Yesus Pengharapanku

December 18, 2014 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah 14 Desember 2014

Pembicara : Bapak Ricky Kurniawan

Yeremia 17:7 “diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan”

Hal-hal yang terjadi dalam kehidupan :

  1. “Keberhasilan / Sukses”

Banyak hal tidak berkenan yang dilakukan bangsa Israel, tapi Yosia tampil sebagai orang benar yang membawa perubahan di Israel meskipun ia dibesarkan ditengah keluarga yang tidak takut akan Tuhan. Ia berhasil memusnahkan berhala pada usia 20 tahun dan memangun bait Allah pada usia 26 tahun, begitu banyak yang Yosia lakukan dalam masa mudanya. Yosia merupakan Raja Israel terakhir yang melakukan reformasi / perubahan.

  • Hidup benar & bertobat  2 Tawarikh 34:1-2,
  • Menyucikan & mentahirkan Israel
  • Memulihkan & memperbaiki Bait Allah

untuk menjadi orang yang sukses mungkin kita harus mengalami kegagalan. Apakah kegagalan itu datang dari Tuhan? Tidak. Tuhan tidak pernah menciptkan kegagalan, Ia tidak pernah merancangkan kegagalan dalam hidup kita. Tuhan hanya menciptakan freewill bagi kita, maka jika kita gagal itu kesalahan kita sendiri. Jika kita pernah mengalami kegagalan ditahun 2014 kita perlu mengintropeksi diri kita.

Robin William adalah seorang aktor terkenal Main film sebanyak 67 judul ketika mengalami depresi berat , ia memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara  gantung diri pada usia 63.

orang dalam Alkitab yang hampir gagal dalam hidupnya adalah Simson ia seorang Nazir Tuhan tapi sayang ia jatuh dalam dosa sexual & wanita ditangkap, dicungkil matanya. Tapi Tuhan baik ketika ia menyadari kesalahannya ia minta ampun pada Tuhan dan Tuhan mengembalikan kekuatannya sehingga ia dapat mengalahkan musuhnya.

Bagaimana agar tidak mengalami kegagalan di tahun 2015 ?

  1. 1. Setia dalam perkara kecil (Matius 25:23)

Karena kalau kita setia dalam perkara kecil maka Tuhan akan mempercayakan perkara besar pada kita. Saya pun pribadi juga seperti ke anak saya. Saya tidak akan memberikan uang jajan dalam jumlah yang besar pada anak saya yang kecil. Tapi dengan anak yang besar saya berani kasih uang jajan dalam jumlahbesar karena saya yakin ia mampu mempertanggungjawabkan uang tersebut. Begitupun juga dengan kita pernah meremehkan sesuatu yang kecil. Ingat kisah 5 roti dan dua ikan ketika saat itu banyak orang yang mengikuti Yesus belum makan, Yesus bertanya apa yang ada pada muridnya untuk bisa memberi makan 5000 orang saat itu. Memang kelihatan mustahil karena murid-murid hanya mendapatkan 5 roti dan dua ikan, tapi murid-muridnya percaya pada Tuhan bahwa dengan jumlah makanan yang minim Tuhan mampu memberi makan 5000 orang itu.

  • Jangan sia-sia setiap kesempatan kecil yang datang

Ribka seorang wanita yang tidak menyia-nyiakan kesempatan karena kebaikannya. Ketika hamba utusan Abraham diperintahkan mencari seorang istri bagi anaknya Ishak Di Aram mesopotamia, disanalah hambanya itu bertemu dengan Ribka yang pada saat itu memberinya sebuyung air. Karena kebaikan Ribka itulah Ribka menjadi menantu Abraham.

  1. 2. Hidup berkenan kepada Tuhan (Maz 37:23-24, Pengkhotbah 2:26)

Bagaimana hidup berkenan ?

  • Hidup intim dengan Tuhan (Maz 5:4) Daud melakukan hal-hal intim dengan Tuhan dimulai dari pagi hari ia berbicara dengan Tuhan, begitupun juga dengan kita mulailah setiap hari bangun pagi dengan berdoa berkomunikasi dengan Allah dan membaca firman Tuhan supaya kita tahu kehendak Tuhan dalam hidup kita
  • Hidup percaya, berserah dan bersandar pada Tuhan

 

  1. 3. Sabar menunggu waktu Tuhan

Ditengah jaman yang serba praktis ini semua mudah kita dapatkan dengan cara yang cepat baik makanan, info, barang dsb. Tapi dengan Tuhan kita tidak bisa seperti itu. Waktu Tuhan jelas berbeda dengan kita, untuk segala sesuatu ada waktunya (Pengkotbah 3:11) kita tidak bisa mendikte Tuhan seperti mau kita, bersabarlah dalam segala sesuatu sambil memuji Tuhan. Apa yang harus kita lakukan?

  • (Maz 1:1-3)
    • Tidak berjalan menurut nasihat orang fasik , orang fasik kelihatan rohani, berjubah kerohanian tapi kalau kita kehidupannya dengan alkitab tidak sama, jangan sampai kita salah bergaul dengan orang yang hanya kelihatan baik diluarnya saja tapi dalamnya tidak.
    • Tidak berdiri dijalan orang berdosa, tidak melakukan hal-hal yang tidak berkenan.
    • Tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, senang mengkritik orang, setiap hal dikritikin dari pengkotbah, WL, kehidupan orang disekitarnya di kritikin terus, inilah pencemooh, semua dikritik bukan untuk membangun tapi menjatuhkan.
    • Suka membaca & merenungkan Firman Tuhan , apa yang kita suka saat-saat ini? Perkerjaan kita kah? Musik kah? Atau kekasih kita? Biarlah ditahun 2015 yang menjadi kesukaan kita hanyalah firman Tuhan sehingga kita menjadi orang-orang yang tertanam ditepi aliran air bertumbuh subur , berbuah apa saja yang kita lakukan berhasil.

 

  1. 4. Seperti bejana tanah liat.

Tanah liat sering dianggap tiadak berharga karena bisa mengotori sepatu dan rumah kita, tapi jika ia ada ditangan penjunan maka ia akan dijadikan bejana menjadi sesuaru yang berguna dan berharga. Apa maksud sifat “tanah liat” ?  Mempunyai kerendahan hati

Definisi “kerendahan hati” :

  1. Kesadaran bahwa tanpa Tuhan hidup kita tidak ada artinya
  2. Kerelaan untuk tidak dikenal
  3. Kerelaan melayani orang lain tanpa ada maksud tertentu

Manfaat dari kerendahan hati :

  1. Dikasihi dan ditinggikan oleh Tuhan (1 Petrus 5:5B-6)
  2. Memiliki K3 (kekayaan, kehormatan, kehidupan) (Ams 22:4)

Kesimpulan :

  1. Setia dalam perkara kecil
  2. Hidup berkenan kepada Tuhan
  3. Sabar menunggu waktu NYA
  4. Seperti bejana tanah liat

 

 

 

 

 

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note