Ikatan Perjanjian dengan Tuhan

January 3, 2011 - Author: chrisye - Comments are closed

Sermon by Ps. Brigitta Punia

Family Altar Gabungan,Jumat, 19 November 2010

It’s all about YOU, it is about YOU, JESUS CHRIST! Everything is all about YOU! Penuhi kami dengan hadiratMu Tuhan, Engkau adalah kepala, dan bumi adalah tumpuan kakiMu Tuhan.

Hadirat Tuhan adalah habitat kita karena itu fokus akan hal ini dan jaga. Belajar untuk tak membatasi Tuhan dalam hidup kita, belajar untuk tak pedulikan waktu dan masalah kita saat kita dilawat oleh Tuhan. HadiratNya membawa pemulihan bagi mereka yang berharap kepadaNya. Penuhi hidup kita dengan hadiratNya! Rindukan terus perjumpaan dengan Tuhan setiap saat, jangan batasi Tuhan dalam hidup setiap kita.

Daniel 2:44 Kita berasal dari kerajaan mana? Ada dua kerajaan dalam hidup ini yaitu Kerajaan Allah/terang dan Kerajaan Setan/gelap.

Dangerous but Glorious/berbahaya tetapi penuh kemuliaan, demikianlah yang kita hadapi!

Ada dua hal yang bertentangan dalam melihat hari-hari kedatangan Tuhan yaitu:

The terror day of the Lord/hari-hari penuh ketakutan bagi orang dunia.

The great day of the Lord/hari-hari penuh sukacita bagi umat pilihanNya/yang berada pada tujuan-tujuanNya.

Di jaman raja-raja, Tuhan ingin membuat suatu kerajaan yang tak beralih ke bangsa atau kekerajaan lain, Tuhan akan membentuk suatu kerajaan yang kokoh!

Pertama kali Tuhan ciptakan Adam adalah dengan tujuan menguasai bumi/take dominion yang merupakan perpanjangan dari kerajaan disurga untuk terjadi dibumi tetapi karena manusia pertama jatuh dalam dosa maka manusia kehilangan kemuliaanNya, karena itu Tuhan sudah sediakan atau menetapkan umat pilihanNya, Umat rajani, bangsa Israel. Bangsa ini dipanggil untuk menjadi suatu bangsa yang kudus.

Keluaran 19: Namun umat yang Tuhan tentukan ini gagal, umat Israel yang Tuhan bebaskan dari Mesirpun gagal masuk kanaan tetapi generasi yang baru dari bangsa yang keluar dari Mesir inilah yang masuk ke Kanaan. Namun hal-hal ini Tuhan sudah tahu dan firmanNya pasti terjadi dan tak kembali sia-sia. Karena itu Tuhan Allah memberikan anakNya yang tunggal Yesus Kristus yang terlahir dari bangsa Israel untuk mengenapi firmanNya sehingga kita bisa dicangkok ke bangsa Israe/Yahudi (Roma 11). Sehingga kita bisa berbagi dalam warisan yang Tuhan Yesus tetapkan bagi setiap kita.

Imamat yang rajani (Roma 11) demikianlah akhirnya, bangsa Yahudi dan non Yahudi dalam Yesus Kristus bersama-sama dalam kerajaanNya! Jadi Yesus Kristus/bangsa Yahudi adalah akarnya dan kita adalah ranting-rantingNya. Kita saling membutuhkan dan demikianlah yang Tuhan kehendaki.

Orang Yahudi yang Mesianik adalah orang yahudi yang percaya kepada Yesus Kristus! Mereka tak mau disebut orang Kristen karena bagi mereka julukan Kristen diberikan oleh bangsa kafir bagi pengikut Kristus mula-mula (Christ like). Orang Yahudi tak mau disebut Kristen, karena bagi mereka Kristen sudah menjadi agama lain. Kerajaan Surga yang Tuhan mau dirikan adalah yang Tuhan mau kita yang dibumi ini. Kerajaan yang Tuhan mau dirikan atas bangsa Yahudi dan non Yahudi untuk tinggal bersama-sama dengan DIA didalam kerajaanNya nantinya (jadi bukan kerajaan Israel!).

