Cara Tuhan menyatakan MukjizatNya

March 7, 2010 - Author: imelda - Comments are closed

Ibadah Raya 28 Pebruari 2010

Kotbah oleh: Bapak Suwandi H Tandiawan

pinkcross

Mukjizat adalah jawaban Tuhan atas setiap masalah yang kita miliki diluar kemampuan manusia kita untuk menyelesaikannya. Tahun ini visi gereja kita yang disampaikan oleh bapak gembala Pembina sebagai Tahun pemulihan dan kelimpahan. Dikatakan bahwa Pemulihan dulu baru terjadi kelimpahan. Tuhan punya maksud untuk visi ini. Jika kelimpahan dulu yang Tuhan lakukan maka akan ada kemungkinan kita melupakan Tuhan yang memberi kelimpahan itu. Karena itulah Tuhan perlu melakukan pemulihan dulu atas berbagai aspek dalam kehidupan kita, baru setelah itu Tuhan memberkati kita dengan hidup yang berkelimpahan. Tuhan mau kita mengenal Tuhan dengan benar. ketika kita menerima atau mendapatkan sesuatu dengan mudah kita cenderung menyia nyiakan apa yang sudah kita dapatkan. Dan Tuhan tahu kelemahan manusiawi kita. Jika hidup kita sudah dipulihkan dulu, maka pasti kemudian Tuhan melimpahkan segala yang terbaik dalam hidup kita. Ketika hidup kita sudah dipulihkan dan kemudian Tuhan membuat hidup kita berlimpah limpah, maka sangat pasti kita menghargai apa yang sudah Tuhan beri dan lakukan dalam hidup kita. Mukjizat dapat terjadi jika kita meresponi Tuhan dengan iman di dalam Yesus Kristus. Mukjizat yang Tuhan lakukan selalu membawa damai sejahtera dalam hidup kita. Tuhan melakukan mukjizat untuk pertama kali dalam masa pelayananNya di bumi adalah di perkawinan di kana.

Yohanes 2:6-11

Ayat ini menceritakan ketika Tuhan campur tangan melakukan mukjizat di perkawinan di Kana ketika mereka kehabisan anggur. Tuhan memakai enam tempayan pembasuh yang berisi air diubah menjadi anggur dengan kualitas yang TERBAIK. Tuhan memakai tempayan yang sederhana untuk membuat mukjizat dalam pesta perkawinan ini. Usia anggur yang terbaik berdasarkan apa yang saya pelajari adalah berusia kira kira 100 tahun. Tempayan yang dipakai pada saat itu sebanyak 6 buah. Berdasarkan data yang saya pelajari dan dapatkan, 6 tempayan diperkirakan berisi kurang lebih 150 gallon. Botol anggur satu botol rata rata berisi 750 cc. jika dikalikan 150 gallon berarti berjumlah sebanyak 900 botol. Anggur terbaik dengan usia kurang lebih 100 tahun seharga kurang lebih 30.000 baht. Jika dikalikan dengan 900 botol kita bisa bayangkan seberapa mahal nilai anggur yang Tuhan sediakan di pesta perkawinan di Kana. Orang kaya sekalipun belum tentu menyediakan dana sebesar itu hanya untuk menyediakan anggur dalam pesta. Anggur terbaik memerlukan proses fermentasi selama kurang lebih 100 tahun, tetapi Tuhan Yesus menghasilkan anggur yang terbaik hanya dalam sekejap. Terpujilah Tuhan sang pemilik mukjizat! Mukjizat Tuhan masih berlangsung sampai saat ini. Tuhan tetap bekerja lewat mukjizatnya atas hidup setiap orang percaya. Selama kita memiliki iman kepada Yesus maka mukjizat itu pasti terjadi. Mukjizat terjadi dalam waktu dan anugerahnya Tuhan (kairos). Kita juga perlu menunggu waktu Tuhan untuk menyatakan mukjizatNya. Tuhan bekerja secara rapi dan teratur. Tuhan bekerja sesuai KairosNya dan bukan kronos (waktu kita).

