PengurapanNya Bertujuan untuk Memperluas KerajaanNya

January 3, 2011 - Author: chrisye - Comments are closed

Sermon by Ps. Brigitta Puni

Doa puasa, 20 November 2010

Tuhan ingin membangun sebuah bangsa yang kudus bagiNya, kita memiliki sebuah tanda darah dariNya, sebuah bangsa yang international. Matius 24, mengatakan bangsa akan melawan bangsa, bangsa yang kudus akan melawan bangsa kegelapan.Bangsa yang kudus, umat yang DIA pilih akan konfrontasi dengan bangsa yang tidak kudus/ kerajaan kegelapan/setan. Kita ditentukan oleh DIA bukan dikira-kira olehNya untuk menjadi pemenang! Didalam Kristus hukumnya absolute/pasti. Iman kita harus ya dan amin!

Tuhan sisipkan Dia punya strategy di dalam Firman Tuhan seperti didalam kitab Roma 12, Tuhan pilih umatNya Israel untuk jadi pilihanNya (kita adalah Israel2 rohani) terdapat pada:

Keluaran 12:

Tuhan angkat umat pilihanNya, Israel untuk menjadi imamat yang rajani dan DIA juga mau untuk kita dimasukan kedalam bangsa pilihanNya ini! Halleluyah! Tuhan mau kita melekat denganNya sehinga strategi-strategiNya pun dapat kita pahami.

Tuhan bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap kita umatNya!

2010 adalah 1 dekade terdiri dari 10 tahun, dalam satu dekade ini Tuhan sedang berbicara tentang perekonomian kerajaan. Angka 10 berbicara juga tentang bisnis. Seperti pada kitab bilangan 10, Tuhan mau berbicara tentang Angka 10 berbicara tentang perekonomian seperti berbicara soal persepuluhan.Tuhan mau mengajarkan kepada kita suatu dekade, angka 10, dari tahun 2010-2020 ada dalam satu dekade yang sama. Tuhan mau kita belajar prinsip-prinsip yang Dia ajarkan kepada kita.

Lihatlah perekonomian sekarang ada ditangan Asia! Mereka yang ditetapkan oleh Tuhan harus bergerak sesuai dengan destiny yang Tuhan telah tetapkan.

Bilangan 10:14 “Semboyan Nafiri” tiupan terompet dibunyikan sekali untuk para pemimpin yang dipanggil, kalau dua kali seluruh jemaat ikutan. Ada bunyi nafiri juga berbeda, ada arti dalam setiap tiupan nafiri. Shofar juga dipakai untuk menentukan apa yang Tuhan mau umatNya lakukan. Tuhan mau berikan strategyNya untuk kita berjalan.

Prinsip-prinsip mendasar dalam strategi-strategi peperangan terdapat pada apa yang terdapat didalam bangsa Israel. Misalnya dalam 12 orang dibagi menjadi 4 kelompok, disesuaikan dengan 4 arah mata angin. Pergerakan dimulai dari timur! Barisan dari timur/wilayah timur digambarkan sebagai Asia.

Bangkok, Indonesia dan Asia ada di posisi timur! Sekarng semua mata tertuju ke Asia. Ada Tanggung jawab yang Tuhan berikan bagi kita untuk kita lakukan menuju destini Ilahi/kepenuhan dari segala sesuatu.

Tuhan selalu tepat waktu! dikatakan dinats disini bahwa ada 3 suku yang Tuhan tempatkan dan percayakan untuk bergerak ini Yaitu Suku Yehuda yang di garis depan, suku Yehuda memimpin terlebih dahulu! Dari suku inilah, keturunanNyalah yang akan memimpin bangsa Israel untuk keluar dari perbudakan! Saul bukan dari keturunan Yehuda, melainkan dari keturunan Benyamin. Daud adalah dari keturunan Yehuda! Pengurapan Raja-raja membawa terobosan!

