Buah Pertobatan membawa keberhasilan hidup

December 2, 2014 - Author: caroline - Comments are closed

Kotbah 30 November 2014

Pembicara : Ps. Kriengsak

Iman orang kristen itu berjalan dalam Tuhan, hubungan intim melahirnya keberhasilan dalam hidup saudara. Dunia harus melihat kita, pertanyaannya kita berhasil dengan cara Tuhan atau tidak? Iman bicara hidup didalam Tuhan bukan hidup untuk Tuhan, iman adalah kita tenang didalam Tuhan yang merupakan hasil keintiman kita dengan Tuhan. Bagaimana kita bisa tenang dalam ekonomi sedang krisis dimana mana? Bagaimana? Kita dapat tenang dalam Tuhan baru kita bisa melayani tuhan. Banyak orang kristen melayani Tuhan tapi hidupnya bermasalah, karena mereka melayani untuk Tuhan bukan dalam Tuhan. Jadi titik awal iman bukan melayani Tuhan tapi Tuhan yang akan berkarya, maka kita harus ubah pola pikir kita, saya lulusan kedokteran Tuhan panggil saya untuk melayani Tuhan sepenuh waktu saya merasa tetap sukacita,banyak orang kristen hidupnya penuh masalah karena mereka kristen yang salah cara, mereka melewati hidup mereka bukan dengan cara Tuhan.

Yohanes 15 mengatakan Akulah pokok anggur yang benar. Yohanes bicara tentang dua hal yang betolak belakang pasal 1 gelap dan terang, pasal 2 pasal 3 begitu juga, kenapa? Karena Yohanes sedang menjelaskan dua hal yang bertolak belakang. Yohanes berkata Tuhan adalah mesias Yohanes sedang bermaksud bahwa kita harus memilih Tuhan Yesus Tuhan atau tidak, jadi kita harus memilih. Soal pokok anggur bagi orang israel bukanlah hal yang baru, Tuhan mengatakan Israel adalah anggur yang dipilih tapi israel pokok anggur yang palsu karena dia tidak berbuah, Yesus berkata dialah pokok anggur yang benar, anggur itu berbuah kalau tinggal dalam pokok anggur yang benar. Yohanes bilang tinggal dekat, saudara ingin berbuah saudara harus tinggal dekat dengan Tuhan. Sebelum saya masuk ke gereja ini tadi saya sempat tanya pada Bapak Soewandi tempat ini sewa atau sudah beli? Saudara tahu tanah daerah sini mahal sekali, saudara datang dari indonesia,kenapa harus beli tanah disini? Inilah passion kita mau bayar harga,Tuhan pasti berikan keberhasilan. Dulu ketika saya mau beli gereja harganya 16 juta bath, uang dari mana?  jemaat bilang ngapain beli mahal-mahal kita tidak punya uang kita beli yang kecil saja,yang murah saja. Saudara saya tidak berpikir begitu saya percaya kalau Tuhan berkata lakukan mari kita lakukan karena Tuhan yang akan lakukan bagi kita begitupun urusan pribadi kita dengan Tuhan, yang terpenting kita dekat dengan Tuhan dan taat dengan Tuhan, jika kita melakukan ini Tuhan akan tinggal dalam kita dan berkerja, dan yang praktisnya adalah baca alkitab dan melakukan ini adalah intim bukan perasaan kita sendiri. Tuhan yang akan memulai hubungan intim dengan kita, tapi ingat ini adalah urusan memilih bukan terjadi otomatis, ini hak istimewa kita bisa intim dengan Tuhan.

Kita mengerti sekarang mengapa banyak orang kristen gagal karena mereka tidak memilih untuk intim dengan Tuhan, seberapa kita berhasil itulah keitniman kita. Semua itu pilihan kita tergantung pada kita bukan Tuhan, lalu bagaiman kita dapat intim dengan Tuhan itu? Tinggal dalam Yesus adalah sebuah proses, bukan soal satu kejadian. Bukan karena soal pengalaman atau perasaan seseorang dapat berhadapan dengan Tuhan atau memiliki perasaan khusus dengan Tuhan misalnya kita datang ke KKR kita berjumpa deNgan Tuhan sekali, tapi mereka tidak intim dengan Tuhan, mereka melihat mujizat, mereka nangis,mereka rebah tetapi mereka tidak intim dengan Tuhan, banyak orang suka seperti ini, banyak orang menemukan kesembuhan ilahi selanjutnya tidak berjalan dengan Tuhan, kenapadi  thailand kekristenan cuman 1 persen? karena mereka tidak kntim dengan Tuhan mereka senang sesuatu yang bersifat akrobati,spektakuler,mistik.

