA nya Tuhan. Akan sangat dahsyat ketika kita berjalan bersama Tuhan. Disneyland dan Walt Disney yang sangat terkenal dan di gemari banyak orangpun berawal dari mimpi Walt Disney sang pelopor. Meskipun dia sudah mati, tetapi dia dikenang karena semua bermula dari mimpinya yang besar. Demikian juga Monty Roberts dari buku the man who listen to the Horses. Ranch besarnya yang luarbiasa dan terkenal berawal dari mimpi masa kecilnya yang menjadi kenyataan. Apa yang menjadi mimpi kita? Tuhan janji bahwa tahun ini adalah tahun pemulihan dan kelimpahan.

Markus 11 : 22-24

Mari percaya karena Tuhan yang menjanjikan, bahwa tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya. Apapun yang kita mau terjadi dalam kehidupan kita yang akan datang, itu bisa tejadi. Miliki mimpi yang besar dan berjalan bersama Tuhan dan firmanNya maka setiap mimpi kita bisa menjadi kenyataan dan kesaksian bagi banyak orang mengenai Allah kita yang luarbiasa dan besar!

Tuhan Yesus memberkati berlimpah limpah!

 

5 artikel terakhir oleh imelda

Categories: Sermon Note