Raja Kemuliaan! Kita tak akan bergerak dengan cara-cara lain kecuatli dengan adanya hadirat Tuhan/Raja Kemuliaan itu harus ada bersama-sama dengan kita. HadiratNya/PengurapanNya itu penting skali melebihi jabatan/talenta yang diberikanNya. Kita harus belajar seperti Daud! Bagaimana supaya kita membawa hadiratNya/memiliki pengurapanNya! Dari divine visitation/lawatan Tuhan menjadi tempat kediamanNya/habitat/habitation dan ini adalah sifatnya pribadi!

Daud menjadi pembawa hadirat Tuhan karena itu Saul sering mencari Daud, bukan karena suaranya tapi karena keintiman Daud dengan Tuhanlah yang membuat Daud membawa hadirat Tuhan. Penyembahan seharusnya menjadi gaya hidup umat pilihanNya!

Jika dibandingkan dosa Daud dengan Saul menurut kacamata manusia, Daud dosanya tingkat tinggi tetapi yang membedakan Daud dari Saul terlebih adalah dimana Daud mau bertobat sungguh-sungguh dan mau dibentuk Tuhan. Tuhan melihat jauh kedalam hati setiap kita, Tuhan tahu hati setiap kita melebihi manusia. Hal ini yang Tuhan perhitungkan!

Hati Daud yang terus mau diubah oleh Tuhan, membuat Tuhan berkenan kepadanya, dan kita tahu bahwaTuhan mengatakan bahwa Daud adalah a man after HIS own heart/orang yang berkenan kepadaNya sehingga hadiratNya selalu menyertai Daud!

Kita seharusnya menjadi pembawa hadiratNya yang mampu menghancurkan/melumpuhkan musuh-musuh! Berbicara tentang otoritas pemerintah bukan sekedar jabatan/title. Iblis tidak takut akan jabatan kita tapi iblis takut/mundur akan hadirat Tuhan yang tinggal didalam kita ini dampak dari keintiman kita dengan Tuhan. Dalam hadiratNya musuh harus mundur dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Kita harus aminkan ini! Kita harus tahu prinsip ini!

Siapakah Daud ketika ia mengalahkan Goliat, dia bukan panglima, dia tak punya skill/keahlian perang layaknya tentara tetapi yang membedakan dia dengan yang lainnya adalah keintiman Daud dengan Tuhan yang mendatangkan hadiratNya/pengurapanNya dalam hidupnya dan berdampak akan kemenangan bagi Daud dalam melawan Goliat.

Daud saat itu belum tahu benar prinsip-prinsip kerajaan tapi Daud tahu prinsip kerajaan Tuhannya. Daud punya “governmental anointing”. Daud tahu bahwa semua terjadi atas seijin Tuhan, dan promosi ada waktunya, yaitu waktu Tuhan.

Sebab itu apa yang didalam roh itu harus termanifestasi untuk mendatangkan kemuliaan bagi Tuhan. Nabi Tuhan bisa salah! Liat Samuel saat disuruh Tuhan untuk cari pengganti Saul, beberapakali Samuel salah menilai karena melihat rupa tetapi Tuhan melihat hati. Tuhan tak ijinkan kesalahan nabiNya mempengaruhi tujuan Tuhan!!!

Tuhan melihat jauh kedalam hati setiap kita melebihi rupa kita! Jika kita intim dengan Tuhan ada waktunya promosi dari Tuhan lewat kondisi yang Tuhan ciptakan.

“Mengikat perjanjian dengan Tuhan dan lakukan apa yang DIA kehendaki kita lakukan!” hal inilah yang berkenan bagi Tuhan kita!

Sunat! Melambangkan sebagai tanda mengikat perjanjian denganTuhan dan itu berarti menarik turun pengurapanNya dalam hidup setiap yang taat/mengikat perjanjian denganNya. Jika kita tak mengikat perjanjian denganNya, berarti kita tidak di back up/dilindungi olehNya.

Ikutin maunya Tuhan, ikat perjanjian dengan Tuhan, berarti membangun keintiman dengan Tuhan yang berdampak pada pengurapanNya yang hadir bagi umat pilihanNya!