Mukjizat Tuhan selalu dinyatakan dengan cara yang tidak lazim. Dengan cara yang jauh diatas apa yang bisa kita pikirkan. Karena Dia adalah Tuhan yang luarbiasa. Ada 3 cara untuk Tuhan menyatakan mukjizatNya:

1. Tuhan bisa memakai apa saja yang tidak umum untuk menyatakan mukjizatNya

2. Tuhan bisa memakai cara yang tidak umum untuk menyatakan mukjizatNya

3. Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menyatakan mukjizatNya

Daniel 6:1-10, Daniel 6:11-29

daniel_and_the_lions'_den Daniel merupakan keturunan raja Yehuda yaitu Yoyakhim yang dikalahkan oleh raja Nebukadnezar. Daniel merupakan salah satu orang pandai Yehuda yang diangkat oleh raja nebukadnezar untuk membantu dia dalam pemerintahannya. Daniel, dalam masa pengabdiannya memutuskan diri untuk tidak menajiskan diri dengan memakan apa yang menjadi makanan raja. Karena pada zaman dahulu makanan raja banyak mengandung alkohol yang pada masa itu merupakan salah satu yang diharamkan oleh Tuhan untuk dimakan. Demikianlah Daniel hidup intim dan takut dan taat kepada Tuhan. Dan ketika nebukadnezar membuat satu peraturan untuk seluruh negeri hanya boleh menyembah raja dan jika tidak akan dimasukkan ke gua singa. Sekalipun demikian menakutkan ancaman bagi Daniel, tetapi karena cintanya pada Tuhan Daniel tetap memutuskan untuk beribadah kepada Tuhan. Kita mengetahui bagaimana ketika Tuhan mengijinkan Daniel untuk masuk ke gua singa dan Tuhan melakukan mukjizatNya atas hidup Daniel lewat singa singa ini. Tuhan mengatupkan mulut singa singa buas itu sehingga Daniel tetap aman dan hidup. Tuhan memakai singa singa lapar untuk menyatakan mukjizatNya dan lewat kejadian ini terjadi transformasi atas babel ketika raja nebukadnezar meminta seluruh rakyat negerinya untuk hanya menyembah Tuhan yang disembah oleh Daniel. Akibat dari ketaatan dan keintiman Daniel dengan Tuhan Daniel diangkat menjadi pembesar di kerajaan. Ini merupakan kelimpahan dalam hidup Daniel yang diberikan oleh Tuhan buah dari keintimannya dengan Tuhan.

Lukas 1:1

Tuhan bisa memakai berbagai cara untuk menyatakan mukjizatNya. Kita lihat bagaimana silsilah dari keturunan mana Tuhan Yesus lahir. Tuhan memilih untuk lahir dari keturunan Yehuda yang kalau dilihat sejarah dari setiap pribadi leluhurNya bukanlah orang orang baik dan benar sepenuhnya. Tuhan yang sempurna berkenan untuk dilahirkan dari garis leluhur dengan latar belakang kehidupan yang tidak baik. Tamar yang merupakan perempuan dengan latar belakang yang tidak baik sebelum dia menerima Tuhan. Ada Ahas, Manasye dan Yoram yang bukan merupakan orang baik baik. Jika Tuhan berkenan untuk lahir dan menjadi bagian dari keturunan mereka, ini merupakan anugerah dan mukjizat dari Tuhan bagi mereka. Seorang dokter terkenal penemu penicillin bernama Alexander Fleming hidupnya juga karena anugerah dan mukjizat dari Tuhan. Dia merupakan seorang anak petani miskin yang hidupnya Tuhan angkat dan berhasil menjadi seorang dokter dan ilmuwan terkenal yang dikenang sepanjang masa bahkan sampai dengan hari ini. Ini merupakan mukjizat Tuhan dalam hidup Alexander Fleming. Ada juga kesaksian seorang pekerja rumah tangga yang takut dan cinta Tuhan luarbiasa di Singapura yang kemudian hidupnya Tuhan angkat dan berkati secara luarbiasa. Tuhan kirimkan jodoh yang kaya raya dan sekarang hidupnya diberkati secara luarbiasa. TUHAN BISA MEMAKAI BERBAGAI CARA UNTUK MELAKUKAN MUKJIZAT DALAM HIDUP KITA.

Kejadian 37:6-8

Mukjizat Tuhan harus terus diperkatakan dan di imani agar mukjizat itu terjadi dalam kehidupan kita. Seperti Yusuf yang terus memperkatakan mimpinya dan dengan penuh iman memperkatakannya meskipun saudara saudaranya tidak suka hal itu. Allah itu bisa dipercaya. Apapun yang menjadi janji Tuhan atas hidup kita, selama kita percaya, maka itu pasti terjadi. Dalam melakukan mukjizat, Tuhan melakukannya secara teratur dan rapi. Melewati proses proses yang sedemikian rapi, teratur demi kemuliaan nama Tuhan sendiri. Seperti Yusuf yang melewati berbagai proses sebelum dia menerima mukjizat Tuhan mengangkat hidupnya dengan luarbiasa seperti mimpi yang Tuhan berikan dulu kepadanya. Mukjizat terjadi ketika kita percaya, terus memperkatakan dan melewati setiap proses yang Tuhan ijinkan terjadi dengan terus bertekun menantikan sampai janji Tuhan itu digenapi dalam hidup kita melalui mukjizatNya.