Yohanes 15:5 menjelaskan bagaimana kita dapat berbuah? Harus ada dalam Tuhan maka kita akan menjadi berbuah, apa kita belajar firman Tuhan,apakah kita berdoa? Apakah kita minta? Apa yang kita pikirkan? Apakah bangkok bank? Kasikorn? Saat kita sakit apa yang kita pikirkan ? Bumungrad kah? Hospital? Kita ingat siapa? Kadang kita lupa Tuhan.
Galatia 5:22-23  Buah roh.
Jadi saudara yang tinggal dalam Tuhan, pasti berbuah, yang pertama hidupnya berubah, mereka lembut tidak kasar, tidak memaksa orang lain, mau melihat pelayan Tuhan bertobat atau tidak lihat kehidupannya ada 3 tanda yaitu :
1. Harus berbuah
2. Buah pertobatan

3. Buah penyembahan

1. Roma 1:13,  Harus berbuah
Buah yaitu ada pertobatan baru. Tetapi sifat yang berbuah itu bertobat setiap hari. Banyak pelayan Tuhan tinggal dalam dosa yang sama 3-5 tahun lebih lamanya artinya mereka mengandalkan kekuatan mereka sendiri. Hati hati dengan dosa, orang yang tinggal dalam Tuhan tidak berani melakukan dosa, kalau ia berdosa ia sedih dan langsung mencari Tuhan, kita harus cari pemimpin seperti ini sensitif akan pertobatan.
2. Roma 15:28, Buah Pertobatan
Ada kata kata hasil usaha ini untuk menolong jemaat di yerusalem, mereka melakukan sesuai kehendak Tuhan bukan sesuai perasaan sendiri, mereka berikan hidup mereka kepada Tuhan ini mencerminkan berbuah bukan soal jumlah tapi melakukan kebaikan dan mempersembahkan hidup kita.

3. Ibrani 13:15 Buah penyembahan
Buah ucapan bibir  adalah memuliakan nama Tuhan. Orang yang cinta Tuhan selalu membicarakan sesuatu yang positif suka meninggikan Tuhan ucapannya pasti ucapan yang membangun , membawa berkat bukan menjatuhkan orang lain. Inilah alkitab menjelaskan tentang berbuah, bukan hanya bicara gereja punya jemaat yang banyak tapi Tapi gereja yang memiliki 4 buah pertobatan ini

1.berbuah dalam hidupnya
2.Pertobatan
3.Ada buah kebaikan
4.Ucapan bibir
ini semua tidak terjadi seketika, tapi butuh waktu pasti hidupnya berbuah. Jalan bersama Tuhan pasti berbuah 4 hal tadi, berdoa dan melayani Tuhan.  Asalkan kita unity kita bisa berhasil, kita harus akui Tuhan akan membersihkan ranting-ranting yang tidak perlu, bagi Tuhan ini penting Tuhan ingin hidup kita berhasil. Tuhan harus menghapus ranting yang tak perlu supaya kita makin berhasil.  Saudara melayani Tuhan itu penuh sukacita, banyak orang mw berbuah tapi mereka tidak siap dipotong rantingnya yang tidak perlu, apakah itu? Kadang-kadang kita lari dari proses karena kita malu, kita tidak mau, sehingga kita bangun mekanisme pembelaan diri untuk membenarkan diri kita.

Saudara hubungan intim dengan Tuhan membuat kita semakin taat. Apa yang membuktikan kita murid yang sungguh-sungguh? yaitu mengasihi Tuhan dan taat mendengarkan Tuhan sering kali kita mengasihi tapi tidak mau mendengarkan Tuhan. Bagaimana mau berbuah?  Apa alat ukurnya? Dalam sehari ada beberapa menit kita saat teduh? Ada org 5 menit sehari tapi minta uang sejuta baht Tuhan kasih 5 baht saja. Tuhan tidak akan kasih karena Ia mengashi saudara Ia mau Ia yang berkerja bukan kita yang berkerja. 2 simbol iman yaitu mengasihi tuhan dengan segnap hati dan intim. Berbuah dengan iman, berhasil dengan iman. Apakah kita intim dengan Tuhan, saudara hidup kita ada Tuhan (2 Tim 1:12) Tuhan rindu hidup kita berhasil semuanya itu ada dalam dia kadang kita terlalu keras berkerja iman kita taruh dalam hidup kita, hidup kristen hanya ada dalam Yesus, Tuhan telah mengundang kita untuk intim dengan Tuhan lebih penting daripada berkerja untuk Tuhan yaitu intim dengan Tuhan inilah rahasia iman yang kuat yamg membawa kita pada buah dan berhasil dengan cara Tuhan, amin.

 

 

5 artikel terakhir oleh caroline

Categories: Sermon Note