Suku Ishakar (1 tawarikh 12:32)

Dalam nats diatas diartikan sebagai berikut bahwa “Pengurapan Tuhan itu penting adanya tapi perlu didampingi oleh suku Ishakar, mereka yang di karuniai oleh Tuhan untuk membaca arahan Tuhan.” Suku Ishakar digambarkan sebagai orang-orang yang dikarunia oleh Tuhan untuk membaca profetik/arahan/strategi dari Tuhan ( seperti nabi-nabi/rasul-rasul yang Tuhan tetapkan). Daud perlu nasehat-nasehat juga dalam menjalankan pemerintahan yang Tuhan percayakan. Orang-orang Israel perlu suku Sanhedrin, yang member nasehat kepada raja! Sanhedrin (suku Ishakar) adalah orang-orang yang mempelajari waktu-waktu Tuhan.

Suku Zebulon (Bilangan 10:16/Kejadian 49:13)

Tanah Israel = dibagi menjadi 12 bagian

Jaman dahulu pelabuhan melambangkan transaksi perdagangan! Suku Zebulon bisa digambarkan sebagai para pengusaha/pedagang!

Tahun-tahun kedepan tanpa Zebulon tak akan bergerak!

Ulangan 33:18,19

Prinsip Impartasi itu harus diketahui, hanya melalui keintiman/hubungan dekat, mengikuti sampai akhir! Maka prinsip impartasi itu dapat diturunkan. Kita harus mengerti prisip kerajaanNya! Harus mempelajari protocol KerajaanNya, hanya melalui keintiman/ketekunan untuk lebih mengenal Dia maka kita dimampukan untuk mengerti hal-hal ini.

Kita punya benih! Itu harus bertumbuh! Benih ini merupakan prinsip, bisa diartikan sebagai asset! Kaum Zebulon adalah saudara dari kaum Ishakar, kaum Zebulon bekerja sama dengan kaum Ishakar. Kaum Lewi adalah yang menerima perpuluhan dari kerjasama kaum Zebulon dan Kaum Ishakar juga.

Bagaimana waktu-waktu Tuhan itu bekerja bagi kaum Zebulon dan kaum Ishakar, mereka harus bergerak untuk membawa umatNya untuk lebih mendekat kepada Tuhan. Kaum/Suku Zebulon dipercayakan oleh Tuhan untuk mendanai Kaum Ishakar untuk mendatangkan harta-harta yang terpendam.

PengurapanNya untuk tujuan bagi kemuliaan kerajaanNya, ada tugas dari Tuhan dan Tuhan memperlengkapiNya dan kita mentaatiNya.

Yesaya 8: 23, Yesaya 9:2, Yesaya 8-9 Merupakan nubuatan dariNya yaitu “The government of Promiseland”

Yesaya 9:6-7,Matius 4:12-17 Merupakan pengenapan dari nubuatanNya ini.

Dunia yang sekarang ini dikuasai oleh iblis, Tuhan Yesus mau pulihkan! Dia perlu kita untuk jadi co-worker/rekan kerjaNya! Tuhan kita tak pernah keluar dari rancangan-rancanganNya. Tuhan harus pulihkan dunia ini lewat setiap kita untuk memperluas kerajaanNya! Dipulihkan dan disatukan maka diperlukan:

PengurapanNya dalam pemerintahan ini

Profetik/Nubuatan

Pengurapan pengusaha

Kalau Tuhan sudah buat momentum Tuhan pasti buka jalan!Declare/nyatakan untuk pemulihan bagi bangsa-bangsa dari kuasa gelap, terangNya menerangi kegelapan ini. Panggil kaum Zebulon yang di penuhi Roh Kudus untuk lakukan keinginan Tuhan. Minta strategi dari Tuhan untuk bergerak kedepan dan jangan angap remeh pengusaha-pengusaha yang dipenuhi Roh Kudus. Jangan anggap remeh nubuatan dari Tuhan. Tekun, taat maka pengurapanNya yang bertujuan untuk memperluas kerajaanNya menjadi habitat setiap umat pilihanNya.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note