Yohanes 12:9-11

Mukjizat merupakan cara Tuhan untuk memenangkan jiwa. (dampak dari kebangkitan lazarus maka orang banyak mempercaya Kristus). Demikian juga ketika Tuhan menyatakan mukjizatnya lewat kehidupan kita dan orang orang dapat melihat mukjizat itu lewat hidup kita maka mukjizat itu menjadi berkat atas hidup orang lain juga dan membuat mereka percaya dan menikmati anugerah keselamatan dari Tuhan.

Pendidikan anak anak saya sekarangpun lahir dari mimpi saya yang Tuhan nyatakan lewat mukjizatNya. Saya bermimpi agar anak anak saya bisa sekolah ke Singapura, tetapi Tuhan memberi lebih dari yang saya harapkan. Dalam pendidikan mereka, Tuhan terus memperlancar dalam banyak hal. Mereka sekarang menempuh pendidikan di Amerika. Dalam pekerjaanpun Tuhan terus campur tangan menolong saya. Ketika ada masalah masalah yang cukup pelik di pekerjaan saya dan saya berdoa kepada Tuhan, Tuhan menjawab dengan cara yang luarbiasa. Tuhan seringkali memakai cara cara yang tidak masuk akal untuk melakukan mukjizatNya.

Berbagai Kesaksian tentang mukjizat Tuhan oleh Ps. Olga Siahaan

cooldude Ada satu kesaksian seorang hamba Tuhan seorang transmigrasi di Jambi. Satu waktu banyak babi hutan menyerang dan merusak kebun sayur warga. Banyak kebun sayur warga yang dirusak oleh babi babi hutan. Tetapi kebun sayur hamba Tuhan ini tidak diserang babi hutan dan tetap terpelihara baik karena ada harimau sumatera yang turun gunung dan duduk menunggui kebun sayurnya. Tuhan sanggup memakai berbagai cara untuk menyatakan mukjizatNya!

Yoel 2:28-32

Ada tanda tanda zaman yang sedang berlaku hari hari ini menjelang kedatangan Tuhan. Hanya orang orang yang membuka telinga dan mata bagi Tuhan yang dapat mengerti. Tanda zaman ada 3 hal yang terjadi :

  1. Akan terjadi kebangunan gereja, gereja bangkit dan bertindak melakukan kehendak Tuhan.
  2. Akan ada mukjizat mukjizat yang aneh tapi nyata, yang menggemparkan. Hal ini berlaku secara global maupun individual.
  3. Akan terjadi penuaian jiwa yang berlaksa laksa. Mukjizat terjadi untuk menuai jiwa. Akan banyak jiwa yang diselamatkan. Dikatakan bahwa Tuhan akan menggoncangkan langit. Langit merupakan atmosfir. Teritorial yang paling hebat yang dikuasai iblis dan bisa dikuasai oleh manusia adalah atmosfir. Bumi dan semuanya di goncang. Pada ayat 27 dan 28 dikatakan bahwa kita akan mengetahui bahwa Tuhan ada diantara kita dan membuat kita tidak malu lagi. Hal ini bisa terjadi ketika umat Tuhan tinggal dan hidup intim dengan Tuhan. Sebelum kedatang Tuhan yang kedua kali, sebelum tanda tanda zaman ini berlaku maka ayat 23-26 itu terjadi dulu dalam hidup kita. Bahwa hujan awal dan hujan akhir, berlimpah limpah gandum, anggur dan minyak. Dan segala yang menjadi milik kita yang pernah hilang Tuhan akan kembalikan berlipat ganda atas hidup kita. Pemulihan dan kelimpahan itu terjadi dulu, supaya kita tahu bahwa Allah ada dan tinggal bersama sama kita. Karena kita mengalami hidup di bumi seperti di surga. Kalau Tuhan memulai satu perkara, Dia akan memulai dengan hebat dan mengakhiri dengan hebat. Tuhan akan memulihkan banyak perkara dalam hidup kita sebelum kita menerima berkat dan kelimpahan dari Tuhan. Ketika konvokasi Tuhanpun melakukan mukjizat bagi saya lewat rumah seorang jemaat di Singapura yang kami doakan agar bebas dari roh jahat dan saya diberkati oleh jemaat tersebut. Tetapi sebelum berkat ini sampai kepada saya, saya terus memperkatakan bahwa Tuhan akan memberi ang pao (berkat) kepada saya. Tuhan bisa memakai berbagai cara untuk melakukan mukjizatNya. “Setanpun bisa Tuhan pakai” untuk memberkati hidup kita. Terpujilah Tuhan yang luarbiasa!

Tuhan Yesus memberkati dengan pemulihan dan kelimpahan atas kita semua, Amin!

 

5 artikel terakhir oleh imelda

Categories: Sermon Note