Israel harus tetap ada, kita harus belajar dari bangsa Israel untuk membaca tanda-tanda jaman. Israel tak bisa dihilangkan, dan Yerusalem adalah kota kemuliaan, tanda-tanda akhir jaman sudah dinyatakan di alkitab! (ini tidak berbicara tentang politik tetapi berbicara tentang kebenaranNya.) Kitab Yoel dinyatakan bahwa pada akhir jaman Tuhan akan pakai siapa saja untuk menyatakan kemuliaanNya! Manusia yang seharusnya menyatakan kemuliaanNya tetapi telah menciptakan musibah-musibah.

Dalam kitab Yoel, Tuhan pakai tentara-tentaraNya (Army of God) untuk mengenapi rencana-rencanaNya tergenapi dalam hidup ini. Tuhan bisa pakai apa saja untuk kemuliaanNya.

Dari sekian banyak yang kita lihat dan pelajari dari tanda-tanda akhir jaman itu ternyata itu belum cukup untuk mengenapi Tuhan akan segera datang. Mari kita lihat dalam : Matius 24 yang menceritakan tentang tanda-tanda jaman!

Matius 24:14

“Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Ingatlah kita sudah berada pada putaran Amanat Agung ini! Ingatlah skali kita jadi Kristen kita sudah menyatakan perang dengan kerajaan gelap/setan dan kalau kita sudah tidak intim saja dengan Tuhan itu kita sudah menyatakan warfare/perang dengan kerajaan Tuhan karena kita tidak intim dengan Dia/tidak taat. Tidak ada diantara!

Matius 28: Great Commision/amanat agung harus dinyatakan pada semua bangsa!

Injil Keselamatan adalah penginjilan pribadi untuk masing-masing pribadi berlaku jika menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru selamat dunia.

Injil Kerajan adalah berlaku bagi seluruh dunia bagi mereka yang diselamatkan oleh,untuk dan bagi DIA untuk mendirikan KerajaanNya dibumi ini. Wahyu 11: Injil Kerajaan, adalah untuk mengambil alih kerajaan-kerajaan didunia ini dan DIA akan bekerja sama dengan tubuhNya (umat pilihanNya). Kepala dan TubuhNya akan bersatu. Tuhan adalah sebagai kepala bagi gerejaNya dan kita adalah gerejaNya sebagai tubuhNya. Tuhan akan segera bersatu dengan tubuhNya (Efesus 1). Kita harus persiapkan jalan untuk DIA datang kedunia ini lagi! Ibrani 12, dunia ini akan digoncangkan oleh DIA dengan satu tujuan mendirikan KerajaanNya dibumi ini, kerajaanNya yang tak akan tergoncangkan oleh apapun.

Roma 8:12 Di dalam Kristus kita sudah tidak ada lagi dalam penghukuman. Tuhan akan satu kali lagi mengoncang tidak saja bumi tapi juga langit karena di langit kedua ada kuasa-kuasa jahat/kerajaan kegelapan. Di langit kedua ini ada tali-tali kekang yang atur dibumi juga (karena adanya peperangan antara kerajaan Tuhan dan kerajaan Setan maka peperangan itu terus berlangsung sampai waktuNya Dia datang untuk kedua kalinya). Pastikan kita ada dimana? Siapa yang menguasai kita? Ikut KerajaanTuhan berarti kehidupan kekal tetapi ikut Kerajaan setan berarti kematian kekal. Dunia yang kita tinggalkan inipun akan digoncangkan, kita jangan takut karena kita didalam DIA, kita nantinya akan tinggal di dunia yang baru bersama-sama dengan DIA. Kita harus tahu kebenaranNya supaya tak terombang-ambing!

