Kesembuhan Memori

March 14, 2010 - Author: chrisye - Comments are closed

clip_image002

(Bebas dari Tirani Memori yang Menghalangi Pertumbuhan Rohani Anda)

By: David A. Seamands

Penerbit: Yayasan Kalam Hidup

Buku ini terlihat sudah tua dan tak menarik tetapi isinya sangatlah bagus untuk dipelajari atau dimengerti. (terbatasnya penyampaian dikarenakan pengalihan bahasa, dari bahasa asli yaitu bahasa inggris ke bahasa Indonesia).

Pernah mendengar pernyataan sebagai berikut bahwa jika membaca buku-buku rohani kristen yang membahas tentang kekuatan supranatural maka itu sebenarnya bertentangan dengan kekekristenan dan tak ada dampaknya dialam nyata. Janganlah cepat-cepat mengambil kesimpulan seperti ini sebelum membaca buku ini atau buku-buku yang membahas tentang hal-hal yang supranatural didalam prinsip kebenaranNya bukan kebenaran manusia, HARUS ada keseimbangan dalam melakukan segala sesuatu.

Apakah kesembuhan memori itu? David Seamands menerangkan sebagai berikut: Waktu saja tidak dapat menyembuhkan memori dari pengalaman-pengalaman yang begitu menyakitkan yang sudah lama didorong keluar dari pikiran kita. Namun memori-memori ini terus menghantui kita dan menyebabkan masalah-masalah emosional dan rohani yang tidak dapat berhasil ditangani dengan bentuk konseling biasa.

Memori-memori dalam alam bawah sadar kita harus diperlakukan dengan bentuk terapi khusus rohani yang dikenal sebagai kesembuhan memori. Bentuk konseling Kristen ini disertai dengan doa yang berpusat pada kuasa kesembuhan dari Roh Kudus pada akar masalahnya, yang merupakan sumber yang harus kembali dihadapi dengan sadar. Dalam kesembuhan memori,David Seamands menunjukkan bagaimana kuasa kesembuhan Allah dapat membebaskan Anda dari tirani memori-memori yang menyakitkan yang mempengaruhi perilaku dan pertumbuhan Kristen Anda. Para pendeta dan konselor akan menemukan kapan dan bagaimana menggunakan bentuk terapi ini.

Dalam buku ini di Bab 2 dikatakan oleh David bahwa ungkapan kesembuhan memori telah memiliki berbagai macam arti yang keliru. Dalam pikiran banyak orang Kristen dewasa ini, itu merupakan jenis pengobatan yang cepat,jalan pintas menuju kedewasaan emosional kadang-kadang telah dibawa kepada ekstrim-ekstrim tertentu,maka beberapa orang telah meninggalkannya sama sekali dan menyebutnya sebagai sesuatu yang tidak alkitabiah,bahkan tidak sehat.

Saya tentunya dapat mengerti ketakutan mereka. Pengalaman saya sendiri dalam bidang ini telah mengajarkan kepada saya bahwa tidak ada daerah,tempat gandum dan lalang sama-sama ditabur begitu rapatnya lebih daripada dalam psikologi. Psikologi yang merupakan ilmu pengetahuan yang masih baru,dipenuhi dengan segala macam teori dan pendekatan yang baru bermunculan. Baru akhir-akhir ini pandangan serta kebenaran yang telah dibuktikan dalam psikologi diintegrasikan dengan pendekatan yang benar-benar kristiani dan dipakai dalam konseling. Adalah penting untuk mengenal bahwa semua kebenaran itu merupakan kebenaran Allah apakah itu ada di atas meja Tuhan atau dalam tabung tes laboratorium. Kita tetap memelihara keseimbangan dengan terus menerus menjalankan semua kebenaran itu melalui saringan firman Tuhan.

Penyembuhan memori merupakan bentuk konseling dan doa kristen yang memfokuskan kausa penyembuhan dari Roh Kudus pada jenis-jenis masalah emosional/spiritual tertentu. Itu merupakan salah satu dan satu-satunya dari pelayan semacam itu mengakibatkan sesuatu yang berlebihan dan penyalahgunaan. Sangatlah penting bagi para pengerja Kristen untuk memiliki,baik pengetahuan yang secukupnya,mauun roh yang dengan peka dapat membedakan dan mengetahui saat yang tepat bagi Roh Kudus untuk melakukan kesembuhan.

Salah satu tujuan utama dari buku ini adalah menolong para konselor dan para pengerja kristen lainnya untuk mengetahui kapan menggunakannya dan kapan tidak menggunakannya.

Ada tiga tahapan proses yang umumnya dilakukan dalam kesembuhan memori. Tahap-tahap itu tidak selalu berbeda dan kadang-kadang bercampur aduk. Namun demikian untuk lebih jelasnya, kita akan melihat tahap-tahap itu secara terpisah.

Silahkan membaca buku ini dan apa yang anda dapatkan setelah membaca buku ini, silahkan tuliskan dan berikan ke Tim Perpustakaan untuk nantinya dapat memberkati saudara-saudara seiman kita lainnya. Kami akan sangat diberkati dengan berkat ini. Tuhan memberkati.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Book