Tuhan kita sedang lakukan promosi Illahi ditengah-tengah goncangan ini, kalau kita takut berarti kita tidak berada dalam tujuanNya! Kita harus mengenal apa tujuan Tuhan dalam hidup kita ini. Tuhan mau kita yang adalah tubuhNya memenuhi ketetapan-ketetapanNya bagi setiap kita dibumi ini. Musa katakan berikan hati yang bijaksana untuk menghitung hari-hari. Cara Tuhan menghitung hari-hari itu berbeda dengan cara manusia menghitung hari-hari! Usia yang diberikan kepada kita sesuai dengan tujuan yang Tuhan berikan kepada kita. Tuhan tidak terikat dengan waktu karena Dia yang ciptakan waktu dan bisa menebus waktu-waktu kita yang hilang yang penting kita mau bertobat saat Tuhan tegur kita! Carilah tujuan Tuhan dalam hidup kita ini apa!

Apa yang Tuhan taruh dalam tangan kita harus berbuah-buah! Setiap kita punya tujuan untuk kemuliaanNya! Tuhan sedang pulihkan kita karena kita sudah mahal ditebus olehNya dan setiap kita mempunyai tujuan mulia untuk mendatangkan kemuliaan bagi namaNya. Tuhan punya tujuan bagi setiap kita yang Dia mau kita di hari-hari akhir ini untuk berbuah-buah.

Waktu Tuhan ciptakan manusia pertama Dia sudah taruh benih-benih dalam diri setiap kita karena itu DIA katakan untuk kita harus berbuah-buah/multiplikasi dan penuhi bumi! Sebab itu temukan apa yang Tuhan sudah taruh dalam setiap kita dan aktifkan/lakukan sehingga dapat dimultiplikasikan! HadiratNya dan kerajaanNya penuhi bumi! Kalau kita didalam Dia kita pasti ikut rapture/pengangkatan. Pakai waktu-waktu yang singkat ini maksimalkan untuk kemuliaan Tuhan. Jangan takut! Temukan visi Tuhan dalam hidup kita dan aktifkan dan di multiplikasikan sampai penuhi bumi dengan kerajaanNya.

Lukas 22:16,17,18 (baca, DIA ciptakan dimensi waktu sehingga DIA bisa applikasikan apa yang sudah Tuhan selesaikan dinyatakan di dimensi waktu sesuai dengan waktuNya! Ingatlah segala sesuatu dimulai dialam roh dan kemudian dinyatakan dibumi! Miliki kingdom mentality bukan escape mentality.

Tuhan ada dialam kekekalan, Dia ciptakan dimensi waktu, di alam kekekalan semua pikiran Tuhan sudah selesai tapi DIA mau apa yang diciptakan dialam dimensi harus dinyatakan di bumi tapi ini harus tunggu waktuNya. Ada perjanjian antara kita dengan Tuhan, karena sebelum dasar bumi dibentuk anak domba sudah disembelih, ini menyatakan “ikatan perjanjian antara kita dengan Tuhan.”

Saat makan paskah ini sebenarnya Tuhan sedang menginagurasikan perjanjian ini yang mempunyai tujuan mulia! Sebenarnya Tuhan sedang mengingatkan seperti yang di kitab Keluaran 12, dimana Tuhan sedang mengenapi untuk makan Paskah terakhir Tuhan sampai kerajaanNya dibentuk /digenapi di bumi ini. Murid-muridNya tahu tentang perjanjian darah ini, sampai digenapi yaitu kerajaanNya ditegakan dibumi. Perjanjian ini kuat dan kekal!!!

Lukas 22:29, Tuhan menentukan hak-hak kerajaanNya kepada umat pilihanNya!

Tuhan ada dialam kekekalan Porsi kapasitas yang Tuhan berikan kepada kita!Tuhan akan tanggung jawab!Perjanjian darah adalah kunci kita yang sudah melekat sampai ke akar yaitu bersama DIA, menyatu bersama dengan Dia. Tuhan memperlengkapi setiap kita dan kita harus berjalan sesuai dengan tujuanNya.

Tujuan Allah adalah KerajaanNya ditegakan dibumi ini! Perjanjian itu harus dibuat oleh lebih dari satu orang! Tuhan Yesus menggantikan posisi kita untuk penebusan, bagian kita berada dalam tujuan-tujuanNya untuk memperluas kerajaanNya.

Kita punya ikatan perjanjian dengan DIA, jangan ragu-ragu, kita adalah duta-dutaNya. Dari titik keintiman dengan Tuhan itu kita dimampukan untuk lakukan apapun bersama DIA mengenapi tujuan-tujuanNya. Dia mau berikan kerajaan ini untuk orang-orang yang siap memerintah bersama-sama dengan Dia. Dari kesatuan/keintiman ini kita bergerak bersama Dia, ada 3 ukuran/level keintiman sebagai mempelaiNya yaitu:

  • Kidung 2:16 digambarkan sebagai orang-orang yang mencintai Tuhan karena kebutuhan karena Tuhan baik, Tuhan dasyat, Tuhan menyembuhkan ,dan seterusnya. Ini tak salah, tapi disani masih berbicara tentang “aku” melebihi Dia. Ini berbicara tentang warisan-warisan didalam Kristus tapi ini tak cukup.
  • Kidung 6:3 disini menceritakan tentang Yesus yang mempunyai warisan didalam kita, digambarkan sebagai take and give , DIA mulai meminta untuk kita lakukan bagian kita. Waktumu adalah waktuKu, cara-caramu adalah cara-caraKu karena kita sudah jadi milikNya. Yesus punya warisan didalam kita, Dia mau apa yang Dia berikan kepada kita untuk menjadi satu dengan Dia. talenta,karunia,kekayaan kita untuk kemuliaanNya. Tuhan meminta dan tergantung kita mau atau tidak untuk mengikuti kehendakNya.
  • Kidung 7:10 digambarkan mempelai yang sudah dewasa dimana gairahnya kita sebagai mempelaiNya tertuju kepada DIA, dan DIA kepada kita! Kita sudah siap saja apa mauNya, tak ada keragu-raguan dalam mengikuti tujuanNya. Kita adalah sepenuh milikNya karena hati kita sudah sepenuhmya milikNya. Ini adalah cemburu illahiNya tingi dan kudus. Inilah yang Tuhan yang harapkan kepada kita. (Liat bagaimana ester berusaha untuk merebut hati raja.).

Dalam kitab Mazmur ada nyanyian dimana kita yang bernyanyi untuk DIA dan ada DIA yang bernyanyi untuk kita! Ada sambutan dari kedua belah pihak. Kita harus naik ke dimensi yang Tuhan sudah tetapkan dimana kita seharusnya berada. Kita sudah mempunyai absolute trust/ikatan perjanjian denganNya. Gairah Tuhan tertuju atas kita!!!

Kedatangan Tuhan sudah dekat dan kita harus sudah jadi co-worker Nya, kita harus ikutin gerakanNya. Ikutin pola kerajaanNya, pelajari ester untuk menarik hati raja, ester pelajari pola kerajaanNya!

Pelajarilah ikatan perjanjian dengan Tuhan sampai ke akar-akarnya, ini didapatin lewat keintiman yang terus dibentuk dan dibangun! KerajaanNya itu berbicara tentang dimanapun kita ditempatkan itu kita harus bawa cara-caraNya dimanifestasikan. Bilur darahNya telah menebus kita, dan kita diikat oleh ikatan perjanjian denganNya. Dari gelap terbitlah terang, Tuhan kondisikan ini, Dia ciptakan gelap sehingga terbitlah terang. Dia sedang melatih otoritas yang DIA sudah berikan kepada kita untuk gunakan sehingga kita alami promosi-promosi dariNya.

Tuhan Yesus Memberkati

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note